Cara Mengatur Minecraft di Raspberry Pi

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Raspberry Pi adalah perangkat hebat dengan kemungkinan yang jauh melampaui ukurannya yang kecil dan biaya yang relatif rendah. Orang biasanya menggunakan Raspberry Pi untuk mempelajari keterampilan pemrograman dan menjelajahi robotika. Tapi apa yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa perangkat ini juga dapat berubah menjadi mesin game retro.

Raspberry Pi tidak hanya memungkinkan Anda bermain Minecraft tetapi juga membangun server Minecraft. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut.

Cara Mengatur Minecraft di Raspberry Pi 4

Jika Anda berencana memainkan Minecraft di Raspberry Pi, Anda memerlukan versi Pi-optimized dari game populer ini. Versi ini disebut Minecraft Pi Edition, dan secara signifikan berada di belakang rilis Minecraft terbaru. Ini juga gratis untuk dimainkan dan memiliki pustaka Python, memungkinkan berbagai interaksi dengan dunia game.

Sebelum menyiapkan Minecraft di Raspberry Pi 4 Anda, Anda harus mempelajari tentang batasan yang ada saat menggunakan versi Minecraft ini.
Game hanya mendukung mode kreatif, artinya ada tidak ada kerajinan dalam versi ini. Gim ini menggunakan format dunia lama di mana dunia tidak boleh lebih besar dari 256 x 256 x 128 blok. Tidak ada monster yang tersedia.
Minecraft Pi Edition berjalan pada sistem operasi Raspbian Wheezy dan dapat ditemukan di Repositori paket Raspbian.

Menginstal edisi Minecraft ini akan memerlukan memasukkan beberapa perintah.
sudo apt update, untuk memperbarui semua paket Anda yang adasudo apt upgrade, untuk meningkatkan semua paket yang adasudo apt install minecraft-pi, untuk menginstal Minecraft Pi Edition
Setelah menginstal game, Anda dapat jalankan dalam tiga langkah sederhana.
Klik ikon Raspberry Pi di sudut kiri atas.Buka tab “Games” di menu drop-down saya nu.Pilih “Minecraft Pi.”
Sekarang setelah game dimuat, Anda dapat mulai bermain dengan mengikuti langkah-langkah ini.
Ketuk tombol “Mainkan”.Tekan tombol “Buat baru” di jendela “Pilih dunia”.
Setelah dunia selesai dihasilkan, Anda akan segera muncul di dalamnya.

Cara Menyiapkan Minecraft di Raspberry Pi 3

Karena Minecraft adalah salah satu game terlaris sepanjang masa, jelas orang tidak akan kesulitan membayar untuk game yang membuat ketagihan ini. Namun, Minecraft Pi Edition akan dikenakan biaya nol dolar. Itu benar, game yang dioptimalkan untuk Pi ini gratis. Tapi ini mengorbankan beberapa fitur.

Tidak seperti versi PC dan konsol game, Minecraft Pi tidak memiliki hal berikut.
Kemampuan untuk membuat; permainan selalu diatur ke mode kreatif Ukuran dunia tidak terbatas; dunia Anda dapat menjadi 256 x 256 x 128 memblokir maxMobs jenis apa punBerbagai jenis kulit; Anda terjebak secara permanen dengan “Steve”
default Game ini masih sangat menyenangkan untuk dimainkan meskipun ada keterbatasan. Plus, itu dapat diatur dengan cukup mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah membuka jendela terminal dan memasukkan perintah sudo apt install minecraft-pi.

Perintah ini akan mengunduh dan menginstal Microsoft Pi secara otomatis. Setelah menyelesaikan instalasi, restart Raspberry Pi Anda.

Setelah perangkat boot lagi, luncurkan game dengan mengikuti langkah-langkah ini.
Klik ikon Raspberry Pi di sudut kiri atas.Gulir ke bawah ke tab “Games”. Pilih “Minecraft Pi.”
Game Anda sekarang akan terbuka di jendela baru. Dari sana, Anda dapat muncul ke dunia baru dalam dua langkah sederhana.
Klik tombol “Mulai game”. Pilih opsi “Buat baru” di jendela “Pilih dunia”.
Atau, Anda dapat memilih opsi “Bergabung dengan game” untuk mainkan game lokal dengan pengguna Minecraft Pi Edition lainnya.

Cara Menyiapkan Server Minecraft di Raspberry Pi

Jika Anda ingin memainkan Minecraft dengan cara Anda sendiri, Anda akan senang mengetahui bahwa Anda dapat menyiapkan server di Raspberry Pi. Pi Anda akan menjadi server game yang luar biasa, memungkinkan Anda bermain dari mana saja di jaringan rumah Anda.

Untuk mencapai hasil terbaik, gunakan Raspberry Pi 3 atau Pi 4. Meskipun menggunakan model sebelumnya dimungkinkan, server yang dihasilkan dapat mengalami banyak masalah.

Saat menyiapkan server Minecraft di Raspberry Pi, kami sarankan menggunakan kabel Ethernet, karena lebih cepat daripada Wi-Fi Anda. Hasilnya, Anda akan memiliki pengalaman dalam game yang lebih baik dan penyediaan server yang luar biasa.

Ingat bahwa server Anda tidak dapat menampung banyak orang karena spesifikasi sistem Raspberry Pi. Jika Anda memiliki Raspberry Pi 3, server Anda mungkin harus maksimal sekitar sepuluh orang. Raspberry Pi 4 dapat menampung lebih banyak orang, asalkan memiliki jumlah RAM yang layak.

Langkah pertama dalam menginstal server Minecraft di Raspberry Pi Anda adalah mengonfigurasi sistem operasi untuk menjalankan server ini.
Jalankan perintah sudo raspi-config untuk meluncurkan konfigurasi alat.Buka “Opsi Lanjutan.” Pilih “Pemisahan Memori.” Setel memori ke “16MB” untuk mengosongkan lebih banyak sumber daya untuk server Anda. Ketuk “Opsi Booting”. Klik pada tab “Desktop/CLI”. Pilih “Konsol”. Ketuk tombol “Advanced”. Aktifkan “SSH.” Pilih “Expand Filesystem.”
Setelah melakukan perubahan yang diperlukan ini, selesaikan proses dengan menekan “Selesai” dan mulai ulang Raspberry Pi Anda saat diminta. Sekarang sistem siap untuk server Minecraft.

Menginstal server Minecraft di Raspberry Pi menggunakan perangkat lunak server Cloudburst yang disebut Nukkit. Anda dapat dengan mudah menginstal perangkat lunak ini menggunakan kotak perintah.

Untuk mengatur server, masukkan perintah berikut.
sudo apt install oracle-java8-jdk, untuk menginstal Javamkdir nukkit, untuk membuka direktori baru berlabel Nukkitcd nukkit, untuk membuka direktoriwget – O nukkit.jarhttps://ci.opencollab.dev/job/NukkitX/job/Nukkit/job/master/lastSuccessfulBuild/artifact/target/nukkit-1.0-SNAPSHOT.jar, untuk mendownload softwaresudo java -jar nukkit.jar, untuk menjalankan Nukkit
Perintah terakhir akan meminta Nukkit untuk membuat server Minecraft. Setelah server diatur dengan benar, Anda harus mengonfigurasinya.

Pertama, jalankan perintah berikut di editor teks nano Anda.
sudo nano nukkit.ymlsudo nano server.properties
Setelah jendela Server Properties muncul, buat perubahan yang diperlukan pada properti server. Jangan lupa bahwa Raspberry Pi tidak memiliki kekuatan pemrosesan, apa pun versinya, jadi cobalah untuk tidak terlalu berlebihan.

Kami menyarankan untuk segera mengedit jumlah maksimum pemain. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, harus ada maksimal 10 orang. Edit perintah ke nomor yang diinginkan, dan Anda akan mendapatkan sesuatu seperti ini: max-players=10

Opsi lain yang harus Anda pertimbangkan untuk diubah termasuk yang berikut.
pvp=on, untuk mengaktifkan player-versus-player actiondifficulty=1, untuk pengaturan kesulitan permainan mulai dari 0
Setelah mengubah properti server, tekan pintasan Ctrl + X untuk menyimpan perubahan dan keluar dari jendela. Kemudian, jalankan perintah sudo java -jar nukkit.jar untuk memulai ulang server Minecraft.

Setelah mengatur semuanya, tidak ada yang tersisa untuk dilakukan selain meluncurkan server Anda di PC atau tablet.
Buka Minecraft.Buka “Mainkan.” Pilih ” Server.”Masukkan nama dan alamat IP server Anda.Pilih server yang benar dan mulailah bermain.
Jika Anda tidak tahu alamat IP Anda, Anda dapat mengambilnya dengan memasukkan perintah ifconfig pada Raspberry Pi.

A Whole New World

With Anda begitu banyak kegunaan yang luar biasa, Raspberry Pi adalah hadiah yang terus diberikan. Sepertinya tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh keajaiban seukuran telapak tangan ini, dan Minecraft tidak terkecuali. Anda dapat menggunakan Raspberry Pi Anda untuk memainkan game ini dan bahkan menyiapkan server yang sama sekali baru. Apa pun pilihan Anda, kami yakin Anda akan bersenang-senang.

Sudahkah Anda mencoba memainkan Minecraft di Raspberry Pi Anda? Apa pendapat Anda tentang pengalaman itu? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.