Cara Mengatur Gateway Default di Linux

Akses ke internet—atau jaringan lainnya—diatur oleh gateway default. Kami menjelaskan apa itu gateway default, dan cara menyetel dan mengubahnya di komputer Linux Anda.

Gateway Default

Semua perangkat di rumah Anda yang terhubung ke internet seperti laptop, komputer desktop, ponsel, tablet, dan perangkat pintar sebenarnya terhubung ke jaringan area lokal (LAN).

Karena mereka berada di jaringan yang sama, perangkat ini dapat berbicara satu sama lain jika perlu. Sebagian besar senang melakukan hal mereka sendiri dan beroperasi secara terpisah tetapi jika Anda memiliki printer, misalnya, atau perangkat penyimpanan yang terhubung ke jaringan, maka beberapa perangkat Anda yang lain akan ingin dapat terhubung dengannya.

Semua jaringan Anda -Peralatan yang diaktifkan terhubung ke router Anda melalui Wi-Fi atau melalui kabel jaringan. Router Anda adalah pengontrol lalu lintas untuk jaringan Anda. Ini mengarahkan lalu lintas jaringan dari perangkat ke perangkat. Lalu lintas dari setiap perangkat menuju ke router, router menentukan perangkat mana yang akan dituju data, dan mengirimkannya ke perangkat target.

Router Anda adalah satu-satunya bagian dari jaringan Anda yang benar-benar terhubung ke internet. Segala sesuatu yang lain berbicara ke router Anda dan koneksi perantara router ke internet. Tanggapan dari layanan berbasis internet seperti server surat atau situs web diterima oleh router. Kemudian meneruskannya ke perangkat yang sesuai di dalam jaringan Anda.

Jadi, selain mengarahkan lalu lintas di sekitar jaringan Anda, router Anda juga mengontrol aliran data ke dan dari internet. Ini adalah pengontrol lalu lintas dan pintu gerbang ke jaringan lain. Bagi kebanyakan orang, satu-satunya jaringan lain yang menjadi perhatian mereka adalah internet.

Perangkat yang mengirimkan lalu lintas disebut perangkat asal. Pada jaringan yang lebih besar, perangkat asal memutuskan router mana yang akan digunakan. Jika tidak menentukan preferensi — atau jika hanya ada satu router — gateway default digunakan. Pada sebagian besar jaringan rumah, biasanya terdapat satu router yang berisi satu gateway.

Mengonfigurasi Gateway Default

Biasanya, gateway dikonfigurasi saat sistem operasi Anda diinstal. Terkadang Anda mungkin memiliki komputer yang telah digunakan di jaringan berbeda yang perlu Anda konfigurasi ulang gatewaynya, atau Anda mungkin perlu mengarahkan mesin tertentu ke gateway yang berbeda. Mungkin Anda memiliki jaringan dengan sub-jaringan yang berbeda dan Anda memiliki gateway yang bertindak sebagai perantara.

Metode yang lebih disukai untuk bekerja dengan rute di Linux adalah melalui perintah ip. Perintah lain seperti ifconfig dianggap usang.

Dengan perintah ip Anda dapat mengetahui apa pengaturan default gateway, dan Anda dapat menambah atau menghapus gateway default.

Menemukan Default Gateway

Untuk melihat rute yang dikonfigurasi di komputer Linux gunakan perintah ip dengan objek rute. Anda dapat menambahkan opsi daftar, tetapi karena daftar adalah tindakan default, itu dapat dihilangkan. Dan untuk lebih menyimpan penekanan tombol, “r” dapat digunakan sebagai pengganti kata “route”.

ip route listip r

Salah satu rute akan memiliki kata “default” di dalamnya. Itu default route ke default gateway.

Terkadang route bisa ditambah dan dihapus secara otomatis. Menggunakan perintah ip r pada komputer yang sama menghasilkan hasil yang berbeda ketika kita membuka koneksi VPN. Itu menciptakan terowongan pribadi untuk lalu lintas jaringan itu.

Kita dapat melihat entri baru memiliki nama perangkat “dev” “tun0”, yang berarti terowongan nol.

Jika Anda memiliki banyak rute yang diatur, akan lebih mudah untuk mengekstrak rute default menggunakan grep.

ip r | grep default

Menghapus Gateway Default

Sebenarnya, yang kami lakukan adalah menghapus rute yang memandu lalu lintas ke gateway default. Kita dapat menggunakan perintah ip dengan objek rute dan opsi hapus. Untuk membuat perubahan pada tabel perutean kita perlu menggunakan Sudo . Kami akan menghapus rute default dan kemudian mencantumkan rute.

sudo ip route delete defaultip r

Entri gateway default telah dihapus.

Menambahkan Gateway Default

Untuk menambahkan gateway default, kami menggunakan opsi tambah dengan objek rute.

Kami akan menambahkan rute yang disebut “default” yang mengarahkan lalu lintas ke router di 192.168.1.1, dan kami akan mengirimkan lalu lintas itu melalui antarmuka jaringan “enp0s3.”

sudo ip route add default via 192.168.1.1 dev enp0s3ip r

Membuat Perubahan Perutean Persistent

Perubahan yang kami lakukan ‘telah membuat sejauh ini mengambil efek instan, tetapi mereka tidak bertahan reboot komputer. Untuk membuat perubahan Anda permanen memerlukan memodifikasi beberapa file konfigurasi. Tekniknya berbeda dari distro Linux ke distro Linux.

Ubuntu

Di Ubuntu, Anda dapat menggunakan perintah netplan dan file konfigurasi.

sudo gedit /etc/netplan/01-network-manager-all.yaml

Tambahkan teks yang dimulai dari “ethernets” ke file konfigurasi . Perhatikan bahwa spasi itu penting. Pastikan setiap tingkat lekukan berturut-turut adalah dua spasi, dan berhati-hatilah untuk menyertakan tanda hubung ” -” di baris “- ke:”. Ini akan menetapkan rute default ke router di 192.168.1.1. Ganti ini dengan alamat IP untuk jaringan Anda.

Simpan file dan tutup editor Anda.

Untuk menerapkan perubahan, gunakan perintah netplan dengan opsi terapkan:

sudo netplan apply

Dikembalikan ke baris perintah secara diam-diam berarti perubahan telah diterima. Jika Anda ingin menguji perubahan sebelum diterapkan, gunakan perintah netplan dengan opsi try.

sudo netplan try

Ini memberi Anda waktu untuk menguji perubahan Anda. Tekan tombol “Enter” untuk melakukan perubahan. Jika Anda tidak menekan tombol “Enter” dalam waktu dua menit, waktu proses akan habis dan pengeditan Anda tidak akan diterapkan. Mereka masih dalam file konfigurasi, tetapi belum diterapkan ke pengaturan jaringan Anda.

Fedora

Di Fedora, kita perlu mengedit file “/etc/sysconfig/network”, dan menambahkan atau mengedit baris “GATEWAY=” .

sudo gedit /etc/sysconf/networks

File mungkin kosong atau mungkin berisi pengaturan lain. Temukan dan edit baris “GATEWAY=” atau tambahkan. Ganti alamat IP dengan yang benar untuk jaringan Anda.

Simpan file dan tutup editor.

Manjaro

Dengan Manjaro kita perlu mengedit atau membuat file yang dinamai antarmuka jaringan yang Anda atur gateway defaultnya. File memiliki ekstensi “.network”, dan nama filenya sama dengan antarmuka jaringan.

Pertama, kita perlu menghentikan daemon manajer jaringan:

sudo systemctl stop NetworkManager.service

Kita dapat menemukan nama antarmuka menggunakan ip addr command:

ip addrr

Nama antarmuka kita adalah “enp0s3”.

Kita harus menggunakan ini di perintah berikutnya.

sudo gedit /etc/systemd/network/enp0s3.network

Mungkin sudah ada entri dalam file, atau mungkin sudah kosong sama sekali. Pastikan dua baris ini muncul di file. Ganti alamat IP gateway dan nama antarmuka jaringan yang sesuai dengan komputer dan jaringan Anda.

Simpan file dan tutup editor, lalu restart network manager daemon.

sudo systemctl start NetworkManager.service

Anda Mungkin Tidak Sering Mengubahnya

Tetapi ketika Anda perlu Anda akan merasa mudah. Membuat perubahan terus-menerus di seluruh reboot sedikit lebih terlibat, tetapi masih tidak terlalu sulit.

Itulah berita seputar Cara Mengatur Gateway Default di Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.