Cara Mengatur Bluetooth di Linux

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Terkadang distribusi Linux Anda tidak mendeteksi perangkat keras Bluetooth laptop Anda. Atau mungkin Anda ingin menambahkan dongle USB Bluetooth ke komputer desktop. Either way, inilah cara membuat Bluetooth berfungsi.

Bluetooth dinamai raja Denmark abad ke-10, Harald Bluetooth. Dia dikenal sebagai raja pemersatu. Dengan mendorong komunikasi antara banyak faksi yang berbeda, ia mengkonsolidasikan negara di bawah Christianity.

Ericsson merilis Bluetooth, standar komunikasi nirkabel jarak pendek pada tahun 1998. Kernel Linux pertama kali mendukung fungsionalitas Bluetooth pada tahun 2001, dengan dukungan penuh datang pada tahun 2005. Saat ini, Bluetooth dapat digunakan untuk menghubungkan semua jenis perangkat ke komputer Anda, termasuk smartphone, headset, speaker, keyboard, mouse, dan printer.

Meskipun Bluetooth menjadi standar yang matang dan mapan, terkadang perangkat keras Bluetooth di laptop Anda tidak dikenali atau terdeteksi selama instalasi distribusi Linux pilihan Anda. Itu bukan penghenti pertunjukan; Anda dapat menambahkan perangkat lunak yang diperlukan untuk kemampuan Bluetooth secara manual.

Jika komputer Anda tidak memiliki perangkat keras Bluetooth terintegrasi, Anda harus menggunakan adaptor atau dongle USB eksternal, dan memasang tumpukan perangkat lunak Bluetooth yang diperlukan. Mencari salah satu yang telah dikomentari oleh pengguna Linux lainnya dan memberikan umpan balik positif, seperti Panda Nano Adapter, adalah langkah yang bijaksana.

Resmi Rangkaian perangkat lunak Bluetooth Linux adalah BlueZ, dibuat dan dikelola oleh BlueZ Project. Blueman adalah proyek independen yang menyediakan front-end untuk BlueZ.

Menginstal Perangkat Lunak

Kita perlu menginstal BlueZ dan utilitas terkaitnya. Kita juga perlu menginstal Blueman, yang dikemas secara terpisah.

Kita dapat menginstal BlueZ di Ubuntu seperti ini (perhatikan tanda bintang “*“):

sudo apt install bluez*

Untuk menginstal Blueman, gunakan perintah ini:

sudo apt install blueman

Di Fedora, Anda perlu mengetik:

sudo dnf install bluez bluez-tools

Install Blueman seperti ini:

sudo dnf install blueman

Di Manjaro paket-paketnya disebut:

sudo pacman -S bluez bluez-utils

Ini akan menginstal Bluetooth dbspsudo pacman untuk Anda Bluetooth2p

tersedia setiap kali Anda mem-boot komputer Anda, kami perlu mengaktifkan dan memulai bluetooth.service, daemon konektivitas Bluetooth tersebut. Kami melakukan ini dengan systemctl.

Mengaktifkan layanan berarti itu akan dimulai dengan setiap boot komputer Anda. Memulai layanan membuatnya langsung berjalan, sehingga Anda dapat menggunakan Bluetooth tanpa harus me-reboot komputer Anda.

sudo systemctl enable bluetooth.service
sudo systemctl start bluetooth.service

Memeriksa Status

Kita dapat memeriksa apakah Bluetooth aktif dan berjalan menggunakan perintah rfkill. Perintah yang terdengar menakutkan ini memungkinkan kita memeriksa kesehatan dan status komunikasi nirkabel, dan Bluetooth termasuk dalam kategori itu.

Menggunakan rfkill tanpa parameter baris perintah apa pun mencantumkan adaptor nirkabel, dan menunjukkan apakah adaptor nirkabel diblokir atau tidak diblokir.

rfkill

Kita dapat melihat bahwa Bluetooth ada, tapi diblokir. Kami dapat mengatasinya menggunakan rfkill dengan opsi buka blokirnya. Tentu saja, Anda mungkin menemukan bahwa adaptor Anda tidak diblokir, dalam hal ini Anda tidak perlu melakukan langkah berikutnya.

Sekarang kita dapat memeriksa statusnya sekali lagi.

Adaptor Bluetooth sekarang tidak diblokir, jadi kita bisa melanjutkan dan mulai menggunakan Bluetooth.

Menggunakan Bluetooth di GNOME

Di GNOME, fungsionalitas Bluetooth dapat diakses dari menu sistem. Saat perangkat keras Bluetooth aktif terdeteksi, item menu “Bluetooth” baru akan muncul.

Memperluas item menu akan menampilkan dua opsi. Anda dapat mematikan atau menghidupkan Bluetooth, dan Anda dapat mengakses pengaturan Bluetooth. Ini akan membuka aplikasi “Pengaturan” biasa dan membawa Anda ke panel “Bluetooth”. Laptop kami menemukan perangkat dan mendaftarkannya sebagai perangkat Bluetooth di sekitar laptop. Sudah terdeteksi, tetapi tidak dipasangkan ke laptop. Statusnya dilaporkan sebagai “Not set up.”

Mengklik teks “Not set up” memulai proses koneksi. Dalam kasus kami, perangkat berkomunikasi dan terhubung. Beberapa perangkat mengirim nomor kode ke komputer, yang ditampilkan GNOME. Jika demikian, Anda perlu mengklik tombol “Terima” atau “Hubungkan” di notifikasi yang menampilkan kode.

Dalam kasus kami, ada beberapa bunyi bip dan perangkat terhubung. Statusnya diperbarui di aplikasi “Pengaturan”. Mengklik di mana saja pada bilah berbayang abu-abu di sekitar perangkat Bluetooth akan membuka jendela opsi.

Ini memberi Anda beberapa informasi tentang perangkat yang terhubung. Ada tombol slider yang memungkinkan Anda untuk menghidupkan atau mematikan koneksi, dan tombol “Hapus Perangkat” yang akan menghapus perangkat dari pengaturan Bluetooth Anda sama sekali. Komputer Anda akan melupakan segala sesuatu tentang perangkat. Anda harus menyambungkannya kembali jika ingin menggunakannya di masa mendatang.

Jika ada lebih banyak pengaturan yang tersedia untuk perangkat Anda—itu tergantung pada kategori perangkat, dan fungsi apa yang telah disediakan oleh produsen perangkat melalui antarmuka Bluetooth mereka —akan ada tombol yang memungkinkan Anda mengaksesnya.

Karena perangkat kami adalah headset, pengaturan mengontrol output audio perangkat. Tombol kami diberi label “Pengaturan Suara.” Mengklik tombol “Pengaturan Suara” membuka dialog dengan pengaturan audio di dalamnya.

Menggunakan Blueman

Jika Anda tidak menggunakan GNOME sebagai lingkungan desktop Anda, kemungkinan ada beberapa integrasi fungsi Bluetooth di desktop pilihan Anda. Jika tidak, Anda dapat menggunakan Blueman untuk mengelola koneksi Bluetooth Anda. Atau mungkin Anda mengelola kumpulan komputer Linux, dengan lingkungan desktop yang berbeda di dalamnya. Menggunakan Blueman memungkinkan Anda untuk memiliki pengalaman manajemen yang konsisten di semuanya.

Blueman adalah kependekan dari Bluetooth Manager. Luncurkan aplikasi Blueman di GNOME dengan menekan tombol “Super”, biasanya terletak di antara tombol kiri “Ctrl” dan “Alt”, dan ketik “blue.”

Ikon Blueman akan muncul. Klik untuk meluncurkan aplikasi. Aplikasi Blueman akan muncul.

Kami telah memutuskan sambungan headset Bluetooth kami, dan telah menyetelnya ke “dapat ditemukan”. Mengklik tombol “Cari” di bilah alat Blueman memulai pencarian perangkat Bluetooth terdekat.

Headset kami ditemukan dan terdaftar. Perangkat Anda akan terdaftar dengan nama atau label yang memberi tahu Anda apa itu. Mengklik entrinya di daftar perangkat, lalu mengklik tombol “Buat Pemasangan” berbentuk kunci akan memulai proses pemasangan dan penyambungan.

Anda dapat melakukan hal yang sama dengan mengeklik kanan daftar perangkat dan memilih “Hubungkan” dari menu konteks .

Ketika perangkat terhubung, simbol kunci yang sangat kecil ditambahkan ke ikonnya di daftar perangkat Blueman, dan satu set ikon ditambahkan ke ujung kanan entri perangkat, menunjukkan berbagai layanan yang dapat digunakan koneksi Bluetooth.

Jika perangkat mengirim kode pasangan ke komputer Anda, itu akan ditampilkan dalam pemberitahuan atau dialog kecil. Jika ini terjadi, klik tombol di dialog berlabel “Terima”, “Pasangkan”, “Sambungkan”, atau yang serupa.

Menggunakan Lebih dari Satu Adaptor Bluetooth

Dimungkinkan untuk menggunakan lebih dari satu adaptor Bluetooth sekaligus. Ada perangkat keras Bluetooth bawaan di laptop yang kami gunakan untuk meneliti artikel ini, tetapi kami pikir kami akan menambahkan adaptor USB eksternal lain untuk melihat cara penanganannya.

Perangkat keras Bluetooth bawaan diidentifikasi di “Adaptor” menu menggunakan nama laptop, “acheron.”

Ketika adaptor Bluetooth eksternal dicolokkan ke port USB, adaptor tersebut ditambahkan ke menu “Adaptor” sebagai “acheron #2.”

Ini memungkinkan Anda berpindah antar adaptor dengan cepat. Anda dapat memilih untuk menghubungkan beberapa perangkat ke adaptor Bluetooth internal dan beberapa perangkat terhubung ke adaptor eksternal. Saat Anda memilih adaptor dari menu, Anda hanya akan melihat perangkat yang terhubung ke adaptor itu.

Menggunakan Bluetooth di Linux jauh lebih mudah daripada sebelumnya. Cepat dan mudah diatur dan tidak menyakitkan untuk terhubung ke perangkat. Baik untuk terhubung, seperti yang mungkin pernah dikatakan King Harald.

Itulah berita seputar Cara Mengatur Bluetooth di Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.