Cara Menambahkan Lebih Banyak Port Ethernet ke Router Anda

Sementara kebanyakan dari kita mengandalkan nirkabel di rumah, internet kabel seringkali merupakan pilihan yang lebih baik. Satu-satunya tangkapan adalah bahwa sebagian besar router rumah hanya memiliki beberapa port. Menambahkan lebih banyak port itu mudah, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menyiapkan semuanya.

Menambahkan Port dengan Switch Ethernet

Anda dapat menambahkan lebih banyak port ke router menggunakan sebuah saklar Ethernet. Pikirkan ini seperti ekstensi bank daya: mereka terhubung ke port Ethernet yang ada di router Anda, tetapi mereka menambahkan berbagai port tambahan tergantung pada apa yang Anda gunakan. Semakin banyak yang Anda belanjakan, semakin banyak port yang Anda dapatkan (sakelar kecepatan tinggi juga cenderung lebih mahal).

Untuk memperluas jangkauan port Ethernet, Anda harus membeli sakelar Ethernet terlebih dahulu. Sakelar ini akan terhubung ke salah satu port cadangan di router Anda. Dari sana Anda dapat menghubungkan perangkat tambahan ke sakelar. Anda dapat menambahkan lebih dari satu sakelar ke perute Anda, tetapi untuk efisiensi, Anda harus menghindari sakelar rantai daisy.

Saat membeli port, ingatlah bahwa kebanyakan model akan menggunakan salah satu port untuk membuat koneksi ke router yang ada. Jadi sakelar Ethernet yang tampaknya memiliki lima port hanya akan menyediakan empat port tambahan bagi Anda untuk menyambungkan perangkat.

Kebanyakan sakelar akan dilengkapi dengan kabel Ethernet yang sesuai untuk membuat koneksi ke router Anda. Anda perlu menyediakan kabel tambahan untuk menghubungkan perangkat yang ada (seperti komputer, smart TV, dan drive jaringan). Ingat: tidak semua kabel Ethernet sama, dan kecepatan yang lebih tinggi hanya dapat dicapai dengan kabel yang lebih cepat.

Pertimbangkan Penempatan Perangkat Switch dan Port Secara Hati-hati

Ethernet bekerja dengan membagikan bandwidth yang tersedia dari port yang terhubung dengan router Anda. Jadi, jika router Anda memiliki port Ethernet gigabit dan Anda membeli switch Ethernet yang cocok yang menambahkan empat port, gigabit bandwidth tersebut akan dibagi di antara keempat port tersebut setiap kali perangkat tersebut digunakan secara bersamaan.

Yang penting untuk diperhatikan adalah bandwidth hanya dibagikan ketika semua perangkat tersebut menggunakan jaringan Anda. Dengan menggunakan informasi ini, Anda dapat mencoba dan mengatur sakelar Anda dengan cara yang menghindari kejenuhan satu port.

Misalnya, Anda mungkin tidak menggunakan PC kerja dan konsol game di waktu yang sama, jadi menghubungkan keduanya ke sakelar yang sama akan berdampak kecil pada kinerja. Namun, jika Anda memiliki PC game yang Anda gunakan di malam hari saat streaming film dari drive jaringan, kedua perangkat ini idealnya harus terhubung ke port yang sepenuhnya terpisah di router Anda (bukan ke port yang berbeda pada sakelar yang sama) karena bandwidth terbatas diperkenalkan oleh sakelar dapat memengaruhi kinerja salah satunya.

Dengan sedikit perencanaan yang cermat, Anda hanya dapat menghubungkan perangkat di sakelar yang akan digunakan pada waktu yang berbeda. Anda juga dapat mengelompokkan perangkat dengan bandwidth rendah (seperti printer) ke dalam sakelar, bahkan jika Anda menggunakan sesuatu yang lebih haus bandwidth pada saat yang bersamaan (seperti komputer).

Port Ethernet Lebih Cepat Memberikan Kinerja Lebih Baik

Sebagian besar router sekarang harus memiliki port Ethernet gigabit, dan beberapa menawarkan jaringan 10Gb. Jika Anda condong ke jaringan kabel untuk rumah atau kantor Anda, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam peralatan tercepat yang memungkinkan anggaran Anda. Ini mungkin melibatkan penggantian router Anda dengan versi yang lebih cepat, tetapi juga membeli switch Ethernet yang lebih cepat untuk menghilangkan batasan bandwidth.

Hal ini terutama berlaku jika memprioritaskan perangkat berdasarkan penggunaan tidak memungkinkan. Misalnya, jika Anda memiliki beberapa komputer di satu kantor yang terhubung ke sakelar yang sama, atau ruang keluarga dengan beberapa konsol yang kemungkinan besar akan digunakan untuk bermain game online pada saat yang sama.

Jika router Anda hanya mendukung jaringan 100Mb, maka itu mungkin waktu untuk upgrade pula. Gigabit Ethernet berarti 1000Mb, yang sepuluh kali lebih cepat dari standar yang lebih lama. 10Gb Ethernet meningkatkan bandwidth yang tersedia sepuluh kali lipat lagi. Pastikan Anda menyesuaikan kecepatan sakelar dengan throughput maksimum router Anda.

Ini mungkin tidak masuk akal jika Anda tidak memiliki perangkat yang dapat mendukung kecepatan yang lebih cepat, tetapi perangkat yang lebih baru sudah ada yang mendukungnya . Microsoft Xbox Series X dan Sony PlayStation 5 masing-masing memiliki port Ethernet gigabit, dan Apple menjual M1 Mac mini dengan port Ethernet 10-gigabit opsional jika Anda membutuhkannya. Bukan hal yang aneh untuk menemukan perangkat dengan kecepatan di antara keduanya seperti 2.5Gb.

Jika Anda tidak yakin apa yang didukung router Anda, periksa bagian bawah unit. Banyak yang memiliki kecepatan port yang terdaftar, sementara yang lain akan memiliki nomor model yang dapat Anda cari untuk mengetahuinya dengan pasti. Jangan lupa untuk memastikan Anda membeli kabel Ethernet kecepatan yang tepat untuk memanfaatkan port yang lebih cepat.

Anda Dapat Menempatkan Switch di Ruangan Yang Berbeda

Anda tidak Anda tidak perlu meninggalkan sakelar di ruangan yang sama dengan router Anda. Sakelar Ethernet berguna karena dapat menyediakan seluruh ruangan dengan port kabel tambahan tanpa harus memindahkan router Anda dari tempat istirahat biasanya.

Ada beberapa cara untuk melakukannya: gunakan kabel ekstensi Ethernet, gunakan Ethernet over coax adapter , atau gunakan Ethernet melalui saluran listrik. Yang pertama cukup sederhana, tetapi seringkali tidak sedap dipandang kecuali Anda siap melakukan plesteran untuk menyembunyikan kabel di dinding. Ethernet-over-coax (MoCA) memungkinkan Anda untuk menggunakan kabel koaksial yang mungkin sudah Anda miliki di dinding Anda.

Anda mungkin memiliki kabel koaksial di dinding jika rumah Anda telah disambungkan untuk layanan kabel. Koneksi ini memberikan kecepatan yang lebih cepat daripada nirkabel, dengan lebih sedikit kelemahan yang dihadapi oleh adaptor saluran listrik. Karena setiap rumah tidak memiliki kabel untuk kabel, mereka mungkin bukan pilihan.

Ethernet melalui saluran listrik juga menggunakan kabel yang ada, tetapi kecepatannya mungkin tidak dijamin. Banyak adapter powerline Ethernet mengiklankan kecepatan gabungan. Itu berarti kecepatan 1200Mb/dtk mungkin hanya 600Mb/dtk. Usia dan kualitas kabel, interferensi, serta berapa banyak yang Anda keluarkan untuk adaptor semuanya akan menjadi faktor dalam kecepatan yang mungkin Anda terima.

Semakin jauh tujuan Anda dari adaptor, semakin besar kemungkinan Anda akan kehilangan kecepatan. Beberapa ruangan mungkin berada di sirkuit yang berbeda, yang sangat bagus untuk melakukan pekerjaan pada kabel di rumah Anda tetapi buruk untuk membawa koneksi Ethernet melalui dinding. Bahkan hanya dengan mencolokkan perangkat lain di samping adaptor dapat mengganggu kinerja.

Dan kemudian Anda harus mempertimbangkan saturasi bandwidth, seperti yang telah dibahas sebelumnya. Adaptor saluran listrik adalah cara yang nyaman untuk memperluas jaringan kabel tanpa memasang kabel yang tidak sedap dipandang atau memasukkan renovator, tetapi adaptor ini membutuhkan biaya efisiensi dan Anda harus mengingatnya jika kecepatan mentah penting bagi Anda.

Periksa Kabel Dulu

Jaringan kabel masih merupakan cara paling andal untuk menghubungkan komputer, perangkat pintar, dan konsol game Anda ke internet. Jaringan kabel tidak rentan terhadap gangguan seperti jaringan nirkabel, dengan kecepatan teoretis yang jauh lebih tinggi mungkin jika Anda siap untuk membuka dompet Anda.

Pastikan Anda memahami batasan yang diperkenalkan oleh sakelar dan adaptor saluran listrik, dan ingat bahwa banyak masalah dengan jaringan kabel dapat diselesaikan hanya dengan menukar beberapa kabel.

Itulah berita seputar Cara Menambahkan Lebih Banyak Port Ethernet ke Router Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.