Cara Mendaftar dan Mengurutkan Nilai dan Teks Unik di Microsoft Excel

Ketika Anda menginginkan daftar pelanggan, alamat email, ID produk, atau sesuatu yang serupa di mana masing-masing berbeda, Excel memiliki fungsi untuk membantu. Kami akan menunjukkan cara menggunakan fungsi ini untuk membuat daftar nilai dan teks unik.

Anda sudah dapat menggunakan fungsi di Excel untuk menjumlahkan jumlah nilai yang berbeda. Tapi di sini kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana membuat daftar nilai-nilai itu alih-alih menggunakan fungsi UNIK. Selain itu, kami akan memberikan cara mudah untuk mengurutkan daftar dan menggabungkan nilai.

Catatan: Mulai Maret 2022, fungsi UNIK tersedia di Excel untuk Microsoft 365, Excel untuk web, Excel 2021 atau lebih baru, atau Excel untuk iPhone, iPad, atau ponsel atau tablet Android.

Menggunakan Fungsi UNIQUE di Excel

Anda dapat menggunakan fungsi UNIK untuk teks atau angka, memutuskan cara membandingkan rentang sel, dan memilih untuk menampilkan hasil yang hanya muncul sekali .

Sintaks untuk fungsi tersebut adalah UNIQUE(array, column, only_once) di mana hanya argumen pertama yang diperlukan. Sertakan argumen kolom untuk membandingkan kolom, bukan baris, dan argumen only_once untuk mengembalikan nilai yang muncul hanya satu kali dalam array.

Jika Anda memilih untuk menyertakan argumen opsional, Anda akan menggunakan indikator TRUE dalam rumus untuk masing-masing. Jika tidak ada indikator yang disertakan, fungsi mengasumsikan FALSE.

Sebagai contoh, kami akan membuat daftar pelanggan untuk ledakan email. Daripada menggunakan daftar yang ada di sel A2 hingga A10 karena beberapa pelanggan memesan lebih dari satu kali, kami akan membuat daftar baru di mana setiap pelanggan muncul satu kali.

=UNIQUE(A2:A10)

Untuk contoh lain, kami akan menambahkan argumen ketiga, only_once, untuk menemukan pelanggan yang hanya memesan sekali.

=UNIQUE(A2:A10,TRUE)

Karena argumen kedua mengasumsikan FALSE jika tidak ada yang disertakan, kita cukup menambahkan koma setelah argumen pertama dan kemudian argumen lainnya koma sebelum argumen terakhir. Atau, Anda dapat menggunakan rumus ini untuk mendapatkan hasil yang sama:

=UNIQUE(A2:A10,FALSE,TRUE)

Anda dapat menggunakan fungsi UNIQUE untuk mencantumkan nilai dan teks yang berbeda. Dalam rumus ini, kita dapat membuat daftar tanggal unik:

=UNIQUE(F2:F10)

Mengurutkan Daftar Secara Otomatis

Seperti yang disebutkan, Anda dapat mengurutkan daftar secara otomatis pada saat yang sama Anda menggunakan fungsi UNIK untuk membuat dia. Untuk melakukannya, Anda cukup menambahkan fungsi SORT ke awal rumus.

Catatan: Fungsi SORT saat ini hanya tersedia di versi Excel yang tercantum sebelumnya.

Sintaks untuk fungsi ini adalah SORT(array, index, order, column) di mana hanya argumen pertama yang diperlukan.

Menggunakan daftar pertama pelanggan unik yang kami buat di atas dan segera mengurutkannya, Anda akan menggunakan rumus ini:

=SORT(UNIQUE(A2:A10))

Seperti yang Anda lihat, rumus UNIQUE diperlukan argumen array untuk fungsi SORT.

Secara default, fungsi SORT mencantumkan item dalam urutan menaik. Untuk mengurutkan daftar yang sama dalam urutan menurun, Anda akan menggunakan rumus berikut yang menambahkan argumen urutan.

=SORT(UNIQUE(A2:A10),-1)

Notice di sini kita memiliki koma ganda lagi. Ini karena kami tidak menginginkan argumen indeks, hanya argumen urutan. Gunakan 1 untuk urutan naik dan -1 untuk urutan menurun. Jika tidak ada nilai yang digunakan, fungsi mengasumsikan 1 secara default.

Menggabungkan Nilai UNIQUE

Satu tambahan yang lebih praktis untuk fungsi UNIK memungkinkan Anda untuk menggabungkan nilai. Misalnya, mungkin daftar Anda memiliki nilai dalam dua kolom, bukan hanya satu seperti pada gambar di bawah.

Dengan menambahkan operator ampersand (&) dan spasi, kita dapat membuat daftar nama depan dan belakang pelanggan unik dengan rumus ini:

=UNIQUE(A2:A10&" "&B2:B10)

Untuk memecah rumus, larik pertama, A2 hingga A10, berisi nama depan, ampersand menggabungkan nama depan hingga nama belakang di B2 hingga B10 dengan spasi antara mereka dalam tanda kutip.

Anda juga dapat menyertakan fungsi SORT di sini untuk menempatkan daftar Anda dalam urutan menaik dengan rumus ini:

=SORT(UNIQUE(A2:A10&" "&B2:B10))

Seperti Anda mungkin ingin menyorot nilai duplikat di Excel , Anda mungkin ingin mencari yang unik. Ingatlah fungsi UNIK dan cara-cara tambahan ini untuk menggunakannya saat berikutnya Anda perlu membuat daftar nilai atau teks yang berbeda di Excel.

Itulah berita seputar Cara Mendaftar dan Mengurutkan Nilai dan Teks Unik di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.