Cara Menemukan Alamat IP Router Anda di Komputer, Ponsel Cerdas, atau Tablet Apa Pun

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pada Windows, buka Command Prompt, jalankan “ipconfig” dan lihat IP di sebelah “Default Gateway” untuk menemukan alamat IP router Anda. Di Mac, buka System Preferences, navigasikan ke Network > Advanced > TCP/IP, dan catat alamat IP di sebelah “Router.”

Jika Anda pernah perlu mengakses halaman pengaturan router Anda untuk membuat beberapa perubahan konfigurasi, Anda tahu bahwa Anda memerlukan alamat IP router Anda untuk mendapatkan akses. Jika Anda lupa apa alamat IP itu, berikut ini cara menemukannya di hampir semua platform.

Di dunia jaringan, gateway default adalah alamat IP yang dikirimkan lalu lintas saat menuju tujuan di luar jaringan saat ini. Di sebagian besar jaringan rumah dan bisnis kecil—di mana Anda memiliki satu router dan beberapa perangkat yang terhubung—alamat IP pribadi router adalah gateway default. Semua perangkat di jaringan Anda mengirimkan lalu lintas ke alamat IP tersebut secara default.

Perangkat Windows menyebutnya sebagai “gerbang default” di antarmuka. Mac, iPhone, dan iPad cukup menyebutnya “router” di antarmuka mereka. Dan pada perangkat lain, Anda mungkin hanya melihat “gateway” atau sesuatu yang serupa.

Alamat IP untuk router Anda penting karena itulah alamat yang harus Anda ketikkan ke browser Anda untuk menemukan halaman setup berbasis web router Anda di mana Anda dapat mengonfigurasi pengaturannya.

Temukan Alamat IP Router Anda di Windows

Alamat IP router Anda adalah “Gateway Default” dalam informasi koneksi jaringan Anda di Windows. Jika Anda lebih suka menggunakan Command Prompt, Anda dapat menemukan gateway default untuk koneksi apa pun dengan cepat menggunakan perintah ipconfig.

Jika Anda mau, Anda juga dapat menemukan alamat gateway default melalui antarmuka grafis. Pertama, buka Panel Kontrol. Cukup klik Mulai, ketik “panel kontrol”, lalu tekan Enter.

Dalam kategori “Jaringan dan Internet”, klik tautan “Lihat status dan tugas jaringan”.

Di sudut kanan atas jendela “Jaringan dan Pusat Berbagi”, klik nama koneksi jaringan Anda.

Di jendela “Ethernet Status”, klik tombol “Details”.

Di jendela “Network Connection Details”, Anda akan menemukan alamat IP router Anda terdaftar sebagai “IPv4 Default Gateway.”

Menemukan Alamat IP Router Anda di Mac

Jika Anda menggunakan Mac, menemukan alamat IP router Anda cukup mudah. Klik menu “Apple” pada bilah di bagian atas layar Anda dan pilih “System Preferences”. Di jendela “System Preferences”, klik ikon “Network”.

Pilih koneksi jaringan Anda—misalnya, koneksi Wi-Fi atau kabel—lalu klik tombol “Advanced” di bagian bawah layar.

Dalam “Network ”, pilih tab “TCP/IP”. Anda akan melihat alamat IP router Anda tercantum hanya sebagai “Router.”

Menemukan Alamat IP Router Anda di iPhone dan iPad

Di iPhone atau iPad, cukup buka Pengaturan > Wi-Fi, lalu ketuk nama jaringan Wi-Fi Anda. Anda akan melihat alamat IP router terdaftar sebagai “Router”.

Menemukan Alamat IP Router Anda di Android

Anehnya, Android tidak menyediakan cara untuk melihat informasi koneksi jaringan di luar kotak.

Banyak aplikasi Android pihak ketiga akan menampilkan informasi ini , termasuk Wi-Fi Analyzer, yang juga menyediakan cara terbaik untuk memilih saluran Wi-Fi yang ideal untuk jaringan Wi-Fi router Anda. Jika Anda memiliki aplikasi informasi jaringan lain, cukup cari alamat IP “Gateway”.

Jika Anda menggunakan Penganalisis Wi-Fi, ketuk menu “Lihat” lalu pilih “Daftar AP.” Di bagian atas layar ini, Anda akan melihat tajuk “Tersambung ke: [Nama Jaringan]”. Ketuk itu dan sebuah jendela akan muncul dengan informasi lebih lanjut tentang jaringan Anda. Anda akan menemukan alamat router yang tercantum sebagai “Gateway”.

Temukan Alamat IP Router Anda di Chrome OS

Jika Anda menggunakan Chromebook, klik area notifikasi di sisi kanan bilah tugas, pilih “Connected to [Network Name]” dalam daftar yang muncul, lalu pilih nama jaringan nirkabel yang Anda sambungkan.

Ketika informasi jaringan muncul, klik tab “Jaringan” dan Anda akan melihat alamat router terdaftar sebagai “Gateway.”

Temukan Alamat IP Router Anda di Linux

Sebagian besar desktop Linux memiliki ikon jaringan di area notifikasinya. Biasanya, Anda dapat mengklik ikon jaringan ini dan kemudian memilih “Informasi Koneksi”—atau yang serupa. Cari alamat IP yang ditampilkan di samping “Rute Default” atau “Gateway”.

Dan sekarang setelah Anda mengetahui secara umum apa yang harus dicari dan di mana, Anda juga seharusnya dapat menemukan alamat IP router Anda tanpa terlalu banyak kesulitan pada perangkat yang kami miliki’ t tertutup juga. Perangkat apa pun yang memungkinkan Anda terhubung ke jaringan dan melihat informasi tentang koneksi jaringan harus menampilkannya. Lihat saja di setelan koneksi jaringan untuk apa pun yang mencantumkan gateway, router, atau alamat rute default.

Itulah berita seputar Cara Menemukan Alamat IP Router Anda di Komputer, Ponsel Cerdas, atau Tablet Apa Pun, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.