Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Riwayat Clipboard di Windows 11

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda pernah secara tidak sengaja mengganti sesuatu di clipboard Anda di Windows 11, kami memiliki kabar baik: Riwayat clipboard memungkinkan Anda menyimpan hingga 25 entri yang dapat Anda ambil nanti. Berikut cara mengaktifkan dan menggunakannya.

Untuk memulai riwayat clipboard di Windows 11, tekan Windows+V pada keyboard Anda. Anda akan melihat menu pop-up di sudut dengan pesan yang berbunyi “Ayo mulai. Aktifkan riwayat clipboard untuk menyalin dan melihat banyak item.” Klik “Aktifkan” untuk mengaktifkan riwayat clipboard.

Dengan riwayat clipboard diaktifkan, mulailah menyalin item ke clipboard Anda dengan memilihnya dan menekan Ctrl+C (atau menggunakan menu di aplikasi). Riwayat clipboard mendukung hingga 25 item teks, HTML, atau bitmap berukuran 4 MB atau lebih kecil.

Untuk melihat apa yang telah Anda rekam di riwayat clipboard, tekan Windows+V kapan saja. Item terbaru yang telah Anda atasi ke riwayat akan muncul di bagian atas daftar.

Dalam menu riwayat clipboard yang muncul, Anda dapat menempelkan item apa pun dalam daftar hanya dengan mengkliknya, dan Windows akan memasukkannya ke dalam dokumen atau bidang teks seolah-olah Anda menekan Ctrl+V (atau memilih “Tempel” dari menu.)

Untuk menghapus item dari riwayat clipboard, klik tombol elips (tiga titik) di sebelah item dan pilih ikon tempat sampah yang muncul. Atau jika Anda ingin menghapus semua item dalam riwayat clipboard, pilih tombol “Hapus Semua” yang terletak di atas daftar.

Jika Anda menyalin sesuatu yang sangat penting yang ingin selalu Anda simpan di bagian atas daftar riwayat clipboard (seperti item yang perlu sering Anda tempel), buka riwayat clipboard dan klik ikon pin tekan kecil untuk “menyematkan” item ke daftar.

Anda dapat melepas pin item nanti dengan mengklik ikon pin tekan lagi hingga tidak lagi terisi. Penting perlu diperhatikan bahwa tombol “Hapus Semua” juga menghapus item yang disematkan di daftar riwayat clipboard.

Cara Menonaktifkan Riwayat Clipboard di Windows 11

Untuk mematikan fitur riwayat clipboard di Windows 11 , buka Pengaturan dengan menekan Windows+i pada keyboard Anda. Di Pengaturan, navigasikan ke Sistem > Papan Klip. Di bawah “Riwayat Papan Klip”, balikkan sakelar ke posisi “Tidak Aktif”.

Setelah Anda mematikan riwayat papan klip, jika Anda menekan Windows+V di masa mendatang, Anda akan melihat pesan yang meminta Anda untuk mengaktifkan riwayat papan klip. Begitulah cara Anda mengetahui bahwa itu sepenuhnya dinonaktifkan.

Menggunakan Windows 10 sebagai gantinya? Anda juga dapat menggunakan fitur Riwayat Clipboard yang sama di Windows 10.

Itulah berita seputar Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Riwayat Clipboard di Windows 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.