Cara Menambahkan Sumber Audio ke OBS

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

OBS (Open Broadcaster Software) adalah aplikasi open-source gratis yang memungkinkan Anda melakukan streaming audio dan video ke platform media sosial favorit Anda. Anda telah menginstalnya, dan Anda bersemangat untuk memulai streaming. Tetapi bagaimana jika Anda tidak tahu cara menambahkan sumber audio?

Jika Anda tidak mengetahui hal ini, Anda telah datang ke tempat yang tepat. OBS adalah alat yang hebat untuk mencampur sumber audio yang berbeda. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menambahkan sumber audio generik, dan juga cara menggunakan server Discord Anda untuk menangkap audio langsung ke OBS.

Cara Menambahkan Sumber Audio di OBS

Untuk menggunakan OBS dengan benar, Anda harus tahu caranya untuk menambahkan sumber audio yang berbeda. Mikrofon yang berbeda dan semacamnya penting untuk mendapatkan suara yang tepat. Untungnya, ini bukan proses yang sulit. Untuk mempelajari cara melakukannya, ikuti petunjuk ini.
Buka aplikasi OBS.Hubungkan antarmuka audio Anda. Arahkan ke “Audio Mixer” dan kemudian ke “Mic / Aux.” Klik ikon “Gear” untuk membukanya dan dari menu drop-down, pilih “Properties.” Klik pada antarmuka audio yang Anda gunakan dan tutup jendela. Ketuk ikon “Gear” lagi dan pilih “Advanced Audio Properties.” Pastikan bahwa “mono” dipilih untuk “Mic/Aux.” Dari menu “Sources”, klik tombol “+”. Di sini Anda dapat menambahkan sumber audio baru Anda. Pilih “Audio Input Capture” dari menu sumber, pilih “Add Existing,” dan tekan “OK.”
Cara Menambahkan Perselisihan sebagai Sumber Audio di OBS

Ide bagus untuk merekam streaming audio Anda dari server Perselisihan Anda. Anda dapat menambahkan audio ini ke proyek lain atau menyimpannya untuk digunakan di masa mendatang.

Sebelum Anda dapat menambahkan Discord sebagai sumber audio di OBS, Anda harus terlebih dahulu memeriksa perangkat mana yang akan digunakan audio Discord Anda. Untuk mempelajari cara melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Luncurkan Discord.Navigasi ke “Pengaturan” Discord Anda dengan mengklik ikon “Gear”. Ketuk “Voice & Video.” Catat nama perangkat output.
Now Anda harus menambahkan perangkat itu ke OBS Scene Anda. Inilah cara melakukannya.
Buka aplikasi OBS. Arahkan ke panel “Sumber” dan klik ikon “+”, untuk menambahkan klik baru “Audio Output Capture.” Dari jendela pop-up baru, ketikkan nama deskriptif di bagian “Buat baru”, seperti “Discord Audio.” Klik “OK.” Di jendela berikutnya, pilih perangkat baru ini.
Discord sekarang akan dipilih sebagai sumber audio baru di OBS.

FAQ
Apa pengaturan audio terbaik untuk rekaman OBS?

Ini adalah pertanyaan yang sulit dijawab mengingat telinga setiap orang berbeda. Ini akan tergantung pada apa yang Anda cari sejauh suara berjalan. Secara umum, ada beberapa pengaturan default yang dapat Anda ubah untuk menyempurnakan pengaturan audio.

1. Buka menu “Output” OBS.

2. Pilih tab “Audio”.

3. Ubah “Audio Bitrate” untuk Track 1 menjadi “320.”

4. Ketuk ikon “Audio” dari menu panel sisi kiri.

5. Lihat “Kecepatan Sampel” dan pastikan itu disetel ke kecepatan yang sama dengan mic Anda.

Sebaiknya gunakan metode coba-coba saat melakukan penyesuaian pada pengaturan audio Anda.
OBS tidak merekam audio desktop saya. Apa yang harus saya lakukan?

Ini bisa menjadi masalah umum dengan pengguna baru OBS. Solusinya biasanya agak mudah. Ada beberapa hal yang harus Anda periksa agar audio desktop berfungsi dengan baik. Cobalah beberapa saran ini.

Penyebab umum dari hal ini adalah volume mixer Anda disetel ke mute. Berikut cara memeriksanya.

1. Di sisi kanan bawah layar, klik ikon “Speaker”.

2. Pilih “Buka Pengaduk Volume.”

3. Pastikan “OBS” disetel ke 100 dan tidak dibisukan.

Penyebab lainnya adalah Anda telah memilih “push to talk/push to mute”. Ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa apakah itu dipilih.

1. Di sudut kiri atas layar, klik “File.”

2. Dari menu tarik-turun, pilih “Pengaturan.”

3. Ketuk “Audio” dari menu panel sisi kiri.

4. Di bawah “Hotkeys”, pastikan kotak untuk “Desktop Audio” tidak dipilih.

Jika ada hotkey yang disiapkan untuk membisukan audio desktop, Anda mungkin tidak sengaja menekannya. Dengan menonaktifkan opsi ini, Anda tidak akan mengalami masalah ini lagi.

Menambahkan Sumber Audio ke OBS Adalah Proses yang Mudah

Streaming audio dan video terbaik ke platform media sosial favorit Anda mungkin memerlukan penambahan sumber audio tambahan. OBS membuat ini cukup sederhana. Cukup tambahkan perangkat audio Anda ke komputer Anda dan tambahkan ke daftar sumber audio OBS. Hal yang sama dapat dilakukan dengan Discord dengan menambahkannya ke daftar perangkat audio.

Sudahkah Anda menambahkan sumber audio ke OBS? Apakah Anda mengikuti metode yang sama yang dijelaskan dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.