Cara Mencerminkan Objek dalam Gambar di Procreate

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apa pun tingkat keahlian Anda, Procreate adalah aplikasi hebat dengan banyak alat untuk membantu Anda menghasilkan karya seni yang sempurna. Tetapi apa yang terjadi ketika Anda ingin mencerminkan gambar di Procreate? Untungnya, ia memiliki alat untuk membantu Anda membuat simetri yang sempurna.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mencerminkan gambar, lapisan, teks, dan objek.

Cara Mencerminkan Gambar di Procreate

Procreate adalah aplikasi ideal untuk seniman digital, terutama jika Anda ingin mencerminkan gambar. Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan alat simetri dan cermin. Hanya dengan beberapa ketukan, Anda dapat mencerminkan gambar dengan berbagai cara. Begini caranya:
Ketuk ikon “Kunci Kunci” yang terletak di kiri atas layar untuk mengakses menu “Tindakan”. Dari menu tarik-turun, tekan ikon “Kanvas”. Pastikan “Panduan Menggambar” diaktifkan oleh mengalihkan tombol ke posisi on. Ini akan menempatkan kotak di kanvas. Terletak tepat di bawah “Panduan Menggambar,” klik “Edit Panduan Gambar.” Di bagian bawah layar, pilih “Symmetry.” Tepat di bawah kata “Symmetry,” tekan “Options. ”Simetri default adalah vertikal. Namun, Anda memiliki pilihan lain. Vertikal akan mencerminkan gambar Anda pada sumbu vertikal. Horizontal akan mencerminkan gambar Anda pada sumbu horizontal. Kuadran akan mencerminkan gambar Anda menjadi empat bagian. Radial akan mencerminkan gambar Anda menjadi delapan bagian. Pilih “Simetri Rotasi” jika Anda ingin gambar cermin Anda dibalik. Jika dimatikan, gambar Anda akan dicerminkan tanpa membaliknya.
Anda memiliki opsi pencerminan lain. Dengan menggunakan pegangan pada garis sumbu, Anda dapat memutar atau memindahkan garis panduan ke sudut atau posisi apa pun yang Anda inginkan. Jika Anda memilih titik hijau pada garis panduan, Anda dapat memutarnya ke sudut mana pun. Dengan memilih titik biru, Anda dapat memindahkan garis panduan secara horizontal.

Mirror a Layer

Terkadang Anda ingin mencerminkan satu lapisan dan bukan seluruh gambar. Untungnya, Anda dapat dengan mudah mencerminkan lapisan dengan menggunakan menu pengeditan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Ketuk ikon “Layers” dan pilih layer yang ingin Anda cerminkan. Pilih alat “Pointer” dari menu atas. Di bagian bawah layar, pilih “Flip Horizontal” atau “Flip Vertical.”
Mirror Text

Anda dapat dengan mudah mencerminkan teks dalam gambar Procreate. Prosesnya sedikit berbeda dengan mirroring gambar, tapi sama mudahnya. Dengan memilih teks, Anda akan memiliki opsi untuk menggandakan dan membaliknya. Untuk mencerminkan teks, lakukan hal berikut:
Ketuk alat “Panah” dari menu atas.Pilih teks yang ingin Anda cerminkan.Gandakan teks.Pastikan bahwa teks duplikat dipilih dengan mengetuknya dengan alat panah.Dari jendela sembulan di bagian bawah layar, pilih “Bentuk Bebas”. Di sini Anda dapat membalik teks secara horizontal atau vertikal.
Anda sekarang akan memiliki gambar cermin teks pada lapisan terpisah. Jika Anda memilih untuk melakukannya, Anda kemudian dapat menggabungkan lapisan dengan kedua bagian teks.

Mirror Objects

Jika Anda ingin mencerminkan objek atau objek di Procreate, langkah-langkah untuk melakukannya sangat mudah. Mirip dengan metode teks cermin, Anda harus membuat duplikat objek dan kemudian mencerminkannya secara horizontal atau vertikal.

Berikut cara melakukannya:
Menggunakan alat “Panah” dari menu di bagian atas layar, pilih objek yang ingin Anda cerminkan. Gandakan objek sehingga Anda sekarang memiliki dua objek. Menggunakan alat panah, ketuk objek yang ingin Anda cerminkan. Menggunakan jendela sembulan di bagian bawah, pilih “Bentuk Bebas”. Sekarang Anda dapat memilih untuk membalik objek secara horizontal atau vertikal.
Objek duplikat sekarang akan ditempatkan di lapisannya sendiri. Jika Anda mau, Anda dapat menggabungkan dua objek sehingga mereka berada di lapisan yang sama.

Mirring Item di Procreate Pocket

Untuk seniman yang lebih suka membuat karya seni digital di iPhone mereka, Procreate Pocket adalah cara terbaik untuk maju. Kadang-kadang, Anda mungkin ingin mencerminkan gambar, baik secara horizontal, vertikal, atau dengan cara lain. Ini dapat dengan mudah dijalankan dengan menggunakan alat simetri Procreate Pocket.
Pilih “Modify,” “Actions,” dan kemudian “Guides” untuk pergi ke layar “Drawing Guides”. Ketuk “Symmetry.” Anda sekarang akan melihat empat ikon di bagian bawah layar. Dari kiri ke kanan adalah:Vertikal untuk mencerminkan gambar secara vertikalHorisontal untuk mencerminkan gambar secara horizontalKuadran untuk mencerminkan gambar menjadi empat bagianRadial untuk mencerminkan gambar menjadi delapan bagianKetuk “Selesai.”
Setelah Anda membuat pilihan, Anda juga dapat membuat beberapa pilihan lainnya penyesuaian dengan menggunakan pegangan pada garis sumbu. Untuk memindahkan gambar cermin secara horizontal pada halaman, pilih simpul biru dan geser jari Anda ke kiri atau kanan. Jika Anda ingin memutarnya, ketuk dan tahan pada simpul hijau dan gerakkan untuk mengubah sudutnya.

Mirror a Layer

Anda memiliki kemampuan untuk mencerminkan lapisan menggunakan Procreate Pocket menggunakan metode yang mirip dengan versi iPad. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk berikut:
Pilih lapisan yang ingin Anda cerminkan dengan mengetuk ikon “Lapisan” dan pilih lapisan yang ingin Anda cerminkan. Dengan memilih lapisan yang tepat, gunakan menu di bagian bawah layar dan pilih “Flip Horizontal” atau “Flip Vertical”.
Mirror Text

Mirror text adalah sesuatu yang disukai banyak seniman digital. Jika Anda ingin mencerminkan teks di Procreate Pocket, melakukannya sangat mudah. Metodenya mirip dengan cara Anda melakukannya menggunakan aplikasi Procreate di iPad. Dengan menduplikasi teks terlebih dahulu, Anda dapat dengan mudah mencerminkannya dan menempatkannya persis di tempat yang Anda inginkan di layar.
Pilih alat “Penunjuk” dari menu atas dan pilih teks yang ingin Anda cerminkan.Gandakan teksnya.Pastikan bahwa teks duplikat dipilih dengan mengetuknya dengan alat penunjuk. Dari menu bawah, tekan “Freeform.” Di sini Anda dapat memilih “Flip Horizontal” atau “Flip Vertical.”
Teks yang dicerminkan sekarang berada di lapisannya sendiri. Jika mau, Anda dapat menggabungkannya dengan layer yang berisi teks asli.

Mirror Objects

Jika Anda ingin mencerminkan suatu objek atau objek, Anda dapat menggunakan metode serupa yang digunakan untuk mencerminkan teks. Begini caranya:
Menggunakan alat “Penunjuk”, pilih objek yang ingin Anda cerminkan. Gandakan objek. Ketuk objek baru untuk memastikan bahwa itu dipilih. Pilih “Bentuk Bebas” dari menu bawah. Pilih salah satu “Balik Horizontal” atau “Flip Vertical.”
Objek yang digandakan dan dibalik akan ditempatkan pada layernya sendiri. Jika perlu, Anda dapat menggabungkan dua lapisan ini.

Mirroring Drawings dan Penjelasan Elemen Lainnya

Pencipta dan desainer yang menggunakan Procreate mungkin ingin mencerminkan elemen yang berbeda. Melakukannya sangat mudah. Anda dapat menggunakan alat simetri untuk mencerminkan gambar saat Anda membuatnya yang memungkinkan Anda melihat karya seni Anda menjadi hidup dalam bentuk cermin. Untuk teks dan objek, Anda cukup menduplikasi elemen dan kemudian dengan cepat mencerminkannya secara horizontal atau vertikal.

Pernahkah Anda mencerminkan elemen menggunakan Procreate atau Procreate Pocket? Apakah Anda menggunakan salah satu metode yang diuraikan dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.