Cara Mengatur Screensaver di PC Windows

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Hal yang berguna dan menyenangkan untuk dilakukan di komputer Anda adalah menyiapkan screensaver. Ini dapat membantu melindungi layar monitor Anda saat komputer Anda diam beberapa saat, memberikan keamanan, dan memiliki manfaat tambahan untuk memungkinkan Anda mengekspresikan individualitas dan kreativitas Anda. Mengatur screen saver Anda cepat dan mudah. Semua versi Windows hadir dengan aplikasi screensaver bawaan.

Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukan ini, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara menyetel screensaver Anda dengan beberapa versi Windows yang berbeda.

Menyetel Screensaver di Windows 10

Pengguna Windows 10 dapat menyetel screensaver dengan cepat. Mereka adalah cara yang menyenangkan untuk mengekspresikan diri sambil menyembunyikan apa pun yang ada di layar Anda jika Anda jauh dari komputer. Setelah beberapa saat komputer tidak aktif, screensaver akan secara otomatis menyala dan memblokir orang lain agar tidak dapat melihat apa yang ada di layar Anda. Ini terbukti sangat berharga di lingkungan tempat kerja, terutama jika Anda bekerja dengan bahan sensitif yang tidak boleh dilihat mata orang lain. Untuk menyiapkan screensaver di Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut:
Klik kanan di ruang kosong di desktop Anda. Dari “Menu konteks”, pilih “Personalisasi”. Menggunakan menu panel kiri, klik “Kunci layar”. Terletak di bagian bawah layar, pilih “Pengaturan screen saver”. Klik “Panah bawah” tepat di bawah “Screen saver”. Menggunakan menu drop-down, pilih tema screensaver. Mengetuk tombol “Pratinjau” akan menampilkan Anda seperti apa tampilan screensaver. Setelah Anda memilih salah satu yang Anda suka, pilih jumlah menit yang perlu berlalu sebelum screensaver menjadi aktif. Tekan tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan Anda.
Ketika monitor Anda tidak aktif selama jumlah waktu yang Anda pilih, screensaver akan muncul di layar. Untuk menonaktifkannya, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggerakkan mouse atau menyentuh touchpad Anda. Melakukan hal ini akan mematikan screensaver.

Mengatur Screensaver di Windows 11

Jika komputer Anda menjalankan Windows 11, menyiapkan screensaver adalah proses yang mudah. Fungsi utamanya adalah untuk memblokir mata yang berkeliaran melihat apa yang sedang Anda kerjakan dan penting jika Anda berurusan dengan informasi pribadi. Anda dapat mengatur jumlah waktu yang harus dilewati sebelum diaktifkan karena ketidakaktifan pengguna. Dengan beberapa tema untuk dipilih, Anda dapat memvariasikan tampilan screensaver. Berikut cara melakukannya di Windows 11:
Klik menu “Start” dan pilih “Settings”. Dari menu panel kiri, pilih “Personalization”. Klik “Lock Screen”. Tepat di bawah heading “Related settings”, ketuk pada “Screen saver.” Klik “Panah bawah” yang terletak di bawah kata “Screen saver” dan pilih tema yang Anda suka. Anda dapat melihat apa yang akan dilakukan masing-masing dengan memilihnya dan kemudian menekan tombol “Pratinjau”. Setelah Anda telah memilih tema, pilih jumlah waktu yang tersisa sebelum mengaktifkan screensaver. Lakukan ini dengan menggunakan tombol atas dan bawah di samping “Waktu”. Klik tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan Anda. Hanya itu saja. Setelah jumlah waktu yang Anda tetapkan tanpa aktivitas komputer, tema screensaver yang Anda pilih akan ditampilkan. Untuk menghentikan screensaver, cukup gerakkan mouse Anda atau sentuh touchpad Anda.

Menyetel Screensaver di Windows 7

Screensaver sangat penting jika Anda menggunakan komputer untuk materi sensitif atau jika Anda lebih suka merahasiakan apa yang sedang Anda kerjakan saat Anda pergi. Menyiapkan screensaver itu mudah, dan Anda akan memiliki beberapa tema berbeda untuk dipilih. Anda bahkan dapat menambahkan foto atau teks Anda sendiri. Untuk melakukannya, pengguna Windows 7 harus mengikuti petunjuk di bawah ini:
Klik kanan pada desktop Anda dan pilih “Personalisasi”. Klik “Screen Saver” yang terletak di pojok kanan bawah. Tepat di bawah kata “Screen saver”, ketuk ” Panah bawah.”Dari menu drop-down, pilih screensaver yang Anda sukai. Setelah memilih satu, Anda dapat menekan tombol “Pratinjau” untuk melihat bagaimana tampilannya di layar Anda saat diaktifkan. Anda dapat mengubah jumlah waktu tunggu komputer Anda sebelum mengaktifkan screensaver dengan menggunakan tombol atas dan bawah. Klik “OK ” untuk menyimpan pengaturan Anda.
Setelah jumlah waktu yang dipilih berlalu dengan komputer tidak aktif, screensaver yang Anda pilih akan ditampilkan. Untuk kembali menggunakan komputer, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggoyangkan mouse atau menyentuh touchpad dan screensaver dengan dinonaktifkan.

Menambahkan Perlindungan Screensaver

Ada cara untuk mempersulit mata yang tidak diinginkan untuk melihat apa yang ada di monitor saat Anda sedang jauh dari komputer Anda. Anda dapat meminta kata sandi untuk membukanya setelah screensaver diaktifkan. Langkah-langkah untuk melakukannya sama, apa pun versi Windows yang Anda miliki. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Di samping “Waktu”, Anda akan melihat kotak dan kata-kata “Pada resume, tampilkan layar masuk”. Dengan mengeklik kotak ini, setelah menggerakkan mouse untuk mematikan screensaver, Anda Anda harus masuk ke komputer Anda sebelum screensaver dinonaktifkan.
Menyiapkan Screensaver untuk Menyembunyikan Apa yang Ada di Monitor Anda

Menyiapkan screensaver di PC Windows Anda adalah cara terbaik untuk menyembunyikan apa yang ada di layar komputer Anda. Setelah jangka waktu tertentu berlalu (yang Anda tentukan), screensaver akan muncul di monitor Anda. Ini akan menghalangi mata yang melihat apa yang sedang Anda kerjakan. Penyiapannya mudah dan sangat mirip apa pun versi Windows yang Anda jalankan.

Sudahkah Anda menyiapkan screensaver di PC Anda? Apakah Anda mengikuti petunjuk yang sama yang diuraikan dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.