Cara Mengaktifkan Chromecast di Samsung Smart TV

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tautan Perangkat
ChromecastSmart TVPerangkat Hilang?
Apakah Anda ingin menikmati konten dari aplikasi favorit Anda di layar yang lebih besar? Lupakan pengaturan kabel yang rumit dan pencerminan layar yang lambat. Gadget praktis bernama Chromecast menawarkan solusi yang lebih baik.

Jika Anda memiliki salah satu pemutar media digital canggih ini, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengaktifkannya di TV. Berikut cara menyiapkan Chromecast di TV pintar Samsung dan langsung mulai streaming.

Apakah TV Samsung Saya Mendukung Chromecast?

Banyak TV pintar populer dari merek seperti Sony, Toshiba, Philips, dll., sudah dilengkapi Chromecast. Pengguna TV Samsung perlu mengambil langkah ekstra dan membeli dongle untuk mendapatkan fungsionalitas Chromecast di perangkat mereka. Kabar baiknya adalah Chromecast tersedia untuk hampir semua TV, bahkan model lama yang tidak pintar. Selama TV Samsung Anda memiliki port HDMI (High Definition Multimedia Interface), Anda akan dapat menghubungkan gadget streaming ini dan memaksimalkan TV Anda.

Jika Anda memiliki TV Samsung lama, Chromecast dapat menambahkan segudang fungsi ke perangkat Anda. Anda dapat menggunakannya untuk mengalirkan konten apa pun melalui aplikasi seluler atau web, atau mencerminkan layar Google Chrome Anda ke TV. Chromecast mungkin masih layak untuk pengalaman mulus yang ditawarkannya, bahkan jika TV pintar Anda sudah memiliki semacam solusi pencerminan layar terintegrasi. Pada tahun 2022, lebih dari 1.000 aplikasi memiliki dukungan Chromecast, membuat pengiriman media ke layar TV Anda menjadi mudah.

Cara Menyiapkan Chromecast di Samsung Smart TV

Menyiapkan Chromecast di TV hanya akan memakan waktu beberapa menit. Ini semua yang Anda perlukan dalam prosesnya.
A Samsung Smart TV dengan port HDMIPerangkat Chromecast dan komponennyaPerangkat pintar lain, seperti ponsel Android atau iPhoneSambungan Wi-Fi
Pada tahun 2022, Anda dapat menemukan dua model Chromecast di pasaran: Chromecast dan Chromecast generasi ketiga dengan Google TV. Proses setup hampir identik untuk kedua model, dengan satu perbedaan. Anda juga harus memasangkan remote baru untuk Chromecast dengan Google TV.

Langkah Pertama: Siapkan Perangkat Anda

Jadi, Anda mengeluarkan Chromecast dari kotaknya. Untuk Chromecast 3, Anda harus memiliki perangkat, kabel USB, dan adaptor di tangan Anda. Jika Anda membeli Chromecast dengan Google TV, Anda juga akan menemukan remote control dan dua baterai dalam kemasannya.

Hubungkan Chromecast 3 atau Chromecast dengan Google TV ke Samsung TV dengan cara berikut.
Temukan port HDMI TV Anda dengan memeriksa bagian belakang dari perangkat. Anda biasanya akan menemukannya di sisi kanan (bila dilihat dari depan). Pasokan Chromecast Anda dengan listrik menggunakan kabel USB. Colokkan salah satu ujung kabel USB ke perangkat dan ujung lainnya ke adaptor yang disertakan, lalu sambungkan adaptor ke sumber daya. Colokkan kabel HDMI Chromecast ke TV. Nyalakan TV dan ubah sumber input ke saluran HDMI yang benar.
Sebagian besar TV pintar Samsung dilengkapi dengan setidaknya dua port HDMI: HDMI standar dan HDMI ARC. Port HDMI apa pun yang tersedia akan berfungsi dengan Chromecast.

Catatan: Jika Anda memiliki Chromecast 3 atau model dasar generasi sebelumnya, Anda dapat melewati adaptor daya. Cukup colokkan USB ke port USB di TV Anda untuk memasok daya ke perangkat Anda. Chromecast dengan Google TV dan Chromecast Ultra yang dihentikan adalah model yang lebih menuntut, jadi mencolokkannya ke port USB TV Anda tidak akan berfungsi.

Langkah Kedua: Pasangkan Remote Anda

Jika Anda membeli Chromecast dengan Google TV, Anda akan diminta untuk menyandingkan remote sebagai segera setelah Chromecast Anda terhubung. Ikuti petunjuk di layar TV Anda.
Masukkan baterai ke remote.Tekan dan tahan panah remote dan tombol home secara bersamaan.Remote akan mulai berkedip jika penyandingan berhasil.
Langkah Ketiga: Hubungkan Dengan Chromecast

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan Chromecast menggunakan Beranda Google. Jangan khawatir; Anda tidak perlu menggunakan aplikasi ini setiap kali menggunakan Chromecast. Namun, ini diperlukan untuk mengonfigurasi Chromecast 3, dan secara signifikan memfasilitasi proses penyiapan Chromecast dengan Google TV juga. Anda memerlukan dua hal untuk langkah ini.
Perangkat pintar, seperti ponsel atau tablet (baik iOS dan Android cocok)Akun Google
Jika Anda siap, ikuti langkah-langkah ini untuk memasangkan perangkat Anda.
Unduh dan luncurkan aplikasi Google Home untuk iOS atau Android di ponsel atau tablet Anda. Tekan simbol “+” dan pilih “Siapkan perangkat” dari menu. Buat rumah dengan mengetuk tanda “+” jika Anda baru menggunakan Google Home. Jika Anda sudah memiliki rumah yang ditambahkan, pilih dari daftar. Aplikasi sekarang akan mencari perangkat di sekitar. Pilih Chromecast Anda dari daftar. Anda dapat memeriksa nama Chromecast di sudut layar TV untuk memastikan Anda memilih perangkat yang tepat. Tekan “Berikutnya”. Selesaikan proses penyandingan dengan salah satu cara berikut. Di Chromecast 3, Anda akan melihat kode muncul di TV dan layar ponsel atau tablet Anda. Jika keduanya sesuai satu sama lain, ketuk “Ya”. Di Chromecast dengan Google TV, Anda akan diminta untuk memindai kode QR di layar TV Anda. Pilih dan beri nama ruangan tempat Chromecast Anda disiapkan dan tekan “Berikutnya”. Sambungkan Chromecast ke jaringan Wi-Fi yang sesuai.Ikuti petunjuk di layar untuk mempersonalisasi setelan Chromecast dan Remote, dan selesai.
Anda juga dapat menyiapkan Chromecast dengan Google TV tanpa aplikasi Google Home. Cukup pilih “Atur di TV sebagai gantinya” di layar awal dan ikuti petunjuknya. Metode ini mungkin sedikit lebih membosankan, tetapi remote akan membantu Anda.

Catatan: Chromecast dan perangkat tempat Anda melakukan transmisi harus tersambung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Pastikan Anda memilih jaringan yang biasanya Anda gunakan dengan perangkat Anda selama proses penyiapan Chromecast.

Langkah Empat: Stream Away

Yang tersisa untuk Anda lakukan adalah menautkan aplikasi media ke Chromecast, dan Anda siap untuk mulai mentransmisi. Mari kita lihat cara menggunakan Chromecast untuk streaming konten di Samsung smart TV.
Buka aplikasi Google Home dan pilih rumah Anda.Ketuk tombol “Media” untuk menambahkan layanan ke Chromecast Anda.Pilih kategori dan tautkan aplikasi yang Anda inginkan untuk mentransmisi.Buka aplikasi yang baru saja Anda tambahkan ke Chromecast.Temukan tombol Chromecast. Tampilannya seperti persegi panjang dengan tiga batang di sudut kiri bawah. Tekan tombol dan pilih TV Anda dari popup untuk mengirim konten langsung ke layar Anda.
Bawa Konten Apa Saja ke Layar TV Anda Dengan Chromecast

Menyiapkan Chromecast adalah proses langsung yang tidak akan memakan banyak waktu jika Anda mengikuti petunjuk yang diuraikan di atas. Setelah diatur, Anda tidak perlu lagi menyipitkan mata ke layar ponsel kecil Anda; Anda akan dapat menonton acara Anda atau konten media lainnya di layar besar TV Anda.

Sudahkah Anda berhasil menyiapkan Chromecast? Layanan mana yang akan Anda tambahkan ke perangkat streaming Anda terlebih dahulu? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.