Cara Menemukan Nama Komputer Anda dari Command Prompt

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Command Prompt adalah alat canggih yang dapat Anda gunakan untuk melakukan semua hal di komputer Anda. Di antara proses kompleks lainnya, Command Prompt memungkinkan Anda untuk membuat, memindahkan, menghapus file, dan menemukan semua informasi penting tentang komponen komputer Anda. Nbsp
Meskipun perlu memahami dan mempelajari perintah Command Prompt untuk menggunakan alat ini untuk proses yang kompleks , beberapa proses sederhana namun bermanfaat tidak memerlukan banyak pengetahuan komputasi.

Dalam beberapa situasi, Anda harus mengetahui nama komputer Anda. Misalnya, Anda memerlukan informasi ini jika Anda ingin menghubungkan printer Anda ke beberapa PC. Ini dapat dilakukan dengan sangat mudah menggunakan Command Prompt Anda, dan artikel ini akan menunjukkan caranya.

Cara Menggunakan Command Prompt untuk Menemukan Nama Komputer Anda untuk mengetahui cara membuka Command Prompt.
Cukup klik StartType “cmd” di bilah pencarian. Tekan Enter, dan jendela hitam kecil akan muncul. Itu adalah aplikasi Command Prompt Anda. Ketik perintah “hostname” dan tekan Enter.
Setelah itu, Command Prompt Anda akan menampilkan nama komputer Anda di baris berikutnya. Satu-satunya potensi masalah di sini adalah Anda harus sangat berhati-hati saat mengetik. Jika Anda salah ketik, Command Prompt tidak akan mengenali perintah dan tidak akan terjadi apa-apa. perintah persis seperti yang ditunjukkan: net config workstation | findstr /C: “Nama Lengkap Komputer“Masukkan. Prompt Perintah akan menampilkan nama DNS lengkap komputer Anda.
Informasi Berharga Lainnya yang Dapat Anda Dapatkan dari Prompt Perintah
hh
Alamat IP Komputer Anda

Informasi lain yang sangat penting yang mungkin Anda perlukan adalah alamat IP komputer Anda. Tentu saja, Command Prompt juga dapat membantu Anda.
Jika Anda menggunakan VPN (virtual private network) untuk pekerjaan Anda, Anda akan memiliki lebih banyak informasi di bawah Alamat IPv4.

Alamat IP Server Domain Bisnis Anda

Yet perintah lain yang menarik yang mungkin ingin Anda gunakan adalah “nslookup”. Perintah ini memungkinkan Anda untuk menemukan alamat IP server domain bisnis Anda:
Ketik “nslookup”, tekan Spasi, dan tambahkan domain bisnis Anda dan tekan Enter. Misalnya, Anda dapat menggunakan perintah ini di YouTube: nslookup youtube.com
Alamat IP Antara Komputer Anda dan Website

Command Prompt Anda akan mencetak semua alamat IP server antara komputer Anda dan situs web yang telah Anda masukkan.
Ketik “tracert” di Command Prompt Anda, tekan tombol Spasi, masukkan situs web yang ingin Anda kunjungi (atau situs web apa pun yang Anda pilih ) dan tekan enter.Misalnya, Anda dapat mengetik tracert youtube.com untuk menemukan alamat IP semua server yang “berdiri” antara Anda dan YouTube.
Mulai Menggunakan Command Prompt

Seperti yang Anda lihat, Command Prompt komputer Anda adalah alat serbaguna yang dapat Anda gunakan untuk berbagai tugas. Meskipun beberapa perintah ini dianggap sangat mendasar dan mendasar, ini adalah titik awal yang baik bagi mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang penggunaan Command Prompt.