Cara Mengatur Ulang Tumpukan TCP/IP di Windows 10 dan Windows 11

Transmission Control Protocol/Internet Protocol, lebih sering disebut sebagai TCP/IP, adalah bagian penting dari cara PC Windows Anda berkomunikasi dengan perangkat lain di internet. Tapi apa yang terjadi ketika ada yang salah? Bagaimana Anda memperbaikinya? Untungnya, Anda mungkin hanya perlu mengatur ulang.

Apa Itu TCP/IP?

TCP/IP terkadang secara luas disebut sebagai Internet Protocol Suite. Bersama-sama, TCP dan IP mengontrol bagaimana informasi digital dipecah menjadi paket-paket, bagaimana paket-paket itu dirutekan antara komputer Anda dan tujuan, dan bagaimana PC Anda dapat memastikan bahwa semua paket diterima dengan benar. Sangat penting untuk cara kerja internet modern, dan baru-baru ini merayakan ulang tahunnya yang ke-40.

Pengaturan untuk Internet Protocol Suite disimpan di perangkat lokal Anda — yang juga berarti mereka dapat rusak oleh malware, program yang Anda instal, atau berbagai cara lainnya. Seringkali, masalah TCP/IP akan muncul sebagai kesalahan koneksi yang tidak mencolok. Cara termudah untuk memperbaikinya adalah dengan mengatur ulang pengaturan tumpukan TCP/IP kembali ke default.

Cara Menyetel Ulang TCP/IP

Mengatur ulang pengaturan tumpukan TCP/IP cukup mudah. Luncurkan Command Prompt, PowerShell, atau Terminal Windows yang ditinggikan. Salah satu dari mereka akan berfungsi, jadi terserah preferensi Anda.

Contoh ini akan menggunakan PowerShell. Klik tombol Start, ketik “powershell” ke dalam bilah pencarian, lalu klik “Run as Administrator.”

Catatan: Taskbar adalah salah satu elemen antarmuka pengguna yang mendapat desain ulang besar antara Windows 10 dan Windows 11. Gambar-gambar ini dari Windows 11, tetapi prosesnya sama pada Windows 10. Hal-hal hanya terlihat sedikit berbeda.

Type netsh int ip reset ke jendela PowerShell dan kemudian tekan Enter.

Jika tugas berhasil dijalankan, Anda akan melihat sejumlah besar “Reset, OK !” di window.

Mulai ulang komputer Anda, lalu lihat apakah Anda masih mengalami masalah. Jika menyetel ulang tumpukan TCP/IP tidak membantu, Anda harus mencoba beberapa langkah pemecahan masalah lainnya.

Itulah berita seputar Cara Mengatur Ulang Tumpukan TCP/IP di Windows 10 dan Windows 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.