Cara Menemukan Kata Sandi Administrator di Mac

Salah satu kata sandi yang paling sering dilupakan untuk pengguna Mac biasa adalah Kata Sandi Administrator. Karena tidak diperlukan untuk sebagian besar fitur dasar, tidak jarang kehilangan jejaknya.

Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda menemukan kata sandi administrator di Mac dan menyediakan cara untuk memulihkan atau mengatur ulang, jika perlu .

Menemukan Kata Sandi Admin

Tidak seperti kebanyakan akun komputer, Mac tidak memiliki kata sandi admin default. Nama admin dan kata sandi dimasukkan selama pengaturan awal. Jika Anda tidak melakukannya sendiri, atau itu dilakukan untuk Anda, sebaiknya tanyakan kepada orang yang melakukannya. Sebagian besar waktu, pengguna sudah memiliki akun admin tanpa menyadarinya. Untuk mengonfirmasi apakah akun yang Anda gunakan memiliki hak admin, lakukan hal berikut:
Klik Hak Istimewa Sistem di dok Anda, atau klik menu Apple dan pilih Preferensi Sistem dari daftar tarik-turun.Temukan dan klik ikon Pengguna & Grup.Temukan nama pengguna Anda saat ini dari daftar di sebelah kiri. Jika kata Admin berada di bawah nama pengguna Anda, itu adalah akun Administrator. Setiap pengguna yang memiliki Admin di bawah namanya adalah akun Administrator. Sebagai admin, nama login dan kata sandi Anda dapat dimasukkan ketika Anda diminta untuk menggunakan kata sandi Admin.
Memulihkan Kata Sandi yang Hilang

Ada beberapa cara untuk mendapatkan kata sandi kembali, tergantung pada kata sandi yang hilang dan apakah Anda memiliki pengelola kata sandi pihak ketiga.

Menggunakan ID Apple untuk Mengatur Ulang Kata Sandi Anda

Jika login Mac default Anda adalah akun Admin dan Anda lupa kata sandi login, Anda dapat memulihkannya dengan menggunakan ID Apple. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Pada halaman login Mac, memasukkan kata sandi yang salah tiga kali akan membuka prompt reset. Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi kata sandi Anda dengan benar, lanjutkan ke langkah 2. Sebuah jendela akan muncul meminta Anda untuk memulai ulang dan menampilkan opsi pengaturan ulang kata sandi. Klik pada prompt dan tunggu komputer untuk restart. Jendela Reset Password akan muncul menanyakan ID Apple Anda. Masukkan alamat email dan kata sandi ID Apple Anda. Jika Anda juga lupa ID Apple Anda, klik tautan Lupa ID Apple dan Kata Sandi di bawah ini dan Anda akan diarahkan ke halaman Pemulihan Kata Sandi Apple. Klik Berikutnya. Jika verifikasi dua langkah diaktifkan, Anda akan diminta untuk masukkan kode keamanan. Setelah masuk, klik Verifikasi. Jika komputer memiliki lebih dari satu pengguna, pilih kata sandi akun mana yang ingin Anda atur ulang, lalu klik Berikutnya. Anda akan diminta memasukkan kata sandi baru, verifikasi kata sandi baru, lalu buat kata sandi petunjuk.Klik Berikutnya.Setelah selesai, klik Mulai Ulang.Masukkan kata sandi baru Anda.
Gunakan Akun Admin Lain untuk Mengatur Ulang Akun Admin Terkunci

Jika Anda mengetahui kata sandi untuk akun administrator lain, Anda dapat masuk dan mengatur ulang akun admin terkunci lainnya. Untuk melakukannya, Anda perlu:
Menggunakan nama admin dan kata sandi akun yang dapat Anda akses.Klik menu Apple lalu pilih System Preferences. Atau, Anda juga dapat mengakses System Preferences dari dok Anda.Klik Pengguna & Grup.Klik pada ikon gembok.Masukkan nama admin dan kata sandi Anda saat ini.Temukan nama akun admin yang ingin Anda atur ulang.Klik pada kata sandi atur ulang button.Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru, verifikasi kata sandi baru, lalu masukkan petunjuk kata sandi. Setelah selesai, klik Ubah Kata Sandi. Klik Ikon Apple. Pilih Keluar dari menu. Masuk ke akun yang baru saja Anda atur ulang. Kedua akun admin Anda sekarang seharusnya dapat diakses.
Reset Kata Sandi Menggunakan FileVault

FileVault adalah alat praktis yang membantu mencegah akses tidak sah di Mac Anda. Ini juga memiliki manfaat tambahan untuk membantu Anda mengatur ulang kata sandi yang terlupakan melalui Reset Password Assistant. Jika FileVault aktif, Anda dapat menggunakan asisten dengan melakukan hal berikut:
Pada halaman login, tunggu hingga Anda melihat pesan yang mengatakan Anda dapat menggunakan tombol daya Mac untuk memulai ulang dalam Mode Pemulihan. Setelah pesan muncul, tahan tombol daya sampai komputer Anda mati. Tekan tombol daya lagi untuk menyalakannya. Jendela Atur Ulang Kata Sandi akan muncul dengan petunjuk tentang cara mengubah kata sandi saat ini. Ikuti langkah-langkah seperti yang diberikan oleh Reset Password Assistant. Setelah selesai, klik Restart.Login menggunakan kata sandi baru Anda.
Gunakan Kunci Pemulihan File

FileVault memiliki opsi untuk menyiapkan Kunci Pemulihan File yang dapat Anda masukkan alih-alih kata sandi untuk segera mereset akun. Ini dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Pada layar login, masukkan kata sandi yang salah tiga kali hingga Anda melihat pesan yang menunjukkan bahwa Anda dapat menggunakan Kunci Pemulihan.Klik ikon Putar di sebelah pesan.Kotak teks kata sandi akan berubah menjadi kotak teks Kunci Pemulihan, masukkan Kunci Pemulihan Anda. Ingatlah untuk memasukkan huruf besar dan sertakan tanda hubung saat masuk. Ikuti petunjuk yang ditampilkan, lalu klik Atur Ulang Kata Sandi setelah selesai. Nyalakan ulang komputer Anda dan masuk menggunakan kata sandi baru Anda.
Hubungi Dukungan Apple

Jika tidak ada metode di atas yang berhasil untuk Anda , langkah selanjutnya adalah menghubungi Dukungan Apple dan melihat apakah mereka dapat mengatur ulang kata sandi Anda dari jarak jauh. Mereka biasanya dapat membuka kunci akun Anda tanpa menggunakan penginstalan ulang sistem penuh.

Tips Kata Sandi Admin

Saat menggunakan Mac, sebaiknya ingat beberapa hal saat menyangkut kata sandi Administrator sehingga Anda tidak pernah terkunci dari komputer Anda :
Password peka huruf besar/kecil. Pastikan Caps Lock dan Num Lock tidak diaktifkan saat memasukkannya. Jika entri kata sandi memiliki ikon tanda tanya, maka Anda mungkin telah menetapkan petunjuk kata sandi. Lihat apakah ini membantu Anda mengingat kata sandi Anda. Coba masuk dengan kotak kata sandi yang dibiarkan kosong. Beberapa pengguna tidak pernah repot-repot menetapkan kata sandi tetapi melupakan ini sesudahnya. Jika akun admin Anda memiliki kata sandi kosong, segera perbaiki ini. Akun yang tidak aman membuat komputer Anda rentan. Untuk mencegah Mac Anda terkunci karena lupa kata sandi admin, sebaiknya siapkan akun administrator sekunder. Dengan ini, Anda dapat mengatur ulang kata sandi akun admin lain seperti yang ditunjukkan di atas. Namun, pastikan Anda tidak melupakan kedua kata sandi karena ini akan membuat latihan tidak berguna. Teknisi yang mengatur Mac Anda harus mengetahui kata sandi administrator. Minta mereka untuk memberikannya kepada Anda sebelum meninggalkan toko. Lebih baik lagi, minta mereka untuk membuat akun administrator sekunder yang kata sandinya Anda ketahui. Catat kata sandi Anda dan simpan di tempat yang aman dan dapat diakses oleh Anda.
Mencegah Penguncian

Kata sandi administrator mencegah Mac Anda dimodifikasi oleh pengguna biasa, tetapi melupakannya dapat menyebabkan Anda terkunci dari komputer Anda. Mengetahui cara menemukan kata sandi administrator di Mac atau mengatur ulang sama sekali akan menghemat waktu dan kerumitan Anda.

Apakah Anda tahu cara lain untuk menemukan kata sandi administrator yang tidak disebutkan di sini? Jangan ragu untuk membagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.