Cara Menemukan Buku yang Tidak Dapat Anda Ingat Judulnya

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Sudahkah Anda mencari buku tertentu tetapi judulnya luput dari Anda? Mungkin seseorang yang baru Anda temui pernah merekomendasikannya, atau Anda pernah mendengar sekilas tentangnya di TV atau radio, dan minat Anda terusik.

Apa pun alasannya, ada beberapa cara Anda dapat melacak dan menemukan buku itu, bahkan jika Anda hanya ingat sedikit tentangnya, termasuk nama penulisnya

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa mesin pencari yang dibuat khusus untuk pencari buku dan beberapa saran jika mereka gagal melakukan tugasnya.

Detail Adalah Kunci

Anda mungkin tidak ingat judul bukunya, tapi Anda jelas ingat sesuatu tentang itu. Jadi, langkah pertama adalah menggali jauh ke dalam ingatan Anda dan mengingat sebanyak mungkin detail.

Tuliskan semua yang dapat Anda ingat tentang buku tersebut. Hal-hal seperti genre dan perkiraan tahun ketika diterbitkan dapat membantu Anda selama pencarian Anda. Jika itu adalah buku fiksi, cobalah mengingat nama karakter, atau mungkin plotnya, sesuatu yang membuat buku ini unik. Detail apa pun yang Anda ingat akan membantu Anda dalam memilih kata kunci atau frasa yang tepat yang dapat Anda gunakan saat melakukan pencarian online.

Google Books

Semua orang akrab dengan mesin pencari Google. Ini sangat populer sehingga “Google it” telah menjadi bagian dari bahasa sehari-hari kami. Tapi tahukah Anda bahwa ada tingkat yang lebih dalam dari mesin pencari Google? Dibuat khusus untuk pecinta buku, Google Buku adalah tempat yang baik untuk memulai pencarian Anda.

Sama seperti yang Anda lakukan dengan pencarian apa pun di Google, ketikkan detail sebanyak yang Anda ingat tentang buku tersebut. Google akan mengizinkan Anda menggunakan 32 kata kunci, jadi jangan ragu untuk memasukkan detail sebanyak yang Anda ingat. Pencarian Google Buku Anda hanya akan menghasilkan buku, sehingga menghilangkan banyak hasil pencarian yang tidak perlu.

Anda juga dapat masuk lebih dalam ke Google Buku dengan pencarian lanjutan. Di sini Anda akan menemukan parameter pencarian yang lebih spesifik. Sangat diragukan bahwa Anda akan mengingat Nomor Buku Standar Disengaja (ISBN) sebuah buku, tetapi Anda dapat melakukan pencarian menggunakan informasi pengenal ini. Apa yang mengesankan adalah bahwa Anda tidak hanya dapat mencari buku berdasarkan nama penulis atau penerbit, Anda dapat mencari dengan frase yang Anda ingat dari buku.

BookFinder

Google bukan satu-satunya mesin pencari di kota, terutama jika Anda mencoba untuk mencari buku tertentu tanpa mengetahui judulnya. Yang terbaik adalah menggunakan semua sumber daya yang Anda inginkan, dan BookFinder adalah alat lain yang dapat membantu Anda dengan pencarian Anda. Cukup ketik semua kata kunci dan frasa yang berkaitan dengan buku yang Anda ingat dan klik tombol pencarian.

Amazon

Raksasa global layanan ritel online ini adalah perusahaan yang sangat populer yang menjual segala sesuatu dan apa saja. Kebanyakan orang yang mencari pembelian online atau informasi tentang suatu produk tahu untuk mencari di Amazon. Tapi tahukah Anda bahwa ia memiliki mesin pencari yang kuat yang dikhususkan untuk buku?

Mesin pencari Buku Lanjutan Amazon adalah alat yang ampuh untuk menemukan buku yang Anda tidak dapat mengingat judulnya. Anda dapat mencari berdasarkan penulis atau penerbit dan mempersempit pencarian Anda dengan memilih subjek seperti sejarah atau roman. Dengan menggunakan pencarian kata kunci, Anda dapat menggunakan kata atau frasa deskriptif yang paling menggambarkan judul buku. Jika Anda tidak dapat menemukan buku di sini, mungkin sudah lama tidak dicetak. Itu tidak berarti buku itu tidak tersedia untuk dibeli bekas, tetapi itu bisa membuat pencarian Anda lebih sulit.

Pencarian Buku Besar

Cara lain untuk menemukan buku yang sulit dipahami itu adalah dengan menggunakan mesin pencari yang agak menarik yang disebut Pencarian Buku Besar. Apa yang membuat buku ini berbeda dari kebanyakan yang lain adalah hasil pencarian Anda akan berupa gambar sampul buku yang cocok dengan parameter pencarian Anda. Alat online unik ini dapat membantu jika Anda mengingat seperti apa sampul buku itu. Meskipun mesin pencari ini diarahkan untuk mencari berdasarkan penulis atau judul buku, coba cari dengan kata kunci atau frasa yang menggambarkan buku yang Anda cari.

Library of Congress

Library of Congress adalah perpustakaan terbesar di planet ini dengan jutaan buku yang dikatalogkan. Meskipun sebagian besar digunakan oleh para peneliti yang mencari informasi yang tidak jelas, siapa pun dapat menggunakan mesin pencari online mereka.

Seperti halnya semua mesin pencari, cukup ketikkan detail sebanyak mungkin tentang buku tersebut, tekan enter, dan silangkan jari Anda. Layanan menarik yang ditawarkan Library of Congress adalah fitur “Ask a Librarian”. Anda dapat mengirim email kepada mereka dengan detail sebanyak yang Anda ingat tentang buku tersebut dan, mungkin, mereka dapat membantu Anda menemukan judulnya.

LibraryThing

Untuk memanfaatkan pikiran komunitas pembaca buku yang rajin, Anda dapat mencoba memposting pertanyaan Anda di PerpustakaanHal. Situs web unik ini bisa menjadi kunci yang membuka pintu buku yang Anda cari. Cukup buat akun gratis dan buat posting yang menanyakan apakah ada yang tahu tentang buku itu. Tidak seperti menggunakan mesin pencari dan terbatas pada kata kunci, di sini Anda dapat memberikan semua detail dari buku yang Anda ingat.

FictionDB

Dibangun khusus untuk mencari buku, FictionDB adalah mesin pencari yang dapat menemukan buku yang tidak dapat Anda ingat. Anda dapat memulai dengan pencarian dasar dengan menggunakan jendela pencarian di bagian atas halaman. Tetapi jika Anda menggulir sedikit ke bawah, Anda akan melihat bagian pencarian lanjutan. Di sini Anda dapat mencari dengan kriteria biasa, tetapi Anda juga memiliki pilihan untuk mencari dengan ringkasan atau deskripsi dari plot atau konten buku.

Tanya di Komunitas dan Grup Online

Jika, setelah mencoba beberapa mesin pencari yang berbeda, Anda belum menemukan buku, ada beberapa sumber lain yang dapat Anda coba. Media sosial dapat menjadi sumber informasi yang bagus dan tempat yang sangat baik untuk mengajukan pertanyaan dan mengumpulkan informasi. Jika Anda menggunakan Facebook atau Reddit, cari grup yang fokus pada buku atau membaca. Bergabunglah dengan grup ini dan kirimkan pertanyaan Anda di sana. Jika buku yang Anda coba temukan adalah misteri pembunuhan atau fiksi ilmiah, cari grup yang berfokus pada jenis buku tersebut.

Perpustakaan dan Toko Buku

Jika semuanya gagal dan Anda kehabisan tenaga, Anda selalu dapat pergi ke perpustakaan umum setempat dan bertanya di sana. Perpustakaan umumnya mempekerjakan pembaca yang rajin, dan ada kemungkinan seseorang di sana mengetahui buku yang Anda cari. Jika tidak, mereka mungkin mengenal seseorang yang mengetahuinya.

Toko buku independen yang kecil juga merupakan sumber informasi hebat lainnya. Tidak seperti toko buku rantai besar, toko buku kecil biasanya memiliki staf yang bersemangat yang selera bukunya dapat menjalankan keseluruhan. Cobalah mengunjungi salah satu dan berbicara dengan mereka tentang buku yang Anda tidak ingat judulnya. Seseorang di sana mungkin tahu persis apa yang Anda cari.

A Sedikit Detail Dapat Berjalan Jauh

Dengan begitu banyak mesin telusur yang tersedia, masuk akal untuk mencoba semuanya, terutama yang dibuat untuk menemukan buku. Amazon memiliki mesin pencari yang hebat untuk menemukan buku, seperti halnya Google. Grup media sosial yang dikhususkan untuk membaca atau genre buku tertentu juga dapat memberi Anda judul yang telah Anda lupakan. Perpustakaan dan toko buku independen juga merupakan tempat yang baik untuk bertanya.

Sudahkah Anda mencoba menemukan buku yang judulnya tidak dapat Anda ingat? Apakah Anda menggunakan salah satu saran dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.