Cara Menambahkan Garis Tren di Microsoft Excel

Menambahkan garis tren ke bagan Anda membantu audiens Anda lebih memahami data melalui visualisasi. Anda tidak hanya dapat menambahkan garis tren ke bagan yang sudah ada di Excel, tetapi Anda juga dapat memformatnya.

Menambahkan Garis Tren ke Bagan Anda

Untuk memulai, buka Excel dan pilih bagan yang ingin Anda tambahkan garis tren. Jika Anda belum memiliki bagan, Anda dapat membuatnya dengan menyorot sel yang berisi data, lalu memilih jenis bagan dari grup “Bagan” pada tab “Sisipkan”. Pastikan untuk memilih jenis bagan yang tepat untuk data Anda.

Pilih bagan dengan mengkliknya, lalu klik ikon “Plus” yang muncul di sebelah kanan bagan.

Dalam menu “Elemen Bagan” yang muncul, centang kotak di samping “Garis Tren”. Setelah dicentang, garis tren akan muncul di bagan Anda.

Garis tren “Linear” ditambahkan secara default. Jika Anda memerlukan tipe garis tren yang berbeda, arahkan kursor ke “Garis Tren”, klik panah kanan yang muncul, lalu pilih gaya garis tren dari submenu. Jika Anda tidak melihat gaya yang Anda inginkan di sub-menu, pilih “Opsi Lainnya” untuk melihat gaya tambahan.

Advertisement

Setelah Anda menambahkan garis tren ke bagan, Anda dapat memformatnya agar tetap sejalan dengan desain keseluruhan dari spreadsheet.

Format Your Trendline

Untuk memformat trendline Anda, pilih bagan, klik ikon “Plus”, arahkan kursor ke “Trendline” dan klik panah kanan, lalu klik “More Options.”

Panel “Format Trendline” akan muncul di sebelah kanan jendela Excel. Tab pertama di panel Format Trendline adalah tab “Isi & Garis” (ikon ember cat). Di sinilah Anda dapat memformat garis trendline Anda, seperti menjadikannya garis solid atau gradien, dan mengubah warna, transparansi, lebar, dan komponen garis lainnya.

Tab kedua, tab “Effects” (ikon segi lima ), adalah tempat Anda dapat menambahkan efek khusus ke garis, seperti menambahkan bayangan, cahaya, atau tepi lembut.

Tab terakhir adalah tab “Opsi Garis Tren” (ikon grafik batang). Di sinilah Anda dapat memilih jenis garis tren yang Anda inginkan, termasuk gaya tambahan yang tidak ditemukan di sub-menu sebelumnya.

Anda juga dapat mengatur “Prakiraan” di sini, yang menentukan berapa lama garis tren akan melewati data saat ini. Misalnya, jika Anda menyetel opsi perkiraan “Teruskan” ke “1”:

Advertisement

Kemudian garis tren akan melewati satu periode melewati titik data terakhir di bagan.

Anda juga dapat memilih untuk menyetel intersep:

Dan menampilkan “Persamaan” dan garis tren “Nilai R-kuadrat” pada grafik:

Bermain-main dengan opsi pemformatan berbeda untuk menyempurnakan garis tren Anda. Setelah siap, Anda dapat menyalin dan menempelkan bagan Anda di tempat lain untuk dipamerkan!

Menambahkan garis tren memberikan visual yang kuat untuk tren data. Ini hanyalah salah satu dari banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu bagan Excel Anda benar-benar menonjol.

TERKAIT:6 Tips untuk Membuat Bagan Microsoft Excel yang Menonjol

Itulah berita seputar Cara Menambahkan Garis Tren di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.