Cara Menambahkan Catatan Kaki di Google Documents

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apakah Anda sedang menulis esai, artikel, atau dokumen hukum, Anda mungkin memiliki detail tambahan yang ingin Anda sertakan. Daripada mengalihkan perhatian dari konten utama, Anda dapat dengan mudah menempatkan catatan kaki di Google Docs.

Tampilan Catatan Kaki di akhir halaman dengan indikator catatan kaki (angka) yang dilampirkan pada teks di dokumen Anda. Indikator ini diformat sebagai superskrip dan jauh lebih tidak invasif daripada string teks terkait.

Masukkan Catatan Kaki di Google Documents di Web

Kunjungi Google Documents, masuk, dan buka dokumen Anda. Kemudian, letakkan kursor Anda di sebelah kanan kata atau pilih kata untuk catatan kaki yang ingin Anda tambahkan.

Pilih Sisipkan > Catatan Kaki di menu.

Anda akan segera melihat indikator catatan kaki tempat Anda meletakkan kursor. Anda juga akan melihat catatan kaki di akhir halaman yang sekarang berisi kursor Anda. Ini memungkinkan Anda untuk segera memasukkan teks catatan kaki.

Ketik catatan, detail, atau referensi Anda ke dalam area catatan kaki. Anda kemudian dapat memilih tempat di dokumen Anda untuk melanjutkan menulis.

Jika Anda menambahkan lebih banyak catatan kaki ke dokumen Anda, masing-masing diberi nomor secara berurutan sesuai dengan halaman yang Anda buka.

Misalnya, kami menambahkan catatan kaki pertama kami di halaman pertama, yang berikutnya di halaman kedua, dan catatan kaki lain di halaman pertama. Google Documents secara otomatis memperbarui penomoran sehingga yang di halaman pertama diberi nomor 1 dan 2 daripada 1 dan 3.

Plus, Google Documents secara otomatis menyesuaikan spasi di akhir dokumen untuk mengakomodasi semua catatan kaki yang Anda tambahkan.

Hapus Catatan Kaki di Google Docs

Jika Anda ingin menghapus catatan kaki yang telah Anda tambahkan, Anda cukup menghapus indikator catatan kaki di teks Anda.

Anda dapat meletakkan kursor di sebelah kanan nomor dan menekan Backspace di Windows dan Chromebook atau Hapus di Mac. Atau, Anda dapat memilih nomor dan menekan Delete.

Saat Anda menghapus indikator catatan kaki, ini juga menghapus catatan kaki dan menyesuaikan penomoran untuk catatan kaki yang tersisa di seluruh dokumen Anda.

Tambahkan Catatan Kaki di Aplikasi Seluler Google Documents

Jika Anda menggunakan Google Documents aplikasi seluler, Anda juga dapat menambahkan catatan kaki di sana. Langkah-langkahnya sama untuk Android dan iPhone.

Buka aplikasi Google Documents ke dokumen Anda. Tempatkan kursor Anda di sebelah kanan kata atau pilih kata. Kemudian, ketuk ikon Sisipkan (tanda plus) di bagian atas.

Ketika opsi Sisipkan muncul di bagian bawah, pilih “Catatan Kaki”.

Sama seperti di web, Anda akan melihat indikator angka di teks dan kursor bergerak ke catatan kaki untuk Anda masukkan teks Anda.

Setelah selesai, ketuk lokasi di dokumen Anda untuk keluar dari area catatan kaki dan lanjutkan membuat dokumen Anda.

Juga seperti situs web Google Documents, setiap catatan kaki yang Anda tambahkan diberi nomor urut sesuai dengan halaman yang Anda” re on dan area catatan kaki secara otomatis diperluas untuk menampung semua catatan.

Hapus Catatan Kaki di Aplikasi Seluler

Untuk menghilangkan catatan kaki yang telah Anda tambahkan, hapus indikator angka di teks Anda. Anda dapat melakukan ini dengan meletakkan jari Anda di sebelah kanan nomor yang menggerakkan kursor Anda ke sana. Kemudian, tekan tombol Backspace pada keyboard.

Ini menghapus catatan kaki dan menyesuaikan catatan kaki lainnya di dokumen Anda.

Bila Anda ingin menambahkan detail terkait ke sesuatu dalam teks Anda, tetapi tidak menjadikannya bagian dari konten utama, catatan kaki di Google Dokumen sempurna.

Untuk selengkapnya, lihat juga cara menggunakan header dan footer di Google Dokumen!

Itulah berita seputar Cara Menambahkan Catatan Kaki di Google Documents, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.