Cara Mencadangkan iPhone ke Hard Drive Eksternal

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
iPhoneMacWindowsDevice Missing?
Mencadangkan data iPhone Anda adalah penting, dan ada berbagai cara untuk melakukannya. Salah satu opsi adalah mencadangkan perangkat Anda ke hard drive eksternal. Ini bisa menjadi cara yang berguna untuk menyimpan data Anda jika terjadi kegagalan perangkat atau telepon hilang/dicuri.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui proses mencadangkan iPhone ke hard drive eksternal. Kami juga akan membahas beberapa manfaat dari metode pencadangan ini.

Mencadangkan iPhone ke Hard Drive Eksternal

Siapa pun yang kehilangan iPhone dapat membuktikan bahwa perangkat tersebut dapat berisi banyak data penting. Dari foto dan video hingga dokumen kerja dan korespondensi pribadi, iPhone dapat menjadi tempat penyimpanan kenangan paling berharga dan informasi sensitif kita. Itulah mengapa sangat penting untuk mencadangkan data iPhone Anda secara teratur.

Meskipun iCloud menawarkan cara yang nyaman untuk menyimpan cadangan data Anda dan dapat diakses di mana saja di awan, ada juga beberapa keuntungan untuk mencadangkan data Anda ke hard drive eksternal.

Pertama, itu menyediakan cadangan fisik data Anda jika akun iCloud Anda diretas atau dikompromikan. Kedua, mencadangkan data Anda ke hard drive eksternal memberi Anda kontrol lebih besar atas di mana dan bagaimana data Anda disimpan.

Dan terakhir, mencadangkan data Anda ke hard drive eksternal bisa lebih cepat dan lebih andal daripada mencadangkan ke iCloud, terutama jika Anda memiliki banyak data untuk dicadangkan.

Sekarang mari kita lihat bagaimana Anda dapat mencadangkan data Anda ke hard drive eksternal menggunakan alat atau perangkat yang berbeda.

Cadangkan iPhone ke Hard Drive Eksternal Mac

Sebagai perangkat dari keluarga yang sama, iPhone dan komputer Mac adalah dirancang untuk bekerja sama dengan baik. Karena kedua perangkat menggunakan sistem operasi (iOS) yang sama, Anda dapat berbagi file dengan lancar antara iPhone dan Mac Anda. Selain itu, Apple menawarkan beberapa fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyinkronkan perangkat mereka, seperti iCloud dan Continuity.

Jika itu tidak cukup, Mac dapat membantu Anda mencadangkan iPhone ke hard drive eksternal. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengosongkan ruang di iPhone Anda atau bahkan menyimpan file penting di drive yang aman dan anti-retas.

Anda dapat mencadangkan iPhone ke hard drive eksternal dalam dua langkah utama:

Langkah 1: Cadangkan iPhone Anda to Mac

Pertama, Anda perlu mencadangkan data Anda ke komputer Mac. Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan:
Hubungkan iPhone dan hard drive eksternal ke komputer Mac.Buka Finder di Mac Anda dengan menekan Option+Command+Space.Pilih “Location” dari panel kiri lalu pilih iPhone Anda.Tekan “Trust” pada tab “Umum”, pilih “Cadangkan semua data di iPhone Anda ke Mac ini.” Klik tombol “Terapkan”.
Langkah 2: Transfer Cadangan iPhone ke Hard Drive

Akhirnya, Anda dapat memindahkan cadangan yang baru dibuat dari Mac ke hard drive eksternal. Berikut langkah-langkahnya:
Klik tombol “Kelola Cadangan”. Control-klik pada cadangan yang dibuat dan pilih opsi “Show in Finder” dari daftar dropdown. Control-klik pada folder cadangan dan pilih opsi “Salin”. Pilih hard drive eksternal dari panel kiri dan kemudian klik “Tempel.”
Dan hanya itu. Anda baru saja membuat salinan file iPhone Anda di hard drive eksternal. Jika Anda meningkatkan ke iPhone baru, Anda dapat memulihkan cadangan untuk mentransfer semua data Anda ke perangkat baru. Pencadangan juga dapat berguna jika Anda perlu mengatur ulang ponsel ke setelan pabrik atau jika terjadi kesalahan dan Anda harus memulai dari awal.

Namun, metode di atas hanya berfungsi pada iOS 13 dan macOS Catalina atau versi yang lebih baru. Jika iPhone dan Mac Anda berjalan di salah satu versi iOS dan macOS yang lebih lama, Anda masih dapat mencadangkan iPhone ke hard drive eksternal, tetapi Anda harus menggunakan iTunes.

Mencadangkan iPhone ke Hard Drive Eksternal Menggunakan iTunes

Sebagai perangkat lunak pencadangan resmi untuk iPhone, iTunes dapat mencadangkan banyak jenis data lokal, termasuk pesan, foto, kontak, log panggilan, pengaturan iPhone, data Rantai Kunci, dan file aplikasi lokal.

Sementara iCloud juga dapat mencadangkan data ini, itu memerlukan koneksi internet dan mungkin dikenakan biaya tergantung pada paket penyimpanan iCloud Anda. Sebaliknya, cadangan iTunes disimpan secara lokal di komputer Anda dan bebas dibuat. Selain itu, cadangan iTunes mencakup jenis data yang lebih luas daripada cadangan iCloud.

Misalnya, sementara cadangan iCloud hanya menyertakan musik, film, dan acara TV yang dibeli, cadangan iTunes juga menyertakan musik, film, dan acara TV apa pun yang telah Anda tambahkan ke iPhone dari sumber eksternal seperti CD atau file yang diunduh. Akibatnya, jika Anda mencari solusi pencadangan komprehensif untuk iPhone Anda, iTunes adalah perangkat lunak yang direkomendasikan.

Berikut cara menggunakan iTunes untuk mencadangkan iPhone Anda ke hard drive eksternal:
Buka aplikasi iTunes di Mac Anda.Hubungkan iPhone Anda ke hard drive eksternal melalui kabel USB. Di aplikasi iTunes, klik ikon “Perangkat” di sudut kiri bawah. Di bawah menu “Cadangkan Secara Otomatis”, pilih “Komputer Ini.” Klik tombol “Cadangkan Sekarang” terletak di sisi kanan layar. Ini harus memulai proses pencadangan dari iPhone Anda ke komputer. Setelah menyelesaikan proses pencadangan, buka tab iTunes dan pilih “Preferensi.” Klik pada tab “Perangkat” dan cari cadangan yang baru saja dibuat. Kontrol-klik pada cadangan dan pilih “Show in Finder” dari daftar dropdown. Salin folder cadangan, buka hard drive eksternal, dan buat folder tujuan. Tempelkan cadangan di folder tujuan yang dibuat.
Cadangkan iPhone ke Hard Drive Eksternal di a Windows PC

Apakah Anda mencari cara mudah untuk mencadangkan data iPhone Anda ke hard drive eksternal? Windows membuatnya mudah dilakukan hanya dengan beberapa klik:
Colokkan hard drive eksternal ke komputer Anda.Buka File Explorer dan temukan hard drive eksternal.Klik pada hard drive eksternal dan kemudian klik tombol “Folder Baru” di bagian atas toolbar. Beri nama folder baru “iPhone Backup.” Buka aplikasi iTunes di Mac Anda. Hubungkan iPhone Anda ke hard drive eksternal melalui kabel USB. Pada aplikasi iTunes, klik ikon “Perangkat” di sudut kiri atas. Di bawah menu “Cadangkan Secara Otomatis”, pilih “Komputer Ini.” Klik tombol “Cadangkan Sekarang” untuk memulai proses pencadangan dari iPhone Anda ke komputer. Setelah menyelesaikan proses pencadangan, ketik “% appdata%Apple Computer MobileSyncBackup” di Windows File Explorer. Ini akan membawa Anda langsung ke folder yang berisi cadangan yang baru dibuat dan cadangan lain yang mungkin telah Anda buat sebelumnya. Temukan folder cadangan yang baru dibuat menggunakan kolom “Tanggal Dimodifikasi”. Klik kanan pada folder dan pilih “Salin .”Buka folder iPhone Backup, klik kanan dan pilih “Paste.”
Back Up iPhone ke Hard Drive Eksternal Tanpa Komputer

Bagaimana jika Anda tidak memiliki komputer? Masih bisakah Anda mencadangkan iPhone ke hard drive eksternal? Jawabannya adalah ya, berkat adaptor USB-ke-petir.

A Adaptor USB-ke-petir adalah adaptor listrik yang memungkinkan koneksi fisik antara perangkat yang menggunakan standar USB dan Lightning.

Adaptor biasanya terdiri dari dua konektor: a konektor petir di satu ujung dan konektor USB di ujung lainnya. Konektor Lightning dirancang agar sesuai dengan port pada perangkat Apple, sedangkan konektor USB dirancang agar sesuai dengan hard drive eksternal standar. Dalam kebanyakan kasus, adaptor juga menyertakan casing plastik kecil yang membantu melindungi konektor dari kerusakan.

Untuk mencadangkan iPhone Anda ke hard drive eksternal menggunakan adaptor USB-to-lighting:
Hubungkan iPhone Anda dan hard drive menggunakan adaptor . Anda akan menerima pemberitahuan segera setelah iPhone Anda mendeteksi hard drive. Buka iPhone Anda dan pilih file yang ingin Anda cadangkan. Ini bisa berupa video, foto, atau dokumen. Ketuk ikon “Bagikan” dan pilih hard drive eksternal sebagai tujuan.
Cadangkan iPhone ke Hard Drive Eksternal melalui Koneksi Nirkabel

Kebanyakan hard drive eksternal saat ini dirancang untuk digunakan dengan USB kabel. Tetapi tahukah Anda bahwa Anda dapat mencadangkan iPhone ke hard drive secara nirkabel? Untuk melakukan ini, Anda memerlukan hard drive nirkabel.

Hard drive nirkabel berfungsi seperti hard drive eksternal tradisional, dengan satu pengecualian utama: mereka terhubung ke komputer Anda melalui Wi-Fi, bukan kabel fisik. Ini berarti Anda dapat meletakkan drive di mana saja di rumah atau kantor Anda dan masih dapat mengaksesnya dari iPhone Anda. Selama drive berada dalam jangkauan router Wi-Fi Anda, Anda akan dapat menyambungkannya dan mentransfer file.

Satu kelemahan potensial dari hard drive nirkabel adalah proses transfer mungkin sedikit lebih lambat daripada model kabel karena kebutuhan data untuk melakukan perjalanan melalui udara daripada melalui koneksi fisik. Namun, perbedaan waktu transfer biasanya cukup kecil, dan sebagian besar pengguna tidak akan melihat adanya perlambatan yang signifikan.

Secara keseluruhan, hard disk nirkabel menawarkan kenyamanan dan keandalan yang sama dengan hard disk eksternal tradisional, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mencadangkan data penting .

Beberapa produsen hard drive nirkabel paling populer termasuk Seagate, GNARBOX, dan Western Digital.

Mengamankan File Anda

Mencadangkan data iPhone ke hard drive eksternal memiliki banyak manfaat. Dengan melakukannya, Anda dapat memastikan bahwa file penting Anda aman dan terlindungi jika perangkat mengalami kerusakan atau pencurian. Selain itu, mentransfer data Anda ke drive eksternal dapat mengosongkan ruang penyimpanan internal ponsel Anda, membuatnya berjalan lebih efisien.

Sudahkah Anda mencoba mencadangkan iPhone ke hard drive eksternal menggunakan salah satu metode yang dibahas dalam artikel ini?

Merasa bebas untuk berbagi pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.