Cara Menautkan Ke Bagian Tertentu dari Google Doc

Google Docs adalah perangkat lunak yang sangat berguna untuk bekerja dengan dokumen tertulis. Tetapi menelusuri file yang panjangnya ratusan halaman dapat menyulitkan untuk menemukan bagian tertentu yang perlu Anda rujuk. Untungnya, ada pintasan yang memungkinkan Anda memberikan tautan langsung ke paragraf tertentu dari dokumen.

Anda dapat menyisipkan tautan dalam bentuk judul atau bookmark yang akan mengarahkan Anda langsung ke bagian yang ingin Anda tautkan. Selain itu, Anda dapat membuat tautan yang dapat dibagikan untuk dibagikan dengan siapa saja yang memiliki akses ke dokumen, yang akan mengarahkan mereka langsung ke bagian yang Anda butuhkan.

Jika ini terdengar seperti skenario yang dapat Anda gunakan, pantau terus. Dalam artikel ini, kami membagikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara mengelola Google Doc Anda sehingga lebih mudah untuk menemukan bagian tertentu.

Tautkan ke Bagian Tertentu Google Doc Dengan Bookmark

Bookmark adalah fitur berguna dalam dokumen digital yang memungkinkan pembaca untuk menandai kemajuan mereka atau soroti informasi penting yang ditampilkan dalam file mereka. Mereka juga merupakan metode paling efisien yang dapat Anda gunakan untuk menautkan ke paragraf di Google Documents. Ini memungkinkan Anda untuk menautkan satu bagian file ke kata, frasa, kalimat, atau paragraf tertentu dengan mengklik tombol.

Pengguna dapat mengatur bookmark dan membuat tautan yang dapat dibagikan untuk bagian itu atau menyisipkan bookmark ke dalam teks yang akan menautkan ke bagian lain dari teks.

Menyetel Bookmark di Google Documents
Buka dokumen yang ingin Anda edit di Google Documents.Tempatkan kursor di awal kata, kalimat, atau paragraf tempat Anda ingin menyisipkan tautan.Navigasi ke menu “Sisipkan” yang terletak di bagian atas halaman dan pilih opsi “Bookmark”. Pita akan disisipkan di sebelah tempat Anda meletakkan kursor pada dokumen. Klik ikon pita. Anda dapat memilih antara menghapus bookmark atau mendapatkan tautan untuk itu. Klik Ikon “Salin dan Tempel” yang bertuliskan “Salin Tautan.” Tautan sekarang akan disalin, dan Anda dapat mengirimkannya ke siapa saja yang memiliki akses ke Google Doc. Ketika mereka membuka tautan, itu akan mengarahkan mereka langsung ke paragraf yang Anda bookmark.
Jika Anda tidak perlu lagi menggunakan bookmark, Anda dapat menghapusnya dengan menekan tombol “Hapus” pada langkah kelima.

Ini adalah cara paling mudah untuk tautan ke lokasi dokumen tertentu di Google Documents dan buat tautan yang dapat dibagikan untuk itu. Jika Anda ingin menautkan satu bagian dokumen ke bagian lain dalam perangkat lunak, Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut di bawah ini.

Menyetel Tautan Bookmark Di Dalam Dokumen

Dapat berpindah antar halaman atau bagian file adalah salah satu alasan mengapa orang menyukai digital dokumen. Meskipun menemukan informasi dalam dokumen pendek tidak memerlukan upaya khusus, melakukannya dengan file yang lebih panjang bisa sangat melelahkan. Untungnya, Anda dapat menautkan bookmark di dalam dokumen untuk mempermudah pencarian informasi.

Jika Anda ingin menautkan ke bookmark yang baru saja Anda buat dan menempatkan tautan itu ke bagian tertentu dari dokumen, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Luncurkan Google Documents di komputer Anda dan buka teks yang ingin Anda kerjakan. Arahkan ke paragraf atau bagian teks yang ingin Anda tautkan ke bookmark. Tandai bagian itu. Ini bisa berupa kata, kalimat, atau paragraf. Klik kanan padanya dan tekan “Tautan” dari menu opsi. Anda akan melihat bidang baru yang meminta Anda untuk memilih apa yang ingin Anda lakukan dengan tautan tersebut. Pilih bagian “Bookmark” untuk membuka daftar bookmark yang ada. Pilih yang diinginkan.
Tautan sekarang akan dimasukkan ke dalam dokumen. Setiap kali Anda mengkliknya, Anda akan dibawa ke bagian tertentu dari Google Doc Anda yang sebelumnya Anda tandai sebagai bookmark.

Google Docs juga memungkinkan pengguna untuk menautkan ke judul file tertentu. Berikut cara kerja fungsi ini.

Link to a Heading

Headings sering digunakan di awal bagian dan mudah untuk ditautkan. Mungkin Anda ingin menautkan frasa, informasi, atau data tertentu yang disebutkan di satu halaman dokumen ke bagian judul masing-masing di bagian lain file. Menautkan ke judul di Google Documents dapat membantu Anda melakukan hal itu.

Ini dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah sederhana:
Buka dokumen yang ingin Anda kerjakan.Soroti teks yang ingin Anda tautkan ke judul.Klik kanan pada teks yang ditandai dan tekan opsi “Tautan”. Tekan menu “Judul dan Bookmark” dan pilih judul yang ingin Anda tautkan. Tekan “Terapkan” untuk membuat tautan. Klik tautan, lalu pada nama judul ke gunakan tautan.
Setiap kali Anda mengeklik tautan dan nama judul, Anda akan diarahkan ke judul tertentu di dokumen.

Perhatikan bahwa agar Google Documents mengenali judul seperti itu (di Langkah 3), Anda perlu untuk memformat teks sebagai judul di bagian Gaya Teks. Judul harus ditandai sebagai “Heading 1, 2, atau 3” agar muncul pada menu di Langkah 3.

Navigasi Melalui Google Docs Dengan Mudah

Bekerja dengan file Google Docs besar bisa sangat memakan waktu, terutama jika Anda hanya perlu fokus pada bagian tertentu. Untungnya, Anda dapat menggunakan pintasan yang memungkinkan Anda atau pengguna lain menemukan paragraf yang Anda butuhkan dengan cepat.

Anda dapat memilih untuk menautkan bagian tertentu dari teks ke judul atau membuat bookmark yang dapat Anda tempatkan di mana saja dalam dokumen. Anda juga dapat membuat tautan yang dapat dibagikan yang menunjuk langsung ke bagian tertentu. Secara keseluruhan, menautkan ke bagian Google Documents bukanlah ilmu roket, dan semua orang dapat melakukannya jika mereka mengikuti langkah-langkah yang disediakan dalam artikel ini.

Bagaimana Anda akan menggunakan fungsi untuk menautkan ke dokumen tertentu di Google Documents? Elemen mana yang biasanya Anda tautkan? Bagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.