Cara Mengatur Ulang Rekomendasi YouTube

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsDevice Missing?
YouTube terkenal dengan algoritmenya, yang sesekali menaikkan video aneh ke halaman depan secara acak. Namun, pengguna juga mendapatkan video yang ditargetkan untuk minat mereka, semuanya dikuratori khusus untuk mereka. Meskipun beberapa orang tidak menginginkannya, yang lain menyukai rekomendasi untuk memberi mereka lebih banyak konten.

YouTube memungkinkan untuk menyetel ulang rekomendasi, yang dapat terpengaruh jika orang lain menonton video yang biasanya di luar minat Anda. Anda dapat memulai lagi setelah melakukan penyetelan ulang, hanya melihat video yang Anda nikmati.

Cara Menyetel Ulang Rekomendasi YouTube di iPhone

YouTube menggunakan satu metode utama untuk merekomendasikan video saat Anda berada di layar beranda. Algoritme mengetahui riwayat penelusuran Anda di YouTube dan menggunakannya untuk menampilkan video yang mungkin Anda sukai.

YouTube juga dapat mengetahui bahwa Anda menyukai sesuatu dengan memperhatikan waktu tonton, klik, dan bagikan Anda. Jika Anda menyelesaikan sebuah video, algoritme akan tahu bahwa Anda menikmatinya. Klik juga serupa, karena Anda dapat melihat video serupa muncul setelah mengeklik video hewan peliharaan yang lucu, misalnya.

Namun, metode utamanya tetap pada riwayat YouTube Anda, yang berisi kata-kata yang Anda ketik di bilah pencarian dan video yang telah Anda tonton. Oleh karena itu, untuk menyetel ulang rekomendasi, Anda harus menghapus semua informasi tersebut agar algoritme dapat memulai dari awal. Dengan melakukannya, Anda akan menemukan video yang muncul lebih cocok dengan minat Anda.

Berikut cara menghapus Riwayat YouTube:
Di iPhone, buka aplikasi YouTube.Pilih profil Anda yang terletak di sudut kanan atas.Ketuk “Pengaturan .”Cari “Riwayat & Privasi.” Pilih “Hapus Riwayat Pencarian.”
Terkadang, aplikasi tidak mencatat perubahan ini, meskipun jarang terjadi. Anda juga dapat menyiapkan penghapusan Riwayat YouTube otomatis, yang menghapus data lama. Melakukannya dapat membuat rekomendasi Anda tetap segar dan lebih dekat dengan minat Anda saat ini.

Ada juga cara lain yang memungkinkan Anda untuk menghapus riwayat dengan tepat.
Luncurkan aplikasi YouTube di iPhone Anda.Pilih gambar profil yang terletak di sudut kanan atas.Ketuk “Anda Data Di YouTube” di menu yang muncul. Gulir dan cari “Riwayat Pencarian YouTube.” Pilih “Kelola Riwayat Pencarian YouTube Anda.” Ketuk “Hapus” di bawah “Cari Aktivitas Anda.” Dari daftar opsi, pilih ” Sepanjang Waktu.”Tunggu hingga proses selesai. Anda mungkin harus menunggu karena YouTube memerlukan waktu untuk menyetel ulang rekomendasi.
Saat Anda memilih jangka waktu, ada lebih banyak opsi.
Jam terakhirHari terakhirRentang kustomIni memungkinkan Anda menghapus sebagian dari YouTube Anda Riwayat, yang berguna jika Anda tidak ingin melihat video yang tidak sesuai dengan minat Anda. Orang lain yang menelusuri dan menontonnya akan secara otomatis mengarahkan rekomendasi ke konten baru.

Langkah yang sama juga dapat diterapkan untuk riwayat tontonan Anda, yang berada di atas opsi untuk riwayat penelusuran.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengambil tindakan tambahan, terutama jika Anda hanya menghapus sebagian data. Anda dapat menjeda Riwayat YouTube Anda, yang mencegah orang lain yang menonton video di akun Anda untuk memanipulasi video yang Anda rekomendasikan.
Buka YouTube di iPhone Anda.Ketuk gambar profil Anda.Pilih “Pengaturan.”Gulir ke bawah dan cari “Riwayat & Privasi.”Turn pada “Jeda Riwayat Tontonan”. Mulai sekarang, YouTube lebih mengandalkan hasil penelusuran lama dan video yang ditonton untuk mendapatkan rekomendasi.
Anda dapat dengan mudah mengubah setelan ini kapan saja, karena mungkin Anda sebaiknya melakukannya nanti.

YouTube juga mendasarkan rekomendasi pada video yang Anda sukai dan yang ada di dalam daftar putar yang Anda buat. Oleh karena itu, reset yang benar-benar bersih tidak mungkin dilakukan bahkan jika Anda melakukan semua langkah ini. Namun, itu masih berhasil menghapus rekomendasi lama yang tidak Anda sukai.

Cara Menyetel Ulang Rekomendasi YouTube di Android

Kedua versi seluler YouTube berfungsi secara identik, artinya Anda dapat mengikuti langkah-langkah serupa seperti yang terlihat di atas. Anda juga dapat menjeda riwayat di ponsel Android seperti yang Anda lakukan di iPhone.

Ikuti langkah-langkah ini di ponsel Android Anda untuk menyetel ulang rekomendasi YouTube.
Luncurkan aplikasi YouTube.Ketuk gambar profil Anda yang terletak di sudut kanan atas.Pilih “ Pengaturan.” Cari “Riwayat & Privasi.” Pilih “Hapus Riwayat Pencarian.”
Metode kedua juga berfungsi di Android.
Buka YouTube untuk Android. Ketuk gambar profil Anda. Pilih “Data Anda Di YouTube” di menu yang muncul Gulir dan cari “Riwayat Pencarian YouTube.” Pilih “Kelola Riwayat Pencarian YouTube Anda.” Ketuk “Hapus” di bawah “Cari Aktivitas Anda.” Dari daftar opsi, pilih “Sepanjang Waktu.” Ulangi Langkah 5 hingga 7 untuk histori tontonan Anda.Tunggu hingga proses selesai.Anda mungkin harus menunggu karena YouTube membutuhkan waktu untuk menyetel ulang rekomendasi.
Untuk menjeda histori tontonan Anda di Android, coba petunjuk ini.
Buka YouTube di perangkat Android Anda.Ketuk gambar profil Anda. Pilih “Pengaturan.” Arahkan ke “Riwayat & Privasi.” Aktifkan “Pau se Tonton Riwayat”.
Setelah melalui langkah-langkah ini, rekomendasi Anda akan diatur ulang setelah beberapa waktu. Diperlukan kesabaran, karena perubahan tidak segera muncul. Anda juga dapat menghentikan aplikasi saat Anda menunggu.

Cara Menyetel Ulang Rekomendasi YouTube di PC

Menjelajahi menu jauh lebih mudah di PC, dan Anda dapat melakukan penyetelan ulang rekomendasi dengan mudah. Langkah-langkahnya sangat mirip dengan yang ada di perangkat seluler. Keputusan ini menunjukkan bahwa Google siap memberikan pengalaman yang familier di semua perangkat umum.

Berikut cara menghapus riwayat penelusuran dan tontonan Anda.
Buka YouTube di tab baru di browser Internet Anda.Klik gambar profil Anda di pojok kanan atas. Pilih “Data Anda Di YouTube.” Gulir ke bawah dan temukan “Riwayat Pencarian YouTube.” Klik “Kelola Riwayat Pencarian YouTube Anda.” Pilih “Hapus” di bawah “Cari Aktivitas Anda.” Pilih “Sepanjang Waktu” atau pengaturan lain. Ulangi Langkah 5 ke 7 untuk riwayat tontonan Anda.Tunggu hingga proses selesai.
Setelah itu, Anda juga dapat menjeda riwayat penelusuran dan tontonan Anda.
Lakukan semua langkah di atas hingga mencapai Langkah 4.Klik tombol untuk mematikan riwayat penelusuran YouTube Anda.Buka kembali dan pilih opsi untuk menghapus histori tontonan YouTube.Ulangi Langkah 2.Mulai sekarang, Histori YouTube Anda semua dijeda.
Cara Menyetel Ulang Rekomendasi YouTube di Smart TV

Petunjuk di bawah ini juga akan berfungsi untuk perangkat TV, karena menggunakan build serupa dari YouTube. Bahkan pengguna konsol game dapat menggunakan langkah-langkah ini.
Buka perangkat lunak YouTube di TV pintar Anda.Gunakan remote control atau pengontrol game untuk menavigasi ke gambar profil Anda.Pilih “Hapus Riwayat Pencarian”.Ulangi untuk riwayat tontonan YouTube.
A Mulai Baru

YouTube terus-menerus mengumpulkan data dari kebiasaan menonton, suka, dan langganan Anda. Dimungkinkan untuk mencegah orang lain “mencemari” kumpulan rekomendasi, tetapi Anda harus menggunakan langkah-langkah di atas untuk hasil terbaik. Namun, algoritme juga merekomendasikan video acak dari waktu ke waktu, meningkatkannya ke status viral.

Apakah menurut Anda rekomendasi tersebut berguna saat Anda bosan? Apa pendapat Anda tentang algoritma YouTube? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.