Cara Mengaktifkan Private DNS Aman di Android

Hampir semua yang Anda lakukan di internet dimulai dengan kueri DNS, jadi komunikasi yang aman dengan penyedia DNS sangat penting. Di sinilah fitur DNS Pribadi Android berperan.

Apa Itu Private DNS di Android?

DNS adalah blok pembangun internet modern. Ini berfungsi sebagai direktori atau buku telepon dan membantu Anda menjangkau ke mana pun Anda ingin pergi di web.

Misalnya, ketika Anda ingin mengunjungi emka.web.id, Anda cukup mengetik emka.web.id di bilah alamat browser web. Namun, sayangnya, browser web Anda tidak tahu cara mengakses emka.web.id.

Di situlah DNS berperan. Browser web Anda meminta server DNS, biasanya dijalankan oleh penyedia layanan internet (ISP) atau jaringan seluler Anda, yang mengubah nama domain howtogeek.com menjadi alamat IP, seperti 151.101.2.217. Dengan alamat IP di tangan, browser web Anda sekarang dapat terhubung ke sumber daya favorit Anda untuk artikel petunjuk.

Tetapi secara tradisional, kueri DNS dan tanggapannya dikirim tanpa keamanan atau enkripsi apa pun, membuat mereka rentan terhadap penyadapan atau serangan man-in-the-middle. Jadi, protokol DNS baru—DNS melalui TLS—diperkenalkan. Ini menciptakan saluran aman antara browser web Anda dan server DNS dan melindungi lalu lintas DNS Anda dari pengintaian dan pihak ketiga yang jahat. DNS over TLS bukan satu-satunya protokol DNS yang aman, DNS over HTTPS adalah protokol lain yang digunakan secara luas.

Google telah menghadirkan dukungan DNS over TLS ke Android dengan memperkenalkan fitur DNS Pribadi. Ini tersedia di Android 9 (Pie) dan lebih tinggi, dan mengenkripsi semua lalu lintas DNS di telepon, termasuk dari apps.

Fitur ini diaktifkan secara default dan menggunakan saluran aman untuk terhubung ke server DNS jika server mendukungnya. Tetapi jika ISP atau DNS penyedia layanan seluler Anda tidak memiliki dukungan DNS terenkripsi, atau Anda tidak yakin tentang hal itu, Anda dapat menggunakan server DNS aman pihak ketiga menggunakan fitur DNS Pribadi. Berikut cara mengaktifkan, menonaktifkan, atau menggunakan penyedia DNS pribadi di Android.

Cara Mengelola Fitur DNS Pribadi di Android

Perlu diingat bahwa bergantung pada model Android Anda, jalur dan label yang tepat mungkin berbeda. Namun, proses dasarnya tetap sama.

Untuk mengelola opsi DNS Pribadi, geser ke bawah dari atas perangkat Anda untuk mengakses bayangan pemberitahuan dan ketuk ikon roda gigi. Ini akan membawa Anda ke pengaturan perangkat. Anda juga dapat mencapai halaman pengaturan dari laci aplikasi.

  • Setelah Anda berada di pengaturan, ketuk “Jaringan & Internet.” Tergantung pada perangkat Anda, ini mungkin memiliki nama yang sedikit berbeda, seperti “Koneksi.”
  • Sekarang ketuk “DNS Pribadi” untuk mengelola fitur. Jika Anda tidak segera melihat opsi “Private DNS”, Anda mungkin harus mengetuk “More Connection Settings” atau “Advanced.”
  • Anda akan mendapatkan tiga opsi: Off, Automatic, dan Private DNS provider hostname. Anda dapat memilih “Nonaktif” untuk berhenti menggunakan DNS melalui TLS, “Otomatis” untuk menggunakan DNS terenkripsi bila tersedia, atau menulis nama host penyedia DNS pribadi untuk menggunakan DNS terenkripsi dari penyedia tersebut. Ingat, alih-alih IP server DNS, Anda memerlukan nama host.

Setelah selesai, ketuk “Simpan” untuk menerapkan perubahan.

Seperti dijelaskan di atas, fitur DNS Pribadi Android membawa dukungan DNS melalui TLS ke platform. Sayangnya, sementara opsi “Otomatis” menggunakan DNS aman jika tersedia, Anda bergantung pada ISP atau penyedia layanan seluler Anda untuk menawarkan dukungan DNS terenkripsi. ISP Anda mungkin tidak ingin melakukan itu.

Tapi ada cara mudah untuk memeriksanya. Anda dapat mengonfirmasi apakah penyedia internet Anda mendukung protokol TLS untuk enkripsi DNS dengan menggunakan Tes Privasi Browser Tenta milik perusahaan Avast. Ini menunjukkan apakah DNS ISP Anda diaktifkan TLS atau tidak.

Jika Anda ingin memastikan bahwa kueri DNS ponsel Anda tetap aman dan terenkripsi, sebaiknya gunakan Google Public DNS atau Cloudflare. Anda juga dapat melihat panduan kami untuk memilih penyedia DNS dengan PC Anda, atau lihat daftar penyedia DNS publik yang lebih lengkap dengan dukungan enkripsi di situs web Proyek Privasi DNS.

Itulah berita seputar Cara Mengaktifkan DNS Pribadi Aman di Android, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.