Cara Menemukan dan Menghapus Email Lama di Gmail

Pembersihan kotak masuk adalah tugas yang paling tidak disukai. Tetapi jika Anda tidak tetap di atas segalanya, Anda bisa berakhir dengan kekacauan email usang dan tidak dibutuhkan. Kami akan menunjukkan cara cepat menemukan dan menghapus email lama di Gmail.

Temukan Email Lama di Gmail

Gmail memang menawarkan fitur Pencarian praktis yang memungkinkan Anda menemukan email dari atau ke seseorang tertentu atau dengan kata tertentu di baris subjek. Tetapi untuk menemukan email yang lebih lama dari beberapa tahun, bulan, atau hari, yang Anda butuhkan hanyalah kotak Pencarian. satu tahun:

older_than:1y

Anda dapat mengganti 1 dengan nomor yang berbeda untuk menemukan email yang lebih lama dari dua, tiga, empat, atau lebih tahun.

Selain itu, Anda dapat menggunakan jangka waktu yang berbeda. Untuk menemukan email yang lebih lama dari jumlah bulan atau hari tertentu, gunakan ekspresi berikut:

older_than:1molder_than:1dAdvertisement

Sekali lagi, ganti 1 dengan jumlah bulan (m) atau hari (d) dan lihat hasilnya.

Temukan Email di Folder Label

Jika Anda menggunakan label Gmail, Anda akan melihat folder untuk label tersebut di navigasi sebelah kiri. Jadi jika Anda ingin membersihkan satu atau dua, Anda dapat menggunakan ekspresi pencarian di atas di dalamnya juga.

  • Pilih folder label di sebelah kiri. Anda kemudian akan melihat ekspresi itu muncul di bidang Pencarian.
  • Setelah frasa yang disisipkan, ketik spasi lalu salah satu ekspresi old_than di atas tepat setelahnya. Pada tangkapan layar di bawah, kami mencari label Buletin (folder) kami untuk email yang lebih lama dari enam bulan.

Anda kemudian memiliki daftar email lama yang ada di dalam folder label itu.

Filter Lebih Lanjut (Advanced)

Bagian yang bagus tentang menggunakan ekspresi pencarian di atas, selain melihat yang lama email cepat, adalah bahwa Anda dapat menyaring hasil Anda lebih lanjut.

Setelah Anda mencari, Anda akan melihat beberapa tombol di bagian atas. Ini memungkinkan Anda memfilter hasil penelusuran menurut hal-hal seperti Memiliki Lampiran, Dari, Ke, dan Belum Dibaca.

Catatan: Opsi filter bervariasi tergantung pada hasil penelusuran Anda.

Cukup pilih salah satu filter ini untuk mempersempit hasil penelusuran. Ini sangat ideal jika Anda hanya ingin menemukan email lama dengan lampiran, misalnya, tetapi masih menyimpan beberapa email lain yang mungkin Anda perlukan.

Untuk menghapus filter setelah Anda menerapkannya, cukup klik lagi. Untuk melakukan pencarian yang lebih mendalam, klik “Pencarian Lanjutan” di sebelah kanan tombol.

Hapus Email yang Ditemukan

Setelah Anda menemukan email usang tersebut, telah memfilter atau meninjaunya, dan siap untuk menghapusnya, itu adalah tugas yang mudah.

  • Konfirmasikan bahwa email yang Anda lihat adalah email yang ingin Anda hapus. Jika demikian, centang kotak di sebelah kiri bilah alat atas. Ini akan memilih semua email dan Anda dapat melihat jumlah total yang dipilih di bagian bawah.
  • Jika Anda lebih suka membatasi pilihan, Anda dapat menggunakan panah di sebelah kotak centang untuk memilih opsi seperti Baca, Belum Dibaca, Berbintang, atau Tidak Berbintang.
  • Ketika Anda sudah siap, klik ikon tempat sampah di bilah alat untuk menghapus email.
  • Anda tidak akan diminta untuk mengonfirmasi tindakan ini! Jadi, jika Anda salah menghapus email, buka folder Sampah di bilah sisi kiri. Pilih email dan kemudian pindahkan ke tempat yang Anda inginkan seperti Kotak Masuk atau folder label.

Catatan: Anda mungkin perlu memperluas “Lainnya” untuk melihat folder Sampah.

Perhatikan bahwa email di Sampah secara otomatis dihapus untuk selamanya setelah 30 days.

Jika Anda siap melakukan pembersihan kotak masuk atau folder di Gmail, pertimbangkan untuk membuang email lama dan tidak diperlukan itu. Setelah itu, pikirkan untuk menghapus email sampah yang menumpuk!

Itulah berita seputar Cara Menemukan dan Menghapus Email Lama di Gmail, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.