Cara Menambahkan Ikon Desktop di

Pembaruan terbaru dari sistem operasi Microsoft Windows menghadirkan estetika baru yang dirancang untuk merampingkan pengalaman pengguna. Beberapa orang yang bermigrasi dari versi Windows yang lebih lama, kehilangan fitur klasik seperti memiliki ikon desktop yang lebih lama. Untungnya, ada cara sederhana untuk mengembalikan tema ini ke versi sebelumnya.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan ikon desktop di Windows 11 bersama dengan metode lain untuk memulihkan tema Windows klasik.

OS Windows Terbaru

Pada 5 Oktober 2021 , Windows 11 dirilis untuk masyarakat umum. Itu segera diluncurkan sebagai peningkatan gratis untuk pemilik sistem Windows 10, dan banyak yang memanfaatkan kesempatan ini. Masalahnya adalah banyak fitur dari versi sebelumnya telah dihapus.

Karena Windows 11 dirancang untuk memiliki estetika yang ramping, tema desktop agak minimalis. Banyak ikon desktop yang dikenal dan disukai pengguna telah dinonaktifkan secara default. Namun, dengan sedikit mengutak-atik, tema desktop klasik dapat dengan mudah dipulihkan.

Pulihkan Ikon Desktop di Windows 11

Secara default, satu-satunya ikon di desktop Anda setelah penginstalan baru Windows 11 adalah recycle bin. Untuk mengembalikan ikon desktop yang disembunyikan atau dinonaktifkan, Anda dapat mencoba yang berikut:

Buat Ikon Tersembunyi Terlihat

Jika Anda telah mengatur beberapa ikon ke desktop tetapi tampaknya tidak dapat melihatnya, mungkin pengaturan tampilan ikon Anda disetel ke tidak terlihat . Untuk memperbaikinya, lakukan hal berikut:
Cari ruang kosong di desktop Anda, lalu klik kanan untuk menampilkan menu popup. Arahkan kursor ke “Lihat”. Klik “Tampilkan ikon desktop” untuk beralih visibilitas. Jika Anda ingin menyembunyikan ikon di desktop Anda, cukup aktifkan “Tampilkan ikon desktop” lagi.
Tambahkan Ikon melalui Bilah Tugas

Jika Anda belum menempatkan ikon apa pun di desktop, ini dapat dilakukan melalui bilah tugas dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Pada bilah tugas, klik “Cari”. Ini akan diwakili oleh ikon kaca pembesar. Pada kotak teks pencarian, ketik program atau folder yang ingin Anda tambahkan ke desktop Anda. Klik “Buka” setelah memilih program atau folder. Dari jendela penjelajah, seret dan lepas ikon program atau folder ke desktop. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih ikon dan menekan “Ctrl + C” lalu menuju ke desktop Anda lalu tekan “Ctrl + V”.
Tambah Ikon melalui Menu Mulai

Ikon juga dapat ditambahkan ke desktop dengan menggunakan menu Mulai. Ini berguna karena menu mulai memiliki banyak program yang umum digunakan, dan menempatkannya di desktop mengurangi jumlah klik untuk membukanya. Langkah-langkah untuk menambahkan ikon desktop melalui menu mulai adalah sebagai berikut:
Tekan tombol Windows di keyboard Anda atau klik ikon Windows di bilah tugas. Di kotak teks pencarian, ketik aplikasi atau folder yang ingin Anda tambahkan dan tekan “Buka ”.Klik kanan pada aplikasi atau folder. Dari menu popup pilih “Show more options”. Arahkan kursor ke “Send to”. Dari menu popup pilih “Desktop (create shortcut)”. Ikon shortcut akan muncul di desktop Anda .
Menyesuaikan Taskbar ke Classic Windows

Windows 11 menempatkan taskbar di bagian bawah layar, dengan semua ikon rata tengah secara default. Ini mengikuti tema minimalis dari sistem operasi baru. Namun, Anda dapat mengubah perataan bilah tugas dengan beberapa langkah sederhana. Ini adalah:
Klik kanan pada ruang kosong di bilah tugas untuk membuka menu pengaturan bilah tugas.Klik Pengaturan Bilah Tugas. Gulir ke bawah dan temukan tab “Perilaku bilah tugas”. Klik untuk membuka sub-menu. Klik pada menu tarik-turun di samping “Perataan bilah tugas”. Pilih “Kiri”. Bilah tugas Anda dan semua ikonnya sekarang harus rata kiri seperti versi OS sebelumnya.
Tema Windows Klasik

Jika Anda Jika Anda kehilangan ikon lama untuk komputer, panel kontrol, dan aplikasi desktop klasik lainnya, ikon tersebut dapat dipulihkan dengan melakukan hal berikut:
Pada bilah tugas, klik ikon Windows, atau tekan tombol Windows di keyboard Anda.Klik “ Pengaturan”. Ini akan menjadi ikon roda gigi. Di menu kiri, klik “Personalisasi”. Di menu kanan, klik “Tema”. Di bawah “pengaturan terkait” klik “Pengaturan ikon desktop”. Akan ada jendela sembulan yang akan tampilkan ikon desktop yang saat ini terlihat. Ikon yang tersedia ini adalah “Komputer”, “File Pengguna”, “Jaringan”, “Panel Kontrol”, dan “Tempat Sampah”. Klik setiap ikon untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan visibilitasnya. Jika Anda ingin mengubah ikon individual, klik ikon yang ingin Anda ubah di dalam kotak lalu klik “Ubah Ikon”. Anda dapat memilih dari daftar ikon yang tersedia, atau menavigasi ke folder dengan ikon khusus. Ketika Anda menemukan ikon yang Anda inginkan, klik “OK”. Setelah selesai, klik “Terapkan”.
Kembalikan Menu Konteks Desktop Sebelumnya

Anda mungkin memperhatikan saat mengklik kanan pada desktop bahwa beberapa perintah yang lebih berguna yang tersedia di Windows 10 disembunyikan di Windows 11. Ini bisa agak mengganggu karena menambahkan lapisan kerumitan lain ke fitur yang umum digunakan yang sebelumnya tersedia.

Untungnya, ini bisa diperbaiki dengan mengedit Registry Windows. Catatan singkat, menempatkan nilai yang salah dalam registri dapat menyebabkan fitur berhenti bekerja, jadi ikuti langkah-langkah ini dengan hati-hati:
Klik ikon Windows pada bilah tugas atau tekan tombol Windows pada keyboard Anda. Ketik “Regedit”. Tekan tombol enter untuk meluncurkan Registry Editor. Di menu sebelah kiri temukan “HKEY_CURRENT_USER”. Klik untuk meletakkan folder dalam fokus. Di jendela kanan, klik kanan dan arahkan kursor ke “Baru”. Pilih “Kunci”. Beri nama kunci ini “{86ca1aa0-34aa-4e8b-a509-50c905bae2a2}” tanpa tanda kutip .Klik pada kunci baru yang baru saja Anda buat untuk menyorotnya. Di jendela kanan, klik kanan dan arahkan kursor ke “Baru”. Pilih “Kunci” lagi. Beri nama kunci ini “InprocServer32” tanpa tanda kutip. Klik dua kali pada “Default” di jendela kanan. Tekan tombol enter tanpa mengetik apa pun untuk menyetel nilainya menjadi kosong. Nyalakan kembali komputer Anda. Mengklik kanan pada desktop sekarang akan menampilkan menu konteks klasik.
Tambahkan Aplikasi yang Sering Digunakan Ke Menu Mulai

Di Windows 10, tab Produktivitas dan Jelajahi di Mulai menu memungkinkan pengguna untuk mengakses program lebih cepat. Anda masih dapat melakukan ini di Windows 11 dengan menyematkan program ke menu Start. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
Klik ikon Windows di bilah tugas atau tekan tombol Windows di keyboard.Klik “Pengaturan”. Di menu kiri pilih “Personalisasi”. Di sebelah kanan, klik “Mulai”. Klik “Folder”. Aktifkan atau nonaktifkan program dan fitur yang Anda inginkan di menu kanan.
Mengembalikan Fungsi

Dengan dirilisnya iterasi terbaru Microsoft dari sistem operasi populer mereka, banyak fitur klasik telah diubah secara signifikan. Mengetahui cara menambahkan ikon desktop di Windows 11 memungkinkan Anda memulihkan fungsionalitas sebelumnya ke platform yang lebih baru ini.

Tahukah Anda cara lain untuk menambahkan ikon desktop ke Windows 11? Jangan ragu untuk membagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.