Cara Menampilkan Panel Kinerja Mengambang Tersembunyi Windows 10

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Ingin melihat statistik penggunaan sumber daya yang diperbarui secara langsung dari CPU, memori, disk, jaringan, atau GPU sistem Anda? Windows 10 memiliki beberapa monitor kinerja bawaan tersembunyi yang dapat membantu. Anda bahkan dapat membuat Windows menampilkan FPS yang selalu di atas.

Ada dua cara untuk melakukan ini: Anda dapat menggunakan Task Manager atau overlay Xbox Game Bar. Kedua alat memiliki beberapa panel kinerja yang mudah dilewatkan yang dapat dipecah dari alat itu sendiri dan akan muncul sebagai overlay mengambang kecil yang selalu di atas di atas aplikasi Anda yang sedang berjalan. Kami akan menunjukkan kedua metode tersebut.

Aktifkan Jendela Kinerja Pengelola Tugas

Pengelola Tugas Windows 10 dikemas dengan statistik kinerja yang telah ditambahkan sejak lama di Windows 8. Anda dapat memecahkannya dari jendela Pengelola Tugas itu sendiri.

Untuk menemukannya, buka Pengelola Tugas dengan menekan Ctrl+Shift+Esc atau mengeklik kanan bilah tugas dan memilih “Pengelola Tugas.”

Klik Opsi > Selalu di Atas jika Anda ingin jendela overlay selalu muncul di atas jendela aplikasi Anda yang lain.

Klik “Kinerja” tab di bagian atas jendela. Jika Anda tidak melihatnya, klik “More Details” di bagian bawah terlebih dahulu.

Pilih grafik performa yang ingin Anda lihat di sidebar. Anda akan melihat opsi untuk CPU komputer, memori, perangkat penyimpanan (termasuk SSD, hard disk, dan perangkat USB), koneksi jaringan (Ethernet kabel dan Wi-Fi), dan GPU (prosesor grafis.)

Untuk menampilkan grafik kinerja saja , klik dua kali di mana saja pada grafik di panel kanan. Anda juga dapat mengeklik kanan grafik dan memilih “Graph Summary View”. cukup klik dua kali di dalamnya atau klik kanan dan hapus centang “Graph Summary View”.

Jadi, jika Anda ingin mengubah grafik ke yang lain—misalnya, untuk mengubah dari statistik penggunaan CPU ke GPU—klik dua kali jendela grafik, pilih grafik yang berbeda di sidebar, dan klik dua kali grafik lagi. Nbsp

Omong-omong, Anda juga dapat mengklik dua kali di mana saja di panel kiri untuk melihat panel kiri di jendela mengambang yang lebih kecil. Ini adalah cara yang baik untuk mengawasi beberapa statistik sumber daya sekaligus. dan non-gamer,) termasuk grafik penggunaan performa. Jendela mengambang ini biasanya ditemukan di hamparan Game Bar itu sendiri. Namun, Anda dapat menyematkannya ke desktop dan membuatnya muncul di semua jendela lain—aplikasi desktop dan game PC.

Untuk menemukannya, buka overlay Xbox Game Bar dengan menekan Windows+G.

Jika Game Bar tidak muncul, buka Pengaturan> Permainan> Xbox Game Bar. Pastikan Bilah Game diaktifkan dan periksa pintasan keyboardnya di sini. Anda mungkin telah menonaktifkan Bilah Game atau memilih pintasan keyboard khusus untuk membukanya di masa lalu.

Temukan jendela “Kinerja”, yang secara default berada di dekat sudut kiri bawah layar hamparan Bilah Game. Jika Anda tidak melihatnya, klik tombol “Performance” pada menu Game Bar di bagian atas layar untuk menampilkannya.

Klik tombol “Pin” di atas jendela kecil Performance.

Sekarang akan muncul bahkan saat Anda menutup Antarmuka Game Bar. Klik di mana saja di latar belakang overlay atau tekan Windows+G lagi untuk menutup overlay Xbox Game Bar.

Anda dapat mengarahkan mouse ke jendela Performance dan mengklik panah untuk memperbesar jendela (menampilkan grafik) atau mengecilkannya (hanya menampilkan statistik penggunaan sumber daya di samping jendela.)

Anda juga dapat mengeklik opsi di sisi kiri panel—CPU, GPU, RAM, atau FPS—untuk menampilkan grafik tersebut. Untuk mulai melihat statistik FPS, klik opsi “FPS” dan ikuti petunjuk di jendela. Ini akan memberitahu Anda untuk mengklik tombol “Minta Akses” dan kemudian restart PC Anda.

Untuk penyesuaian lebih lanjut, buka antarmuka Game Bar sekali lagi dengan menekan Windows+G. Di sini, Anda dapat menyeret bilah judul jendela untuk memposisikannya di layar Anda. Anda hanya dapat memindahkan floating window dari overlay Game Bar.

Anda juga dapat mengklik tombol pengaturan “Performance Options” di bagian atas jendela Performance di overlay untuk pengaturan lainnya. Itu terletak di sebelah kiri tombol “Pin”. Di sini, Anda dapat mengontrol warna aksen (hijau secara default), membuat overlay memiliki latar belakang transparan, memilih metrik mana (CPU, GPU, RAM, dan FPS) yang ditampilkan, dan pilih di sisi jendela mana grafik muncul.

Jika Anda menampilkan grafik performa di atas game layar penuh , Anda mungkin ingin mengaktifkan transparansi untuk integrasi yang lebih baik ke antarmuka game Anda.

Untuk menyembunyikan jendela, buka Game Bilah antarmuka sekali lagi (Windows+G) dan klik ikon pin di atas jendela Performa. Sematannya akan dilepas dan hanya akan terlihat saat Anda membuka antarmuka Game Bar.

Game Baru Windows 10Disadur dari HowToGeek.com.