Cara Menemukan Kata Sandi Wi-Fi di

Lupa kata sandi Wi-Fi Anda bisa menjadi gangguan besar. Misalnya, Anda mungkin memiliki tamu yang berkunjung dan mereka perlu menghubungkan perangkat mereka ke jaringan Anda, tetapi Anda tidak dapat mengingat kata sandinya. Untungnya, Windows 11 memiliki solusinya.

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda cara mengambil kata sandi Wi-Fi Anda di Windows 11. Dengan pengetahuan ini, Anda tidak akan lagi terkunci dari jaringan Anda jika Anda lupa kata sandi Anda.

Cara Menemukan Kata Sandi Wi-Fi di Windows 11

Metode paling umum untuk menemukan kata sandi Wi-Fi di Windows 11 adalah melalui Control Panel. Inilah yang terlibat:
Tekan tombol “Mulai” dan buka “Panel Kontrol.” Klik hasil pertama dan buka bagian “Jaringan dan Internet”. Buka opsi “Jaringan & Pusat Berbagi”. Untuk mengurangi kebingungan dan visibilitas yang lebih mudah, ubah tampilan Anda dari “Kategori” menjadi “Ikon besar.” Pilih “Koneksi” dan temukan nama jaringan Wi-Fi Anda. Jelajahi status “Wi-Fi” dan tekan “Properti Nirkabel.” Pilih “Keamanan” dan tekan “Tampilkan karakter.” Ini akan menampilkan kata sandi jaringan Anda di salah satu kotak.
Cara lain untuk menemukan kata sandi Wi-Fi Anda adalah dengan menggunakan “Pengaturan”, tetapi yang ini sedikit lebih rumit:
Tekan tombol “Mulai” dan buka “Pengaturan .” Cara lain untuk mengakses jendela ini adalah dengan menggunakan kombinasi “Windows Key + I”. Pergi ke sidebar kiri Anda dan klik “Network and Internet.” Buka bagian bawah layar Anda dan pilih pengaturan lanjutan. Tekan prompt untuk memperluas lebih banyak opsi adaptor di bagian “Pengaturan Terkait”. Anda sekarang harus mencapai opsi jaringan di Panel Kontrol Anda. Tekan “Wi-fi” dan navigasikan ke “Koneksi.” Klik “Properti Nirkabel,” diikuti oleh “Keamanan,” dan “Tampilkan karakter.” Centang kotak untuk kata sandi Anda dan tuliskan.
Cara Menemukan Kata Sandi Wi-Fi di Windows Dengan Command Prompt

Windows 11 mempertahankan sebagian besar fitur dari versi lama, termasuk prompt perintah. Alat ini memungkinkan Anda menemukan kata sandi Anda saat ini serta kata sandi dari koneksi sebelumnya. Ambil langkah-langkah berikut untuk menggunakan command prompt Anda:
Hit “Start” dan ketik “command prompt.” Pilih opsi untuk menjalankan alat sebagai administrator. Masukkan “netsh wlan show profiles” untuk menemukan koneksi Wi-Fi Anda. Tekan tombol “Enter”. Ini akan menunjukkan nama semua jaringan Anda. Jika Anda mencari kata sandi tertentu, ketik “netsh wlan show profile name=yourwificonnectionname=clear.” Ganti “yourwificonnectionname” dengan nama jaringan Anda. Tekan “Enter.” Nilai di dekat “Konten Utama” adalah kata sandi yang Anda cari.
Cara Menemukan Kata Sandi Wi-Fi di Windows 11 Dengan WirelessKeyView

Jika Anda ingin menghindari mengutak-atik berbagai pengaturan sistem, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil kata sandi Wi-Fi Anda. Salah satu opsi terbaik Anda adalah WirelessKeyView. Ini memiliki antarmuka yang intuitif dan memungkinkan Anda menemukan kata sandi Anda hanya dengan beberapa klik. Inilah cara Anda dapat menggunakan program:
Unduh WirelessKeyView dari halaman ini.Instal dan luncurkan program.Jalankan perangkat lunak untuk melihat jaringan dan kata sandi Anda.Untuk menyimpan kata sandi, tekan “File” dan pilih “Ekspor Semua Item.”Semua kata sandi Anda harus sekarang disimpan dalam file teks.
Cara Mengubah Kata Sandi Wi-Fi di Windows 11

Setelah Anda mendapatkan kata sandi Wi-Fi Anda, mungkin ada baiknya untuk mengubahnya dan meminimalkan risiko pencurian data atau Anda lupa lagi . Ini mengharuskan Anda untuk masuk ke router Anda dari komputer Windows 11 Anda:
Identify alamat IP router. Sebagian besar perangkat memiliki nilai default, seperti 192.168.1.100 atau 192.168.2.1.Buka browser web Anda dan sambungkan ke router. Untuk melakukannya, ketik alamat IP di bilah alamat.Masukkan informasi login Anda untuk mencapai pengaturan administratif.Temukan bagian kata sandi Wi-Fi.Masukkan kata sandi baru Anda dan simpan perubahan Anda.
Cara Mengatur Hotspot Wi-Fi di Windows 11

Seperti versi lainnya, Windows 11 memungkinkan Anda berbagi koneksi internet melalui jaringan Wi-Fi. Anda memerlukan satu adaptor jaringan fungsional yang berfungsi sebagai akses untuk menghubungkan perangkat lain. Setelah Anda mendapatkan perangkat keras yang diperlukan, Anda dapat membuat dan membagikan hotspot Wi-Fi Anda:
Luncurkan “Pengaturan” dan tekan opsi “Jaringan dan Internet”. Buka bagian kanan jendela dan pilih “Hotspot seluler”. ke tab “Bagikan koneksi saya dari” dan pilih adaptor dengan koneksi internet. Dalam hal ini, pilih Wi-Fi. Temukan “Properti” dan tekan “Edit.” Beri nama hotspot seluler Anda dan buat kata sandi yang kuat. Tekan “Simpan” dan nyalakan hotspot untuk berbagi koneksi internet. Anda juga harus mempertimbangkan untuk mematikan “Hemat daya” untuk mempertahankan jaringan meskipun tidak ada perangkat yang terhubung. Jika tidak, Anda harus mengaktifkan kembali fitur tersebut untuk mengaktifkan komputer atau ponsel untuk membuat tautan.
Setelah Anda membuat hotspot Wi-Fi, Anda juga perlu mengetahui cara mengaktifkannya setelah reboot berikutnya:
Buka ke baki sistem di Taskbar Anda dengan menekan kombinasi tombol “Windows” dan “A”. Klik “Jaringan” dan pilih “Mobile Hotspot.” Aktifkan fitur dengan menekan tombol yang sesuai.
Cara lain untuk mengaktifkan hotspot Anda adalah dengan menggunakan “Pengaturan .”
Luncurkan “Pengaturan.”Tekan “Jaringan dan Internet.”Aktifkan hotspot Wi-Fi Anda menggunakan sakelar sakelar.
Cara Mengatur Ulang Pengaturan Jaringan di Windows 11

Mem-boot ulang pengaturan jaringan adalah cara yang efektif untuk mengatasi masalah konektivitas Wi-Fi di Windows 11. Ini menginstal ulang adaptor dan mengkonfigurasi ulang komponen lain ke pengaturan pabrik untuk mengatasi masalah tertentu. Sebelum melakukan ini, perlu diingat bahwa itu menghapus semua pengaturan untuk adaptor Anda. Oleh karena itu, gunakan hanya jika Anda telah kehabisan semua opsi Anda.

Menyetel ulang jaringan Anda terlihat seperti ini:
Tekan “Mulai” dan ketik “Pengaturan.” Buka hasil pertama dan tekan tombol “Jaringan dan Internet” di bagian kiri tampilan Anda. Pilih opsi pengaturan lanjutan dan klik “Setel ulang jaringan.” Jendela ini harus menjelaskan secara mendalam apa yang diperlukan untuk me-reboot jaringan Anda. Bacalah, dan jika semuanya terlihat bagus, pilih “Reset now.” Konfirmasikan keputusan Anda dengan menekan tombol “Ya”. Tunggu hingga sistem mengatur ulang adaptor Anda ke pengaturan pabrik. Ini tidak akan memakan waktu lebih dari beberapa menit.
Setelah mengatur ulang jaringan Anda, Anda harus mengonfigurasi PC Windows 11 Anda untuk secara otomatis membuat koneksi internet. Opsi TCP/IP umumnya otomatis, dan tidak perlu melakukan penyesuaian apa pun dalam banyak kasus. Jika PC Anda tidak terhubung kembali, lakukan langkah-langkah berikut untuk menyelesaikan masalah:
Buka “Pengaturan” dan lompat ke “Jaringan dan Internet.” Pilih opsi “Ethernet”. Temukan jaringan Anda dan klik simbol drop-down untuk membuka jaringan Anda. TCP/IP. Terus gulir hingga Anda mencapai penetapan IP Anda. Verifikasi bahwa tertulis “Otomatis.” Jika tugasnya berbeda, klik tombol “Edit” di bagian kanan layar. Perluas menu di jendela baru dan ubah pengaturan menjadi “Otomatis.” PC Anda sekarang seharusnya secara otomatis mengidentifikasi dan menautkan ke jaringan Anda setelah reset.
Jelajahi Internet dengan Mulus

Melupakan kata sandi Wi-Fi Anda bisa menjadi risiko besar, tetapi Windows 11 memungkinkan Anda menguranginya dengan cepat. Kami telah mencantumkan beberapa cara untuk memulihkan kata sandi Anda dan tetap di atas pengaturan jaringan Anda. Lain kali Anda tidak dapat mengingat kombinasi Anda, pilih metode yang paling cocok untuk Anda, biarkan teman Anda masuk ke Wi-Fi Anda, dan mulai pesta internet Anda.

Seberapa sering Anda lupa kata sandi Wi-Fi Anda? Pernahkah Anda me-reboot pengaturan Wi-Fi Anda? Masalah apa yang Anda temui? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.