Cara Mengedit Langit di Foto

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pernahkah Anda mengambil foto dan berpikir, “ini luar biasa, tapi langitnya begitu datar.”? Atau mungkin Anda telah mengambil bidikan yang indah dari beberapa pemandangan atau orang, tetapi ada langit abu-abu yang jelek di latar belakang yang tampaknya merusak segalanya.

Kenyataannya adalah tidak selalu mudah untuk memiliki langit yang sempurna dalam foto karena perubahan cuaca dan faktor lain di luar kendali manusia.

Untungnya, ada cara yang relatif sederhana untuk mengedit langit. Yang Anda butuhkan hanyalah Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom.

Artikel ini akan menunjukkan cara menggunakan alat ini untuk mengedit langit di foto Anda dan membuat album sempurna yang muncul.

Cara Mengedit Langit di Foto di Photoshop

Adobe Photoshop tidak diragukan lagi salah satu yang terbaik alat pengeditan foto pascaproduksi yang pernah dikembangkan.

Ini dapat membantu Anda melakukan semuanya – mulai dari perbaikan cepat seperti mengoreksi warna, menyesuaikan kontras, dan ketajaman. Itu juga dapat menangani tugas yang lebih kompleks seperti menghapus objek atau memperkenalkan sesuatu yang tidak pernah ada.

Tetapi Photoshop dapat membantu Anda melakukan lebih banyak lagi.

Jika foto Anda memiliki penggambaran langit yang tidak sesuai dengan visi artistik Anda, Anda dapat dengan mudah mengeditnya menjadi sesuatu yang tak terbatas lebih menginspirasi. Misalnya, Anda dapat menambahkan beberapa awan dan warna ke pemandangan atau tampil habis-habisan dengan langit badai yang dramatis.

Berikut cara mengedit langit dalam foto menggunakan Fitur Penggantian Langit di Photoshop:
Buka gambar yang ingin Anda edit di Photoshop .Klik “Edit.” Pilih “Penggantian Langit.” Ini akan membuka dialog yang berisi beberapa preset langit. Gulir daftar preset yang tersedia dan pilih yang Anda inginkan.
Dan dengan itu, algoritma Photoshop akan bekerja di latar belakang dan mengganti langit asli dengan preset yang dipilih. Anda dapat memodifikasi langit dan menyesuaikan warna menggunakan penggeser di bawah foto untuk tampilan yang lebih mulus.

Jika Anda ingin lebih banyak gambar langit, Anda dapat dengan mudah mendapatkannya di Situs Web Adobe Discover.

Cara Mengedit Langit di Foto di Lightroom

Meskipun Lightroom pada dasarnya adalah alat pengorganisasian dan pemrosesan foto, ia masih dilengkapi dengan alat pengeditan foto yang sangat baik. Ini memiliki berbagai fitur yang dapat membantu Anda memperbaiki, menyempurnakan, dan mengedit foto dengan hasil yang luar biasa.

Lebih penting lagi, ini dapat membantu Anda menambahkan warna biru ke langit yang kusam dan tidak menarik, sehingga membuat foto Anda lebih hidup.

Begini cara kerjanya:
Impor foto menarik ke Lightroom. Pilih Brush Tool di sudut kanan atas sidebar. Alat ini akan membantu Anda memetakan langit pada foto Anda sehingga dapat diedit dengan cepat. Centang kotak di samping “Masker Otomatis” di bagian bawah panel kuas. Ini akan membatasi kuas ke langit dan mencegahnya memetakan dan mengubah warna objek tengah atau latar depan. Gerakkan penggeser Temp ke kiri atau kanan untuk menyesuaikan warna biru yang ingin Anda tambahkan ke foto Anda. Menyeretnya ke kiri akan menambah jumlah warna biru di langit. Sapukan di atas langit untuk memperkenalkan rona biru, pastikan bagian tengah kuas tidak menyentuh objek apa pun di bawah langit.
Dan begitu saja, Anda harus mengakhiri dengan langit biru yang indah yang membuat foto Anda menonjol.

Cara Mengedit Langit di Foto di Lightroom Mobile

Salah satu hal terbaik tentang Lightroom adalah ia hadir dengan versi seluler yang sama efektif dan efisiennya dengan versi desktop. Versi seluler memungkinkan Anda untuk mengubah warna langit dan membuatnya lebih indah.

Berikut cara melakukannya:
Buka ponsel Lightroom lalu buka foto yang ingin Anda edit. Ketuk tab “Warna” di bagian bawah layar Anda. Tergantung pada ukuran layar perangkat Anda, Anda mungkin harus menggeser alat di bagian bawah ke kiri atau kanan untuk membuka alat “Warna”. Ketuk “Campur” di sudut kanan atas panel Warna. Pada titik ini, Anda akan melihat titik-titik berwarna yang berbeda. Setiap titik mengedit warna yang sesuai di foto. Karena Anda ingin mengedit langit, ketuk titik biru. Di bawah titik berwarna, Anda akan melihat tiga bilah penggeser bernama Hue, Saturation, dan Luminance. Inilah cara kerja masing-masing bilah ini: Hue: Membuat warna biru pada foto lebih hijau atau lebih ungu. Misalnya, untuk membuat warna biru lebih teal, geser bilah ke kiri. Saturasi: Ini membuat warna biru kurang jenuh, menghasilkan tampilan “filmy”. Pencahayaan: Ini membuat warna biru lebih gelap atau lebih terang. Misalnya, geser ke kanan jika Anda ingin langit menjadi lebih terang dan lebih cerah. Ketuk “Selesai” lalu ketuk tiga titik kecil di sudut kanan atas layar Anda untuk menyimpan foto ke folder atau album pilihan Anda.
Setel Nada Gambar Anda

Langit adalah elemen kunci dalam foto apa pun. Itu dapat mengatur suasana hati dan nada gambar Anda, menambahkan drama atau romansa ke pemandangan biasa, atau bahkan menciptakan keseimbangan sempurna antara terang dan gelap.

Meskipun banyak alat dapat membantu Anda mengedit langit, prosesnya bisa sangat panjang dan membosankan jika Anda tidak memilih yang tepat.

Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom adalah beberapa alat pengeditan foto terbaik di pasaran. Mereka datang dengan alat yang memungkinkan Anda untuk mengedit langit di foto pilihan Anda dan mengubahnya menjadi mahakarya yang tak terlupakan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memuat gambar dalam aplikasi dan mengikuti beberapa langkah sederhana.

Bahkan jika Anda tidak memiliki komputer, Anda dapat mengunduh dan menginstal Lightroom Mobile di perangkat Anda dan memiliki akses ke seperangkat alat pengeditan langit yang fantastis .

Apakah Anda pernah menggunakan Photoshop atau Lightroom untuk mengedit langit di foto Anda? Bagaimana hasilnya?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.