Cara Menambahkan Ikon di Figma

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tidak ada antarmuka pengguna yang lengkap tanpa ikon dan cara diam mereka mengomunikasikan kata-kata dengan sangat efektif. Oleh karena itu, tidak heran mereka adalah fitur penting di Figma.

Apakah Anda ingin mempelajari cara menambahkan ikon di aplikasi ini untuk meningkatkan intuitif desain Anda? Inilah semua yang perlu Anda ketahui.

Menambahkan Ikon di Figma

Ada dua metode utama untuk menambahkan ikon ke Figma. Anda dapat mengunduh dan menyeret ikon ke Figma Anda atau menyederhanakan prosesnya dengan memasang plugin.

Tambahkan Ikon yang Diunduh

Apakah Anda menemukan ikon yang sempurna di internet dan membutuhkannya di ruang kerja Anda? Cukup unduh file dan seret dan jatuhkan ke dalam program. Jika Anda perlu mengimpor banyak file, pilih sebelum menyeretnya, atau gunakan menu yang sesuai.
Klik ikon persegi di toolbar Figma Anda.Tekan “Tempatkan gambar…”Pilih file yang ingin Anda impor. Klik dan seret kursor Anda di ruang kerja Anda untuk menempatkan ikon. Pastikan Anda menahan tombol Shift saat melakukannya untuk mempertahankan rasio gambar asli.
Instal Plugin

Cara kedua (dan mungkin lebih produktif) untuk menambahkan ikon ke Figma adalah dengan menginstal plugin. Plugin Figma adalah ekstensi yang menambahkan lebih banyak fungsionalitas ke aplikasi. Beberapa di antaranya akan memperlancar alur kerja Anda, sementara yang lain dapat digunakan untuk menambahkan elemen desain. Fitur plugin tersedia untuk semua pengguna terlepas dari rencana Figma mereka.

Anda dapat menemukan plugin dengan menjelajahi halaman komunitas Figma. Akses halaman ini dengan salah satu dari dua cara:
Buka langsung ke halaman Komunitas di browser Anda.Klik kanan di aplikasi Figma dan pilih “Jelajahi plugin di Komunitas.”
Pilih tag “Plugin” atau “Ikon” di bagian atas halaman, dan Anda akan dapat menelusuri banyak pilihan. File dengan ikon pena biru atau ikon setengah biru, setengah ungu akan kompatibel dengan Figma.

Setelah Anda menemukan plugin yang Anda suka, instal hanya dengan mengklik tombol biru “Instal”. Plugin akan ditambahkan ke Figma Anda, dan Anda dapat mulai menggunakan ikon. Memasang plugin akan menautkannya ke akun Anda, sehingga Anda juga dapat mengaksesnya dari akun yang terhubung.

Berikut cara menemukan plugin di Figma:
Buka aplikasi desktop Figma Anda atau akses di browser Anda.Klik Figma ikon di sudut kiri atas. Temukan opsi “Plugins”. Pilih plugin yang baru saja Anda unduh. Ini akan terbuka di jendela kecil. Plugin
Each berbeda; beberapa akan menawarkan lebih banyak pilihan daripada yang lain. Anda biasanya dapat mencari ikon yang Anda butuhkan di jendela plugin. Untuk menambahkan ikon ke ruang kerja Anda, cukup seret dan lepas.

Cara Menambahkan Ikon Media Sosial di Figma

Jika Anda ingin menambahkan ikon media sosial ke desain Figma, Anda dapat mengunduh plugin ikon yang menyertakan logo media sosial. Selain itu, Anda dapat mencari ikon media sosial khusus di halaman Komunitas Figma di mana Anda akan menemukan file ikon yang dibuat oleh pengguna Figma lainnya. Anda dapat menggandakan dan mengedit file-file ini. Begini caranya:
Klik kanan di ruang kerja Figma Anda dan klik “Komunitas” atau langsung ke halaman Komunitas Figma. Ketik “ikon media sosial” ke dalam bilah pencarian. Jelajahi hasil pencarian dan pastikan Anda memilih file yang kompatibel dengan Figma. Arahkan kursor ke gambar mini untuk melihat ikon kecil di sudut. Ikon biru atau setengah biru, setengah ungu akan menandakan kompatibilitas. Buka entri, lalu klik ikon biru “Dapatkan salinan”. Klik akun yang ingin Anda tambahi ikon dari menu tarik-turun. Ini akan menambahkan file ke folder draf Anda dan menyalin ikon yang Anda butuhkan dari draf ke dalam file yang sedang Anda kerjakan.
Anda dapat mengubah file agar sesuai dengan desain Anda dan bahkan membagikannya nanti. Namun demikian, ingat bahwa ini bukan file domain publik, dan bertindaklah sebagaimana mestinya.

FAQ
Dalam format file apa saya harus mengunggah ikon Figma saya?

Berbagai format file dapat diimpor ke Figma, tetapi jika menyangkut ikon, pastikan Anda menggunakan untuk format SVG. Format file ini memberikan fleksibilitas ikon karena dapat disesuaikan sepenuhnya. Anda dapat mengedit ukuran, warna, gaya, dan bahkan bentuknya. Anda juga dapat menggunakan format lain jika SVG tidak tersedia untuk file yang Anda pilih – misalnya, file gambar seperti PNG juga akan berfungsi. Namun, mereka lebih terbatas dan memakan lebih banyak ruang, jadi gunakan SVG jika memungkinkan.
Di mana saya dapat menemukan ikon yang saya unduh di Figma?

Lokasi ikon Figma Anda bergantung pada cara Anda mengunduhnya.

• Jika Anda mengunduh file individual, lihat di folder unduhan biasa Anda.

• Jika Anda menginstal plugin Figma, Anda akan menemukan ikon Anda dengan cara berikut:

1. Klik ikon Figma di bilah menu aplikasi dan pilih “Plugins.”

2. Plugin yang diunduh akan berada di menu tarik-turun.

• Jika Anda menggandakan kumpulan ikon, ikon Anda akan ada di Figma drafts.

1 Anda. Buka aplikasi Figma dan pastikan Anda telah memilih profile.

2 Anda. Klik “Draf” di bilah sisi kiri untuk menemukan ikon baru Anda.

Menambahkan Ikon dengan Cara Mudah

Kumpulan ikon yang konsisten sangat penting untuk desain yang sukses. Untungnya, plugin komunitas dan set ikon Figma membuat konsistensi menjadi mudah. Anda juga dapat menggunakan sumber daya lain untuk menemukan ikon dan cukup menyeretnya ke ruang kerja Anda.

Sudahkah Anda menemukan ikon Figma favorit Anda? Yang mana yang akan Anda rekomendasikan? Beri tahu kami di komentar di bawah.