Cara Mengatur Jadwal Janji Temu di Google Kalender

sdx15/Shutterstock.com

Jika Anda memiliki bisnis atau layanan yang memungkinkan klien dan pelanggan untuk membuat janji dengan Anda, lihat fitur Jadwal Janji di Google Kalender.

Berbeda dari Slot Janji Google Kalender, Jadwal Janji memungkinkan Anda membuat dan bagikan halaman untuk membuat janji temu. Anda dapat bertemu langsung, melalui panggilan telepon, atau menggunakan Google Meet. Selain itu, Anda dan klien Anda menerima pemberitahuan email sebagai konfirmasi dan pengingat.

Jadwal Janji Temu di Google Kalender memiliki banyak pengaturan. Jadi, mari kita periksa dasar-dasar fitur tersebut sehingga Anda dapat mulai menggunakannya!

Ketersediaan Jadwal Janji

Seperti banyak fitur Kalender Google lainnya, Jadwal Janji Temu terbatas pada jenis akun dan platform tertentu. Silakan periksa hal berikut jika Anda tertarik untuk menggunakan Jadwal Janji Temu.

Individu dapat menggunakan fitur tersebut jika berlangganan Google Workspace Individual.Akun Pemula Bisnis tidak memiliki akses ke fitur tersebut.Mereka yang memiliki akun Google Kalender untuk kantor atau sekolah dapat menggunakan baik Jadwal Janji atau Slot Janji.Saat ini Anda hanya dapat mengatur Jadwal Janji di Google Kalender di web.Aktifkan Jadwal Janji

Jika Anda biasanya melihat Slot Janji saat membuat acara di Google Kalender, Anda dapat mengaktifkan fitur Jadwal Janji di tempatnya.

TERKAIT:Cara Menggunakan Slot Janji Temu di Google Kalender

Buka ke Google Kalender dan masuk. Klik ikon roda gigi di bagian atas dan pilih “Pengaturan.”

Advertisement

Dalam navigasi di sebelah kiri, pilih “Jadwal Janji”. Kemudian, centang kotak Buat Jadwal Janji Temu Bukan Slot Janji Temu.

Anda dapat menghapus centang kotak ini kapan saja untuk menggunakan Slot Janji Temu lagi.

Menyiapkan Jadwal Janji Temu

Sekarang Anda dapat mulai menyiapkan Jadwal Janji Temu salah satu dari dua cara.

Klik “Buat ” di kiri atas dan pilih “Jadwal Janji”.

Atau, klik tanggal dan waktu di Google Kalender Anda dan pilih tab Jadwal Janji. Tandai opsi untuk Buat Jadwal Janji Temu Baru, tambahkan judul, dan klik “Lanjutkan.”

Advertisement

Anda kemudian akan melihat bilah samping Jadwal Janji yang Dapat Dipesan muncul di sebelah kiri. Di sinilah Anda akan mengonfigurasi setiap pengaturan untuk pemesanan Anda.

Durasi Janji Temu

Janji setidaknya harus berdurasi 30 menit. Gunakan kotak drop-down untuk memilih berapa lama Anda ingin setiap janji temu. Gunakan opsi Kustom untuk jangka waktu tertentu.

Ketersediaan Umum

Anda memiliki fleksibilitas penuh untuk Jadwal Janji Temu Anda. Anda akan melihat hari-hari dalam seminggu yang tercantum di mana Anda dapat memilih jangka waktu untuk setiap hari atau hanya hari-hari tertentu. Untuk menambahkan hari, klik tanda plus dan untuk menghapusnya, klik lingkaran dengan garis yang melewatinya. Untuk menghemat waktu, Anda dapat mengatur satu hari dan menyalin jangka waktu ke hari lainnya, menggunakan ikon salin.

Selain itu, Anda dapat mengulang Jadwal Janji Temu setiap minggu jika Anda mau. Klik kotak tarik-turun di bagian atas bagian dan pilih “Ulangi Mingguan.”

TERKAIT:Cara Menambah, Mengedit, atau Menghapus Acara Berulang di Google Kalender

Lokasi dan Konferensi

Pilih lokasi untuk janji Anda. Anda dapat memilih Konferensi Video Google Meet, Pertemuan Langsung, atau Panggilan Telepon. Anda juga memiliki opsi untuk memilih Tidak Ada jika Anda ingin menentukan lokasi nanti.

Description

Anda dapat menambahkan deskripsi yang muncul di halaman pemesanan Anda dan di konfirmasi email kepada klien atau pelanggan Anda secara opsional. Anda dapat menyertakan penjelasan tentang layanan Anda, menyebutkan email pengingat yang diterima seseorang, atau menyertakan catatan tentang kebijakan privasi Anda.

Formulir Pemesanan

Formulir pemesanan untuk janji temu memerlukan nama depan dan belakang orang tersebut beserta alamat emailnya. Jika Anda ingin menambahkan bidang lain, seperti nomor telepon, perluas bagian ini dan klik “Tambahkan Item.”

Advertisement

Pilih Nomor Telepon atau Item Kustom, secara opsional buat bidang tersebut diperlukan, dan klik “Tambah Item.”

Pengingat Email

Satu fitur lagi Anda akan ingin memeriksa adalah untuk pengingat email, jadi perluas bagian itu. Anda akan melihat bahwa Anda dan orang yang menjadwalkan janji temu menerima email konfirmasi dengan undangan Kalender Google.

TERKAIT:Cara Menonaktifkan Dorongan Pengingat Email di Gmail

Jika mau, Anda dapat mencentang kotak untuk mengirim Pengingat Email ke klien Anda atau pelanggan. Ini bagus untuk mengingatkan mereka tentang janji sehari atau satu jam sebelumnya. Anda juga dapat memilih jangka waktu tertentu dengan memilih “Kustom” di kotak tarik-turun dan menyertakan lebih dari satu dengan mengeklik “Tambah Pengingat”. Anda kemudian akan melihat jendela pop-up baru untuk Anda kunjungi atau salin tautan ke halaman pemesanan Anda atau lihat jadwal janji temu Anda jika Anda mengatur lebih dari satu.

Ini adalah jendela yang sama yang akan Anda lihat jika Anda memilih pemesanan acara di kalender Anda.

Advertisement

Jika Anda memiliki bisnis di mana pemesanan sangat penting atau ruang kelas di mana janji siswa akan membantu, pastikan untuk melihat Jadwal Janji di Google Kalender.

Itulah berita seputar Cara Mengatur Jadwal Janji Temu di Google Kalender, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.