Cara Mengatur Timer di PC Windows 11, 10, dan 7

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

A timer membantu melacak waktu yang telah berlalu antara dua peristiwa. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengukur jumlah waktu tertentu dan mendapatkan peringatan saat waktunya habis. Timer tidak hanya tersedia di smartphone. Anda juga dapat menyetel timer di Windows.

Jika Anda mencari cara menyetel timer di PC Windows dan tidak yakin bagaimana melakukannya, baca terus untuk mempelajari beberapa metode mudah yang dapat Anda gunakan pada versi Windows yang berbeda.

How Cara Menyetel Timer di Windows 11 PC

Langkah-langkah menyetel timer di Windows 11 sedikit berbeda dengan Windows 10 karena menggunakan aplikasi Jam versi update.
Ketik “jam” di fitur Pencarian Windows.Tekan Enter.Pilih tombol tab timer dari menu kiri.Klik ikon plus di sudut kanan bawah untuk menambahkan timer baru.Anda dapat melihat jendela baru ditampilkan di tengah layar.Setel waktu dengan mengetik langsung ke kotak timer.Ketik nama di bawah kotak jika Anda ingin memberi label pengatur waktu. Setelah selesai, klik Simpan. Untuk memulai pengatur waktu, buka pengatur waktu dan klik tombol “Mulai” di bawahnya.
Anda dapat mengatur ulang pengatur waktu kapan saja dengan mengklik tombol “Reset” tombol di sebelah “Mulai.”

Cara Menyetel Timer di Windows 10 PC

Menyetel t imer pada PC Windows sangatlah mudah. Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak apa pun karena Windows memiliki pengatur waktu bawaan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur timer:
Ketuk menu Start di kiri bawah layar desktop. Klik “Alarm dan Jam.” Pilih “Timer.” Klik “Tambah Timer Baru” di kanan bawah layar .Pilih dari opsi waktu (jam, menit, atau detik).(opsional) Tambahkan nama pengatur waktu di bawah jam.Pilih “Simpan” untuk melakukan perubahan.Untuk memulai pengatur waktu, klik tombol “Mulai”.
Pengatur waktu akan langsung berbunyi, dan namanya akan ditampilkan bersamaan dengan waktu jika Anda mengaturnya lebih awal.

Ketika Anda menyetel timer di Windows, timer tetap berbunyi meskipun komputer Anda terkunci. Anda dapat menyetel timer sebanyak yang Anda inginkan, dan mereka dapat mulai menghitung mundur secara bersamaan.

Cara Menghapus Timer Dari PC Windows

Sistem operasi Windows tidak menghapus timer Anda secara otomatis dari alat Timer. Sebaliknya, itu menyelamatkan mereka kalau-kalau Anda membutuhkannya di masa depan. Namun, memiliki beberapa penghitung waktu yang tidak dihitung dapat terlihat berantakan bagi kebanyakan orang. Jadi, inilah cara menghapus timer yang tidak lagi Anda perlukan dari Windows.
Klik tombol menu Windows.Buka “Alarms & Clock.”Klik ikon “pensil” di dekat tombol “Tambahkan timer baru”. Tekan “tempat sampah” ikon pada satu atau lebih timer yang ingin Anda hapus. Pilih “Selesai” untuk menyimpan konfigurasi Anda.
Timer akan dihapus apakah aktif atau tidak. Microsoft akhir-akhir ini, dan itu juga merupakan OS yang ketinggalan zaman dalam hal manajemen sumber daya, beberapa pengguna masih memilikinya. Anda dapat menyetel timer dengan cepat di desktop atau laptop Windows 7, dan beberapa langkah tidak mengejutkan sama seperti di Windows 11.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:
Ketuk ikon Windows di kiri bawah bilah tugas.Tempatkan kursor di “Cari Program dan File.” Ketik “Penjadwal Tugas” ke dalam kotak, dan sebuah halaman akan ditampilkan dengan opsi. Klik “Buat Tugas Dasar” dari opsi yang ditampilkan. Pengatur waktu ditampilkan di bagian atas kotak pengatur waktu. Atur waktu dengan mengetik langsung ke kotak pengatur waktu. Ketik nama di bawah kotak jika Anda ingin memberi label pengatur waktu. Setelah selesai, klik “Simpan.”
Pengatur waktu akan berbunyi dengan alarm, dan pemberitahuan akan ditampilkan di layar. Untuk memastikan Anda tidak ketinggalan pengatur waktu, periksa volume di PC Anda.

Meningkatkan Manajemen Waktu dengan Mudah Dengan Windows

Timer dapat membantu Anda mengukur waktu Anda pada aktivitas tertentu dan membantu Anda dengan manajemen tugas. OS Windows memudahkan pengguna dengan timer bawaannya.

Terlepas dari versi Windows apa yang Anda gunakan, Anda sekarang akan lebih mudah mengatur timer dan menghapus yang tidak lagi Anda rencanakan untuk mendeklarasikan “Alarm & Jam” window.

Pernahkah Anda menyetel timer di PC Windows? Manakah dari versi Windows yang Anda gunakan? Beri tahu kami melalui komentar di bawah.