Cara Mengaktifkan Mode Hemat Baterai di Google Chrome

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Setelah mengaktifkan bendera fitur Chrome, Anda dapat menggunakan mode “Penghemat Energi” di Pengaturan > Kinerja > Penghemat Energi.

Chrome terkenal karena menggunakan banyak sumber daya dan menghabiskan masa pakai baterai perangkat Anda. Google Chrome 108 menambahkan mode “Penghemat Energi” untuk Chrome di Windows, Mac, Linux, dan Chromebook. Kami akan menunjukkan cara kerjanya.

Seperti namanya, “Energy Saver” adalah mode khusus yang dirancang untuk memperpanjang masa pakai baterai sedikit lebih lama. Ini dilakukan dengan membatasi aktivitas latar belakang, efek visual, dan kecepatan bingkai video. Chrome akan terasa sedikit kurang terpoles, tetapi Anda akan mendapatkan lebih banyak daya dari komputer Anda.

Sejak Chrome 108 dirilis pada 29 November 2022, Penghemat Energi berada di belakang bendera fitur Chrome. Kita harus mengaktifkannya sebelum kita dapat menggunakannya. Mari kita mulai.

Peringatan: Bendera Chrome disembunyikan karena suatu alasan. Mereka mungkin tidak berfungsi dengan benar dan dapat berdampak negatif pada kinerja browser Anda. Aktifkan bendera dengan risiko Anda sendiri.

Pertama, buka Chrome di desktop, laptop, atau Chromebook Anda dan ketik chrome://flags di bilah alamat, dan tekan enter.

Ketik “Penghemat Baterai” di kotak telusur untuk memunculkan bendera berjudul “Aktifkan Fitur Mode Penghemat Baterai di Pengaturan.”

Klik menu tarik-turun untuk bendera dan pilih “Diaktifkan.”

Klik “Mulai Ulang” untuk menerapkan perubahan.

Setelah Chrome dimulai ulang, klik ikon menu tiga titik di bagian atas kanan dan pilih “Pengaturan.”

Buka tab “Kinerja” baru dan pastikan “Penghemat Energi” diaktifkan. Anda akan melihat dua opsi “Penghemat Energi”:

Aktifkan hanya saat baterai saya 20% atau lebih rendah.Aktifkan saat komputer saya dicabut.

Catatan: Jika Anda tidak melihat opsi “Penghemat Energi” di ” Performance”, itu tidak tersedia di perangkat Anda. Kami memeriksanya di tiga perangkat yang menjalankan Chrome 108, dan sementara tab “Kinerja” muncul di ketiganya, fitur tersebut hanya ada di satu.

Hanya itu saja. Anda tidak perlu me-restart browser setiap kali Anda mengubah pengaturan ini. Ini fitur yang sangat mirip dengan mode Penghemat Baterai di perangkat Android. Chrome dapat membebani baterai komputer Anda, dan ini memberi Anda sedikit lebih banyak bantuan untuk melawannya.

Disadur dari HowToGeek.com.