Cara Menemukan dan Menghapus Malware Dengan Microsoft Defender Offline

Microsoft telah lama menawarkan alat “Microsoft Defender Offline” yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pemindaian malware dari luar Windows. Dengan Pembaruan Ulang Tahun Windows 10, alat ini disertakan dengan Windows, dan bahkan lebih mudah untuk diluncurkan. Berikut cara menggunakannya, apa pun versi Windows yang Anda gunakan.

Microsoft Defender —sebelumnya dikenal sebagai Windows Defender — mungkin meminta Anda untuk mengunduh dan menjalankan Microsoft Defender Offline jika menemukan malware yang tidak dapat dihapus. Namun, jika Anda khawatir komputer Anda mungkin terinfeksi, ada baiknya menjalankan pemindaian offline dengan sesuatu seperti Microsoft Defender Offline agar aman.

Mengapa Pemindaian “Offline” Sangat Berguna

TERKAIT:Cara Menggunakan Disk Boot Antivirus atau Drive USB untuk Memastikan Komputer Anda Bersih

Alat ini disebut “Microsoft Defender Offline” karena memindai saat Windows tidak berjalan. Alih-alih mencoba menjalankan dari dalam Windows dan memindai komputer Anda saat Windows sedang berjalan–dan malware dapat berjalan di latar belakang–ia me-restart komputer Anda ke lingkungan yang bersih dan memindai dari luar Windows.

Catatan: Jika drive yang ingin Anda pindai dienkripsi — seperti dengan BitLocker — pemindai offline mungkin tidak akan berfungsi tanpa Anda memberikan kunci pemulihan.

Karena alat ini memindai saat Windows tidak berjalan, malware apa pun yang mungkin berjalan di dalam Windows tidak dapat mengganggu. Beberapa rootkit mungkin bersembunyi dari Windows selama proses boot, tetapi dapat dideteksi saat menjalankan pemindaian dari luar Windows. Beberapa malware mungkin masuk begitu dalam ke Windows sehingga tidak dapat dihapus saat Windows berjalan, tetapi dapat dihapus jika Anda menjalankan pemindaian mandiri di luar OS.

Alat ini pada dasarnya adalah disk boot antivirus, tetapi terintegrasi ke dalam Windows 10 dan Windows 11, dan lebih mudah dijalankan.

Tip: Jika Anda menggunakan Windows 7 atau 8.1, Anda dapat membuat disk dan menjalankannya sendiri.Cara Menjalankan Microsoft Defender Offline di Windows 11
Buka Aplikasi Pengaturan, lalu klik “Privasi dan Keamanan”. Klik “Buka Keamanan Windows” pergi ke “Perlindungan Virus & Ancaman.” Klik “Opsi Pindai.” Pilih “Offline Scan” dan kemudian tekan “Scan Now.”

Windows 11, seperti pendahulunya, dikemas dengan Microsoft Defender. Buka aplikasi Keamanan Windows dengan mengklik ikon perisai biru di bilah tugas, atau melalui aplikasi Pengaturan. Klik tombol Mulai, lalu ketik “Pengaturan” ke dalam bilah pencarian, dan tekan Enter atau klik “Buka.”

Advertisement

Klik Privasi dan Keamanan > Keamanan Windows > Buka Keamanan Windows.

Klik “Perlindungan Virus & Ancaman.”

Gulir ke bawah dan pilih “Microsoft Pemindaian Offline Defender,” lalu klik “Pindai Sekarang.”

Klik “Pindai” di sembulan dan PC Windows 11 Anda akan restart sendiri dan memulai pemindaian.

Cara Menjalankan Microsoft Defender Offline di Windows 10
Luncurkan aplikasi Keamanan Windows dari bilah tugas atau Pengaturan AplikasiBuka “Virus & Threat Protection,” lalu klik “Scan Options.” Pilih “Microsoft Defender Offline Scan,” lalu klik “Scan Now.”

Pemindaian offline ada di aplikasi Windows Security di Windows 10. Klik tombol Start, ketik “Windows Security” ke dalam bilah pencarian, lalu tekan Enter atau klik “Open.

Advertisement

Kemudian pilih Perlindungan virus & ancaman, klik “Opsi pindai” di bawah Ancaman saat ini.

Pilih “Microso ft Defender Offline scan” untuk memilih pemindaian offline. Klik “Pindai sekarang” untuk melakukan pemindaian.

TERKAIT: Apa Antivirus Terbaik untuk Windows 10? (Apakah Windows Defender Cukup Baik?)

Setelah Anda mengklik tombol ini, komputer Anda akan secara otomatis melakukan boot ulang dan mulai memindai PC Anda dari malware. Pemindaian dapat memakan waktu hingga lima belas menit. Jika ada malware yang ditemukan, Anda akan diminta untuk membersihkannya dari dalam antarmuka Microsoft Defender Offline. Jika tidak ada malware yang ditemukan, komputer Anda akan otomatis boot kembali ke Windows setelah pemindaian selesai.

Cara Menjalankan Microsoft Defender Offline di Windows 7 dan 8.1

TERKAIT:Bagaimana Saya Mengetahui jika Saya Menjalankan Windows 32-bit atau 64-bit ?

Buka situs web Microsoft dan unduh pemindai offline.Jalankan file yang dapat dieksekusi dan buat media yang dapat di-boot (drive USB atau CD/DVD)Mulai ulang komputer dan boot dari pemindai offline.

Untuk versi Windows sebelumnya, Anda dapat mengunduh Microsoft  Defender Offline , buat drive USB, CD, atau DVD yang dapat di-boot, dan boot alat Microsoft Defender Offline di PC. Ini bekerja secara identik dengan fitur Microsoft Defender Offline di Windows 10, tetapi mengharuskan Anda membuat media yang dapat di-boot dan mem-boot-nya sendiri.

Microsoft merekomendasikan untuk membuat media yang dapat di-boot pada komputer yang dikenal bersih. Perangkat lunak perusak dapat mengganggu proses pembuatan media jika berjalan di latar belakang, jadi jika Anda khawatir PC Anda saat ini mungkin terinfeksi, gunakan PC lain untuk mengunduh Microsoft Defender Offline dan buat media.

Buka laman unduhan Microsoft Defender Offline, gulir ke bawah, buka bagian berjudul “Menggunakan Microsoft Defender Offline di Windows 7 dan Windows 8.1,” dan unduh versi 32-bit atau 64-bit tergantung pada apakah PC Anda menjalankan Windows versi 32-bit atau 64-bit . Berikut cara memeriksa.

Run file msstool64.exe atau msstool32.exe yang diunduh dan Anda akan diminta untuk membuat media instalasi pada drive USB, atau membakarnya ke CD atau DVD. Anda juga dapat meminta alat tersebut membuat file ISO, yang dapat Anda bakar sendiri ke disk menggunakan program pembakar disk pilihan Anda. Alat ini akan membuat media Microsoft Defender Offline yang berisi definisi virus terbaru.

Advertisement

Jika Anda menggunakan drive USB, drive akan diformat ulang dan semua data di dalamnya akan dihapus. Pastikan untuk mencadangkan semua data penting dari drive terlebih dahulu.

 

Setelah membuat drive USB, CD, atau DVD, Anda harus menghapusnya dari komputer saat ini dan membawanya ke komputer yang ingin Anda pindai. Masukkan drive USB atau disk ke komputer lain dan restart komputer.

TERKAIT:Cara Mem-boot Komputer Anda Dari Disk atau USB Drive

Boot dari drive USB, CD, atau DVD untuk menjalankan pemindaian. Bergantung pada setelan komputer, komputer dapat melakukan booting secara otomatis dari media setelah Anda memulai ulang, atau Anda mungkin harus menekan tombol untuk masuk ke menu “perangkat boot” atau mengubah urutan boot dalam firmware UEFI atau BIOS komputer.

Setelah Anda Setelah boot dari perangkat, Anda akan melihat alat Microsoft Defender yang secara otomatis memindai komputer Anda dan menghapus malware. Ini bekerja sama dengan Microsoft Defender Offline di Windows 10 dan 11.

Setelah pemindaian selesai dan Anda selesai dengan alat ini, Anda dapat mem-boot ulang komputer dan menghapus media Microsoft Defender Offline untuk boot kembali ke Windows.

Itulah berita seputar Cara Menemukan dan Menghapus Malware Dengan Microsoft Defender Offline, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.