Cara Menambahkan atau Menghapus Sumbu Sekunder di Bagan Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda dapat menambahkan sumbu sekunder di Excel dengan menjadikan bagan Anda sebagai bagan kombo, mengaktifkan opsi “Sumbu Sekunder” untuk rangkaian, dan memplot rangkaian dengan gaya yang berbeda dari sumbu utama. Jika Anda memutuskan untuk menghapus sumbu kedua nanti, cukup pilih dan tekan Hapus.

Jika Anda memiliki bagan tempat Anda memplot berbagai jenis data atau nilainya bervariasi, pertimbangkan untuk menambahkan sumbu kedua agar lebih mudah dilihat. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat bagan dua sumbu dengan mudah di Excel.

Kapan Menggunakan Sumbu Sekunder

Anda mungkin memiliki campuran seri data dengan mata uang, persentase, desimal, atau bilangan bulat. Atau mungkin nilai yang Anda tampilkan bervariasi dengan jumlah yang lebih besar daripada yang dapat ditampilkan secara memadai oleh bagan. Dalam kasus ini, menambahkan sumbu vertikal kedua ke bagan dapat menggambarkan data dengan lebih efektif.

Misalnya, kami memiliki kumpulan data termasuk pengeluaran dan pendapatan untuk lokasi kami. Kami juga memiliki jumlah karyawan untuk setiap lokasi untuk menunjukkan bagaimana angka tersebut memengaruhi pengeluaran dan pendapatan. Bagan ini memiliki dua masalah.

Pertama, nilai karyawan jauh di bawah jumlah terkecil untuk pengeluaran dan pendapatan. Kedua, kami memiliki campuran format mata uang dan angka. Tidak hanya data hampir tidak mungkin untuk dilihat, tetapi juga tidak ada artinya tanpa nilai angka. belum membuat bagan Anda, Anda dapat segera menambahkan sumbu sekunder dengan membuat bagan kombo dari awal. Tetapi jika Anda sudah memiliki bagan Anda dan hanya ingin menambahkan sumbu kedua ke dalamnya, Anda akan mengonversi bagan Anda, dalam arti tertentu, menjadi bagan kombo.

-bagan sumbu, pilih salah satu indikator untuk sumbu yang ingin Anda ubah menjadi sumbu sekunder. Kemudian, klik kanan dan pilih “Change Series Chart Type.”

Anda akan melihat jendela Change Chart Type terbuka dengan Combo dipilih di sebelah kiri. Di sebelah kanan, Anda memiliki tipe bagan saat ini dengan data di bawahnya.

Gunakan kotak tarik-turun Jenis Bagan di samping rangkaian data yang ingin Anda ubah. Umumnya, menggunakan garis atau garis dengan penanda untuk sumbu kedua bekerja dengan baik. Namun, Anda dapat memilih opsi lain seperti area atau sebar dengan garis untuk tampilan unik jika Anda mau.

Kemudian, centang kotak di sebelah kanan rangkaian yang sama untuk “Secondary Axis.”

Anda kemudian akan melihat pratinjau bagan yang diperbarui . Seperti yang Anda lihat, sumbu kedua menonjol dengan sendirinya dan juga menyertakan nilai di sepanjang sisi kanan. Keduanya membuat data lebih mudah dipahami.

Catatan: Bagan kombo biasanya bekerja dengan tipe bagan kolom. Jadi, Anda mungkin harus menyesuaikan ini jika Anda menggunakan bagan gelembung atau jenis grafik lainnya. Setelah selesai, klik “OK” untuk menerapkan perubahan pada bagan di lembar Anda. Anda kemudian dapat menambahkan judul sumbu atau menyiapkan label data agar lebih jelas.

Jika nanti Anda memutuskan tidak lagi menginginkan sumbu sekunder di bagan, caranya Anda menghapusnya tergantung pada bagaimana Anda ingin menampilkan data yang tersisa.

Hapus Sumbu dan Data Dari Bagan

Anda dapat menghapus sumbu dan data terkait dari bagan dua sumbu Anda dengan cepat dan mudah. Pilih sumbu sekunder pada bagan dan tekan tombol Hapus Anda.

Anda kemudian akan melihat keduanya dihapus dari bagan.

Ubah Sumbu ke Jenis yang Berbeda

Anda dapat menyimpan data pada bagan dan mengubah jenisnya seperti contoh di atas untuk mengonversinya ke bagan kombo.

Klik kanan seri data dan pilih “Ubah Jenis Bagan Seri”.

Kemudian, pilih jenis di menu drop-down. Pastikan untuk tidak mencentang kotak untuk Sumbu Sekunder. Klik “OK” untuk menerapkan perubahan.

Mengonversi Sumbu Sekunder menjadi Sumbu Utama

Satu opsi lainnya adalah mengubah sumbu sekunder menjadi sumbu utama. Bergantung pada jenis bagan yang Anda gunakan untuk sumbu sekunder, ini mungkin opsi yang ideal untuk Anda.

Klik kanan seri data dan pilih “Format Seri Data”.

Saat bilah sisi terbuka, pilih opsi Sumbu Utama di Seri Bagian opsi. Perhatikan bahwa Anda harus diarahkan ke tempat yang tepat ini dari menu pintasan. Nbsp

Sekali lagi, bergantung pada jenis bagan, Anda mungkin perlu mengubah gaya sumbu setelah mengonversinya. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik kanan, memilih “Ubah Jenis Bagan Seri”, dan memilih gaya seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Dengan menambahkan sumbu sekunder di Excel, Anda dapat meningkatkan keterbacaan bagan untuk menjadikannya visual yang lebih berguna. Untuk selengkapnya, lihat cara memilih bagan agar sesuai dengan data Anda di Excel.

Disadur dari HowToGeek.com.