Cara Menambahkan Garis Besar di Google Documents

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
AndroidiPhoneDevice Missing?
Intinya dan pengoperasiannya, Google Docs adalah aplikasi berbasis MS Word. Perbedaan utama adalah bahwa yang pertama berbasis Cloud. Dibangun dengan mempertimbangkan kolaborasi, aplikasi kaya fitur ini telah menjadi sangat diperlukan dalam kehidupan banyak profesional. Fitur outline itu sendiri, misalnya, tentu unik.

Menambahkan dan bekerja dengan tampilan outline itu sederhana, tetapi banyak orang tidak tahu cara menggunakannya. Berikut ini cara menambahkan elemen ke kerangka dokumen dan cara membuatnya bekerja untuk yang terbaik.

Cara Menambahkan Kerangka ke Google Doc di Komputer

Outline terletak di sisi kiri dokumen Google dan mewakili indeks dokumen macam. Ini menunjukkan daftar judul dan subjudul Anda, yang dapat berguna untuk dokumen panjang.

Jika Anda tidak melihat garis besar di dokumen Google, Anda perlu mengaktifkan tampilan ini.
Untuk melakukannya, navigasikan ke Lihat di bilah alat dokumen dan pilih Show document outline dari menu drop-down. Atau, gunakan pintasan Ctrl + Alt + A atau Ctrl + Alt + H.
Anda akan melihat garis besar muncul di sisi kiri dokumen Anda.

Cara Menambahkan Garis Besar ke Google Doc di Android

Karena aplikasi dan situs webnya sedikit berbeda, kami akan membahas cara menambahkan kerangka dokumen menggunakan aplikasi Google Documents .
Buka dokumen di aplikasi Google Documents. Kemudian, klik kerangka dan ketuk Lainnya, tiga titik vertikal. Ketuk Kerangka dokumen, itu akan terbuka di bagian bawah layar. Jika Anda ingin menutupnya, cukup tap Tutup kerangka dokumen di sebelah kiri.
Cara Menambahkan Kerangka ke Google Doc di iPhone atau iPad

Untuk sebagian besar, menambahkan kerangka ke dokumen Google sama di iOS seperti di Android.
Buka dokumen di Aplikasi Google Documents.Kemudian, klik garis besar dan ketuk Lainnya, tiga titik vertikal.Ketuk Garis besar dokumen, itu akan terbuka di bagian bawah layar.Jika Anda ingin menutupnya, cukup ketuk Tutup di sebelah kiri.
Menambahkan Judul ke Garis Besar Dokumen Google

Jika Anda khawatir harus menambahkan hal-hal seperti heading ke outline dokumen Anda, Anda bisa tenang, karena ini dilakukan secara otomatis. Saat Anda menulis dan menambahkan judul, heading, dan subheading, mereka akan muncul di outline.
Untuk menambahkan heading atau subheading ke outline, navigasikan ke tombol teks Normal di toolbar dokumen Google, lalu pilih heading yang Anda inginkan.
2. Setelah Anda memasukkan judul, tekan Enter dan itu akan muncul di garis besar.

Perhatikan bahwa subtitel tidak akan muncul dalam kerangka dokumen.

Menghapus Judul dari Garis Besar Dokumen Google

Hanya karena judul muncul dalam kerangka saat Anda menambahkannya ke dokumen, bukan berarti judul harus ada di sana. Tentu, saat Anda menghapus judul dari teks, judul itu akan hilang dalam kerangka, tetapi akan tetap berada di teks itu sendiri. Namun, Anda dapat memilih untuk menghapusnya dari kerangka saja.
Untuk melakukannya, navigasikan ke kerangka dan arahkan penunjuk ke judul yang dimaksud. Anda akan melihat tombol X muncul di sebelah kanan judul, klik tombol ini.
Perhatikan bahwa heading telah dihapus dari outline, meskipun masih ada di dokumen.

Menambahkan Kembali Heading ke Outline

Jika Anda telah menghapus heading dari outline dan ingin menambahkannya lagi, Anda tidak perlu memilihnya dan mengulanginya -memformatnya. Pemformatan ulang dilakukan dengan memilih judul, beralih ke teks Normal, lalu beralih ke judul yang Anda inginkan lagi.
Untuk menambahkan kembali judul dengan benar ke kerangka, pilih, klik kanan, dan pilih Tambahkan ke kerangka dokumen di bagian bawah menu tarik-turun.
Ini akan mengakibatkan judul muncul kembali di outline.

Menavigasi Melalui Dokumen menggunakan Outline

Garis teks di Google Documents tidak hanya ada untuk ditampilkan. Meskipun Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan konsep umum teks, ia memiliki penggunaan yang lebih praktis.
Jika Anda mengklik item (judul) apa pun dalam kerangka dokumen, Google Documents akan segera membawa Anda ke titik itu di dalam teks.
Outlines brilian untuk bergerak secara efisien dan cepat di dalam dokumen.

Menutup Garis Besar Dokumen

Jika Anda perlu menutup atau menyembunyikan Garis Besar Dokumen, Anda dapat mengulangi langkah-langkah yang disebutkan di atas untuk membukanya, tetapi kali ini batalkan pilihan Tampilkan garis besar dokumen. Sekali lagi, Anda dapat menggunakan ketik Ctrl + Alt + A atau Ctrl + Alt + H untuk mencapai hal yang sama.

Google Documents dan Outlines

Seperti yang Anda lihat, outline adalah fitur seperti indeks Google Documents yang menyediakan lebih banyak pengaturan dan keteraturan pada dokumen Anda. Bagian garis besar diatur secara otomatis berdasarkan judul Anda. Namun, Anda dapat menghapus judul dari kerangka dokumen tanpa menghapusnya dari dokumen itu sendiri. Gunakan kerangka dokumen untuk memindahkan teks Anda secara efisien dengan mudah.

Apakah menurut Anda ini membantu? Apakah Anda memanfaatkan garis besar Google Documents? Bagaimana Anda menyukai fitur ini? Jangan ragu untuk bergabung dalam diskusi di bagian komentar di bawah dan pastikan untuk menambahkan pemikiran, pertanyaan, tip atau trik Anda.