Cara Mendiagnosis & Memperbaiki Pengontrol Xbox Tidak Mengisi Daya

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Gamers menyukai konsol Xbox karena kompatibilitasnya ke belakang, artinya pemain dapat menggunakan aksesori lama di konsol yang lebih baru. Dengan dirilisnya seri Xbox X/S, Pengendali Nirkabel yang baru telah mendapatkan pujian dari para penggemar karena fitur-fiturnya yang ditingkatkan. Namun, seperti halnya gadget nirkabel lainnya, masalah pengisian daya mungkin muncul.

Jika pengontrol Xbox Anda tidak mengisi daya, baca artikel untuk mengetahui apa yang mungkin menyebabkan masalah dan cara memperbaikinya.

Pengontrol Xbox Series S Saya Tidak Mengisi Daya

Anda mungkin pernah mendengar konsol Xbox series S sebagai konsol Xbox terkecil. Sebagai konsol generasi berikutnya, Xbox series S adalah versi seri X yang ringkas dan lebih hemat anggaran, dirancang untuk game bebas disk. Kedua konsol menggunakan aksesori yang sama, termasuk Wireless Controller baru, dan kompatibel dengan sebagian besar versi lama. Namun masalah pengisian daya mungkin muncul karena pengontrol baru memerlukan pendekatan manajemen energi yang berbeda.

Jika Anda melihat bahwa pengontrol Xbox series S baru Anda gagal mengisi daya, berikut adalah beberapa langkah pemecahan masalah.

Masalah Baterai

Pilihan pertama Anda untuk menyalakan Pengontrol Xbox Series S mungkin adalah Xbox Play & Charge Kit.

Play & Charge Kit dilengkapi dengan baterai isi ulang. Ini sangat berguna karena seri Xbox X/S akan menguras baterai AA tradisional, yang mungkin perlu sering Anda ganti. Baterai isi ulang juga aus, jadi Anda mungkin perlu mengganti kemasannya.

Sebelum mengganti baterai isi ulang Xbox, Anda harus mencoba membersihkan kontak baterai.
Buka kompartemen baterai pengontrol.Lepaskan baterai isi ulang.Bersihkan kontak baterai dengan kain kering , isopropil alkohol, atau kapas.
Perhatikan bahwa saat membersihkan kontak baterai, Anda tidak boleh menggunakan air atau bahan kimia apa pun, karena dapat merusak kontak.

Port USB Rusak atau Kotor

Pengontrol baru menggunakan baterai isi ulang Xbox atau klasik baterai AA. Mengisi daya Pengontrol Nirkabel Xbox Series S melalui kit ini memerlukan kabel untuk port USB-C yang disertakan dengan pengontrol baru. Jika Anda memiliki kabel micro-USB, Anda mungkin ingin melewatkan opsi ini, karena port micro-USB tidak kompatibel dengan pengontrol baru.

Tetapi jika Anda memiliki kabel yang diperlukan dan port USB yang kompatibel dan masih mengalami kesulitan, maka masalah mungkin terletak pada port USB yang kotor atau rusak. Kotoran, debu, dan kotoran di dalam port dapat menyebabkan masalah, serta konektor yang tergores. Periksa port USB dari kedua sisi untuk melihat apakah ada sesuatu yang menghalangi kontak dengan konektor di dalamnya.

Kabel Rusak

Bahkan jika Anda tidak melihat kerusakan yang terlihat pada kabel yang menghubungkan pengontrol Anda dengan konsol, masih ada masalah di dalam.

Berikut adalah apa yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa apakah kabel menyebabkan masalah dan memperbaiki masalah ini.
Uji kabel dengan memeriksa apakah kabel terpasang dengan benar di kedua ujungnya.Coba sambungkan pengontrol dengan kabel yang berbeda.Periksa apakah konsol Xbox Anda aktif. Jika tidak, baterai tidak akan terisi.
Setelah Anda memeriksa semua hal di atas, coba sambungkan kembali pengontrol ke konsol melalui kabel.

Pengontrol Xbox Seri X Saya Tidak Mengisi

Xbox series X adalah versi lanjutan dari konsol baru tetapi menggunakan Pengontrol Nirkabel Xbox yang sama dengan mitranya yang lebih kecil. Masalah dengan pengontrol yang tidak mengisi daya dengan benar mungkin merupakan masalah mekanis. Namun, jika Anda memiliki masalah pengisian daya dengan versi seri X, Anda harus mempertimbangkan faktor tambahan saat pemecahan masalah.

Kabel Mungkin Rusak

Jika Pengontrol Nirkabel Xbox Series X Anda tidak mengisi daya hingga kapasitas penuh atau membutuhkan waktu lama, kabel dapat menyebabkan masalah . Pengontrol seri X menggunakan kabel port USB-C, dan Anda harus memeriksa apakah kabel tersebut berfungsi.

Untuk melakukannya, coba sambungkan kabel ke perangkat lain. Jika berhasil, Anda dapat mengecualikan kabel sebagai masalah dan memeriksa kerusakan pada pengontrol atau konsol Anda.

Pengontrol Rusak

Anda mungkin telah menemukan bahwa catu daya untuk Pengontrol Xbox Series X Anda – termasuk Play & Charge Kit, baterai, atau kabel – berfungsi dengan benar. Namun, pengontrol Anda mungkin masih belum mengisi daya dengan benar, atau tidak mengisi daya sama sekali. Jika Anda berhasil mengecualikan semua penyebab eksternal, masalahnya mungkin pengontrol itu sendiri.

Jika Anda menjatuhkan pengontrol akhir-akhir ini, Anda mungkin mendengar beberapa bagian internal berbunyi. Jika demikian, jika Anda merasa dapat memperbaiki sendiri masalahnya dengan aman,  buka pengontrol untuk memeriksa komponen internal yang mungkin rusak. Jika Anda menemukan bagian pengontrol yang rusak yang memerlukan perhatian profesional, bawa Pengontrol Nirkabel ke layanan perbaikan.

Firmware Kedaluwarsa

Firmware usang juga dapat menyebabkan masalah pengisian daya tetapi Anda dapat memperbaikinya dengan memperbarui konsol. Melakukan hal ini akan menghapus potensi gangguan sistem, meningkatkan kinerja konsol Anda, dan menghapus semua file yang mungkin rusak.

Untuk memperbarui firmware pada Konsol Xbox Series X Anda, lakukan langkah-langkah berikut:
Nyalakan konsol.Tekan tombol Xbox pada controller. Setelah menu terbuka, buka “Profil dan sistem.” Buka “Pengaturan.” Di sisi kiri jendela, buka “Perangkat, dan koneksi.” Pilih “Aksesori.” Pilih pengontrol Anda dan pergi ke tiga titik. Di sana Anda akan melihat apakah pembaruan tersedia. Jika ya, tekan “Perbarui sekarang.”
Perhatikan bahwa konsol akan melakukan pembaruan secara otomatis. Namun, jika Anda mengalami masalah dengan sistem atau pengontrol, lakukan pemeriksaan pembaruan secara manual dari waktu ke waktu.

Apa itu Lampu Putih pada Pengontrol Nirkabel Xbox

Jika tombol utama Pengontrol Nirkabel Xbox Anda menyala putih, idealnya, itu berarti baterai sudah terisi penuh. Meskipun demikian, orang-orang telah memperhatikan masalah lain yang terjadi. Pengontrol bersinar putih selama dicolokkan untuk mengisi daya. Namun, saat Anda mencabutnya dari sumber listrik, tingkat baterai masih rendah.

Jika Anda tahu bahwa baterai di pengontrol Anda terisi penuh, tetapi lampu putih masih berkedip, lakukan hal berikut.
Buka Pengontrol Nirkabel Xbox kompartemen baterai.Tunggu 15 detik.Kembalikan baterai.
Situasi seperti ini hanya dapat terjadi saat pengontrol dicabut. Jika mencabut baterai tidak menyelesaikan masalah ini, sambungkan ke konsol melalui kabel USB.

Anda kemudian dapat menggunakan gamepad saat terhubung ke konsol melalui kabel. Lampu putih yang menunjukkan baterai penuh mungkin hanya muncul saat pengontrol terhubung ke konsol. Sayangnya, ini mungkin berarti baterai isi ulang Anda telah mati dan Anda mungkin perlu menggantinya.

Masalah Pemasangan

Alasan lain mengapa Pengontrol Nirkabel Xbox Anda mungkin menyala putih adalah karena tidak dipasangkan dengan perangkat. Anda dapat memperbaiki masalah konektivitas ini hanya dengan memulai ulang koneksi Bluetooth.

Jika konsol Anda berkedip putih, dan pengontrol memiliki cahaya putih yang stabil, berikut adalah cara memperbaiki masalah ini.
Pastikan konsol Anda dihidupkan.Temukan tombol Bluetooth di sisi kiri atas pengontrol dan tekan lama hingga tombol utama Xbox mulai berkedip. Tunggu beberapa detik hingga lampu putih pada pengontrol dan konsol berhenti berkedip. Ini berarti perangkat telah berhasil dipasangkan.
Anda mungkin tidak dapat menghubungkan pengontrol dan konsol melalui Bluetooth. Sebagai gantinya, coba sambungkan melalui kabel USB. Solusi ini juga harus memperbaiki masalah pengisian daya, karena lampu yang berkedip menandakan bahwa pengontrol terhubung ke sumber daya.

Jika tidak ada metode ini yang tidak berfungsi, dan lampu putih masih menyala, coba mulai ulang Xbox Series X/S Menghibur. Berikut cara melakukannya.
Tahan tombol daya konsol selama 10 detik untuk mematikannya.Nyalakan kembali konsol.Coba pasangkan konsol dan pengontrol lagi.
Firmware Kedaluwarsa

Masalah lampu putih juga dapat terjadi karena firmware yang kedaluwarsa. Memperbarui firmware pada Pengontrol Seri X/S dapat membantu mengatasi kesalahan sistem yang mungkin terjadi. Biasanya, Anda akan dapat melakukan ini secara nirkabel. Dalam hal ini, coba perbarui firmware dengan menghubungkan pengontrol dengan kabel USB-C dengan konsol.

Periksa Semua Kemungkinan

Pengontrol Xbox generasi berikutnya telah mempertahankan getaran jadul yang dimiliki semua pengontrol Xbox. Menghidupkannya masih sederhana, memungkinkan pengguna untuk memilih antara baterai AA yang dapat diisi ulang dan baterai AA klasik. Namun, semua baterai akan kehilangan daya saat Anda menggunakannya dan pada akhirnya perlu diisi ulang.

Jika Anda mengalami masalah saat mencoba menghidupkan pengontrol, periksa semua kemungkinan penyebabnya dan hilangkan apa yang tidak berfungsi.

Bagaimana cara Anda memperbaiki masalah pengisian daya dengan pengontrol Xbox? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!