Cara Mengaktifkan TPM di

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi PC Anda untuk melakukan upgrade ke Windows 11. Salah satunya adalah Trusted Platform Module (TPM) 2.0. Sistem ini penting untuk berbagai fitur keamanan, seperti Windows Hello dan BitLocker. Itu juga menyimpan kata sandi, sertifikat, dan kunci enkripsi untuk melindungi dari serangan dan peretas berbasis perangkat lunak.

Sebagian besar perangkat dapat menjalankan TPM, tetapi mungkin tidak diaktifkan pada perangkat Anda. Panduan ini akan menunjukkan kepada Anda cara mengaktifkan fitur penting ini dan memastikan transisi yang mulus ke Windows 11.

Cara Mengaktifkan TPM di Windows 11

Mengaktifkan TMP seharusnya tidak terlalu sulit, tetapi Anda tidak dapat mengakses fitur ini dari desktop. Sebagai gantinya, Anda harus melakukannya sebelum Windows 11 dimulai dengan menavigasi ke BIOS motherboard Anda. Inilah yang melibatkan proses pada motherboard Intel:
Press F2 atau tombol Hapus saat startup. Jika Anda berhasil masuk ke layar pemuatan, mulai ulang perangkat. Jika bagian BIOS berjalan dalam Mode Mudah, ubah ke Mode Lanjutan dengan mengklik opsi ini di bilah sisi atau menekan F2.Klik dua kali tab “Lain-lain”. Arahkan ke fitur TPM. Pada motherboard Intel, fitur ini akan muncul sebagai “Intel PTT (Platform Trust Technology).” Klik opsi ini. Buka menu tarik-turun Anda dan tekan “Aktifkan.” Simpan perubahan Anda, tekan Keluar, dan mulai ulang komputer untuk menyelesaikan proses.
TPM seharusnya berfungsi dengan benar di PC Anda sekarang, tetapi Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil beberapa langkah tambahan untuk memastikan pemasangan yang aman. Lebih khusus lagi, Anda harus mengaktifkan fitur Boot Aman:
Tekan “Del” atau F2 selama startup untuk mengakses pengaturan BIOS. Pilih Mode Lanjutan atau tekan tombol F2. Buka bagian atas layar Anda dan pilih “Boot.” Pilih ” Secure Boot.” Klik prompt untuk mengaktifkan fitur dan ubah ke “Enabled.” Simpan perubahan, tinggalkan BIOS, dan restart perangkat untuk menyelesaikan tugas.
Lakukan langkah-langkah ini jika Anda ingin memverifikasi TMP Anda diaktifkan:
Log into akun Windows Anda. Klik kanan tombol Start. Buka “Device Manager” Klik “Security Devices.” Jika Anda telah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, TPM 2.0 akan muncul di jendela ini.
Cara Mengaktifkan TPM di Windows 11 pada ASUS

Langkah-langkah sebelumnya harus dilakukan untuk sebagian besar komputer. Yang mengatakan, mengaktifkan TPM mungkin bekerja sedikit berbeda pada merek tertentu. Inilah yang mungkin perlu Anda lakukan pada PC ASUS dengan motherboard Intel untuk mengaktifkan TPM:
Tekan tombol Hapus saat logo ROG atau ASUS Anda muncul untuk mengakses pengaturan BIOS. Buka halaman Konfigurasi lanjutan. Aktifkan “PTT.”Jika jendela pemberitahuan muncul, tekan “OK,” dan tekan F10 untuk menyimpan perubahan dan restart PC Anda.
Aktivasinya serupa jika Anda menjalankan motherboard AMD:
Tekan “Delete” ketika logo muncul untuk mencapai BIOS Anda.Luncurkan Halaman konfigurasi lanjutan. Navigasikan ke bagian Perangkat TPM dan aktifkan “Firmware TPM.” Simpan perubahan Anda dengan menekan F10.
Cara Mengaktifkan TPM di Windows 11 pada DELL

DELL, pengguna tidak akan kesulitan mengaktifkan TPM, apa pun modelnya:

XPS, Vostro, Precision, OptiPlex, dan Latitude
Reboot komputer. Tunggu hingga logo muncul dan tekan F2. Ini akan membawa Anda ke bagian BIOS. Tergantung pada modelnya, Anda mungkin dapat menavigasinya dengan mouse Anda. Jika tidak, Anda harus menggunakan tombol panah kanan atau kiri dan memilih opsi dengan tombol Enter. Perluas “Keamanan” dan pilih “Keamanan TPM 2.0.” Aktifkan fitur dan tekan “Terapkan.” Tekan tombol “Keluar”, dan Anda harus melakukannya dengan baik.
Alienware
Restart PC dan tekan F2 ketika Anda melihat logo.Pilih Security dan atur fitur “Firmware TPM” ke “Enabled.” Keluar dan simpan perubahan. Anda juga dapat menekan F10 untuk menyimpan perubahan dan meninggalkan bagian tersebut secara otomatis.
Inspirion
Reboot perangkat Anda.Tunggu hingga logo muncul sebelum menekan F2.Pilih “Keamanan.” Buka bagian “Teknologi Kepercayaan” dan alihkan ke “Aktif. ”
Models With Aptio Setup Utility
Restart komputer dan akses BIOS. Buka “Security” dan temukan “Firmware TPM.” Pilih “Enabled” dan tekan tombol Enter. Gunakan prompt untuk menerapkan perubahan Anda, atau tekan F10 dan tekan “Yes ” untuk keluar dari bagian. Tekan Enter sekali lagi, dan TPM akan aktif dan berjalan.
HP

Mengaktifkan TPM di komputer HP relatif mudah:
Nyalakan PC Anda.Tekan F10 untuk meluncurkan BIOS.Buka bagian “Keamanan” dan periksa apakah status TPM disembunyikan. Jika demikian, alihkan ke “Tersedia” dan ubah ke “Diaktifkan.” Keluar dengan menekan F10 dan tekan tombol “Ya” untuk menyimpan perubahan Anda. Jika diminta, gunakan F1 untuk mengonfirmasi perubahan Anda dan reboot PC Anda.
Lenovo

Komputer Lenovo dikenal dengan antarmuka yang intuitif. Akibatnya, meluncurkan bagian BIOS dan mengubah pengaturan TPM seharusnya mudah dilakukan. Perbedaan utama adalah bahwa Anda dapat melakukannya setelah Windows Anda dijalankan:
Ketik “Opsi pemulihan” di kotak pencarian Windows Anda dan klik. Buka “Pengaturan Lanjut” dan tekan “Mulai Ulang Sekarang.” Tunggu hingga opsi dimuat dan klik ” Troubleshoot.” Pilih “Advanced Options,” diikuti oleh “UEFI Firmware Settings” dan “Restart.” Buka bagian “Security” dan pilih “Security Chip.” Pastikan Security Chip Anda adalah TPM dan aktifkan.
Mengapa Anda Perlu TPM di Windows 11?

Anda mungkin dapat menggunakan Windows 11 dengan nyaman tanpa beberapa fitur, tetapi TPM sangat diperlukan. Microsoft memerlukannya karena memainkan peran keamanan yang sangat penting.

Platform ini menawarkan beberapa properti yang tidak dapat diberikan oleh penyedia CNG khusus perangkat lunak, seperti perlindungan kunci. Ini menciptakan kunci terbatas dan memungkinkan OS Anda untuk menggunakannya tanpa menyalinnya ke memori PC, di mana mereka akan rentan terhadap malware. Itu juga dapat menghasilkan kunci yang tidak dapat dilepas yang unik dan hanya berada di dalam sistem.

Selain itu, platform dapat mengimpor kode tanpa membuat lebih banyak salinan yang dapat menyebabkan ancaman keamanan. Hal ini membuat TPM lebih unggul daripada solusi perangkat lunak pihak ketiga yang rentan terhadap berbagai serangan rekayasa balik. Penyerang potensial tidak dapat membuat salinan kunci Anda karena mereka tidak dapat mengakses memori PC Anda.

Hal hebat lainnya tentang TPM adalah ia menyediakan perlindungan serangan kamus yang andal. Kunci yang dilindungi oleh TPM Anda sering kali memerlukan nilai otorisasi, seperti PIN. Dengan perlindungan serangan kamus yang kuat, TPM menjaga keamanan data Anda jika mendeteksi terlalu banyak upaya untuk menentukan PIN Anda. Setelah penyerang melakukan terlalu banyak upaya, sistem menghentikan mereka untuk menebak untuk jangka waktu tertentu.

Solusi pihak ketiga mungkin menawarkan fitur serupa, tetapi mereka tidak dapat menjamin perlindungan yang sama. Ini terutama benar jika PC dihidupkan ulang, jam berubah, atau file di hard drive diputar kembali.

Terlebih lagi, perlindungan serangan kamus memungkinkan Anda menggunakan nilai otorisasi yang lebih pendek tanpa mengurangi tingkat keamanan. Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih mudah mengingat PIN dan menggunakan PC dengan nyaman, mengetahui bahwa TPM mendukung Anda.

Anda Tidak Akan Pernah Memiliki Terlalu Banyak Keamanan

Serangan malware dapat terjadi kapan saja dan menyebabkan hilangnya data yang tidak dapat dipulihkan. Dengan TPM diaktifkan, kemungkinan ini sangat kecil. Gunakan langkah-langkah di atas untuk mengaktifkan fitur ini, tergantung pada perangkat Anda, dan Anda akan dapat menggunakan Windows 11 dengan aman.

Seberapa sulitkah menavigasi BIOS PC Anda? Apakah PC Anda memenuhi persyaratan lain untuk Windows 11? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.