Cara Menerjemahkan Bahasa di Google Spreadsheet

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika tidak semua orang yang bekerja dengan Anda berbicara dalam bahasa asli yang sama, Anda mungkin perlu menggunakan penerjemah. Di Google Spreadsheet, Anda dapat menerjemahkan bahasa sehingga berkolaborasi atau meninjau spreadsheet menjadi sedikit lebih mudah.

Kami akan menunjukkan dua cara untuk menerjemahkan bahasa di Google Spreadsheet. Metode pertama menggunakan fungsi dan formula sedangkan yang kedua menggunakan add-on pihak ketiga. Lihat cara menggunakan masing-masing untuk melihat mana yang terbaik untuk Anda.

Gunakan Fungsi GOOGLETRANSLATE

Sama seperti Google menawarkan alat terjemahannya sendiri, ia menyediakan fungsi untuk Google Spreadsheet. GOOGLETRANSLATE memungkinkan Anda menerjemahkan teks tertentu atau dalam sel dengan rumus sederhana.

Sintaks untuk rumusnya adalah GOOGLETRANSLATE(teks, bahasa_sumber, bahasa_target). Argumen pertama diperlukan. Seperti yang disebutkan, Anda dapat menggunakan referensi sel atau memasukkan teks dalam tanda kutip.

Jika Anda tidak memasukkan bahasa sumber, rumus akan mendeteksinya secara otomatis dan jika Anda tidak memasukkan bahasa target, rumus akan menggunakan bahasa sistem secara default . Untuk keduanya, Anda akan memasukkan kode bahasa dua huruf dalam tanda kutip.

Mari kita lihat beberapa contoh.

Dengan rumus berikut, kami akan menerjemahkan “Silakan pilih opsi” dari Inggris ke Spanyol:

=GOOGLETRANSLATE("Silakan pilih satu option","en","es")

Untuk menerjemahkan teks yang sama menggunakan referensi selnya (A1) dan bahasa yang sama, Anda akan menggunakan rumus ini:

=GOOGLETRANSLATE(A1,"en","es")

Jika Anda memiliki kode bahasa dua huruf dalam sel, Anda juga dapat mereferensikannya dalam rumus. Di sini, kami akan menerjemahkan sel A1 dari bahasa di sel A2 ke bahasa di sel A3:

=GOOGLETRANSLATE(A1,A2,A3)

Untuk lebih banyak fungsi dan rumus seperti ini, lihat beberapa fungsi dasar Google Sheets yang harus Anda know.

Menginstal Add-On Google Sheets

Meskipun fungsi di atas adalah opsi yang bagus, Anda mungkin tidak terlalu suka menggunakan fungsi dan rumus. Atau Anda mungkin hanya ingin cara cepat untuk menerjemahkan seluruh lembar. Inilah saatnya add-on Google Sheets gratis Terjemahkan My Sheet berguna.

Setelah Anda menginstal add-on dari Google Workspace Marketplace, Anda dapat menerjemahkan pilihan sel atau seluruh spreadsheet Anda .

Buka tab Ekstensi, pilih Terjemahkan Lembar Saya, dan pilih “Mulai Terjemahan Baru” di menu munculan.

Saat bilah sisi terbuka, Anda dapat menyiapkan alat. Anda akan melihat Bahasa Sumber diatur ke Deteksi Otomatis, tetapi Anda dapat memilih bahasa yang berbeda di daftar drop-down jika Anda mau. Kemudian, pilih Bahasa Target.

Di bagian bawah di bawah Pengaturan Lanjut, aktifkan sakelar untuk menerjemahkan seluruh lembar, menduplikasi lembar untuk diterjemahkan, atau menerapkan warna latar belakang ke sel yang diubah sesuai preferensi Anda.

Jika Anda hanya ingin menerjemahkan sel tertentu saja daripada seluruh lembar, pilih sel.

Saat Anda siap, klik “Terjemahkan.”

Anda akan melihat pesan pop-up yang memberi tahu Anda jumlah sel yang akan diterjemahkan. Jika ini terlihat benar, pilih “Ya” untuk melanjutkan.

Anda akan melihat sel yang diedit atau lembar baru sesuai pengaturan di atas yang Anda pilih.

Untuk ekstensi tambahan, lihat beberapa pengaya Google Spreadsheet terbaik.

Apakah Anda pilih fungsi dan formula atau add-on, Anda memiliki opsi untuk lebih mudah bekerja dengan orang lain yang berbicara dengan dialek berbeda saat menggunakan Google Sheets.

Itulah berita seputar Cara Menerjemahkan Bahasa di Google Spreadsheet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.