Cara Mengedit PATH Sistem Anda untuk Akses Baris Perintah yang Mudah di Windows

PATH memberi tahu Windows di mana ia harus mencari file yang dapat dieksekusi, membuatnya dapat diakses melalui antarmuka baris perintah atau skrip. Untuk menambahkan folder baru ke PATH, navigasikan ke Pengaturan Sistem Lanjutan > Variabel Lingkungan, pilih PATH, klik “Edit” dan kemudian “Baru.”

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda cukup mengetik ipconfig ke dalam prompt perintah dan berfungsi, tetapi ketika Anda ingin menggunakan program baris perintah yang Anda unduh, Anda harus menavigasi ke direktorinya terlebih dahulu? Berikut cara memperbaikinya menggunakan Windows System PATH di Windows 10 dan Windows 11.

Apa itu Windows System PATH?

PATH Sistem Windows memberi tahu PC Anda di mana ia dapat menemukan direktori tertentu yang berisi file yang dapat dieksekusi. Ipconfig.exe, misalnya, ditemukan di direktori C:WindowsSystem32, yang merupakan bagian dari PATH sistem secara default. Saat Anda mengetik ipconfig ke dalam Command Prompt, Windows tidak perlu mengetahui di mana EXE itu berada—Windows akan memeriksa semua folder di PATH-nya hingga menemukan folder yang benar.

Jika Anda telah mengunduh program yang menggunakan perintah- antarmuka baris—seperti ADB, Android Debug Bridge—Anda tidak bisa hanya mengetik adb di Command Prompt atau PowerShell untuk menjalankannya, seperti yang Anda bisa lakukan dengan perintah bawaan Windows (mis. ipconfig). Sebagai gantinya, Anda harus memberi tahu Command Prompt di mana menemukan file itu, dengan mengetikkan path lengkap EXE:

C:\Android\platform-tools\adb.exe

Jika tidak, Anda akan mendapatkan pesan kesalahan seperti ini .

Pengetikan yang banyak, terutama untuk sesuatu yang harus sering Anda jalankan.

Jika Anda menginginkan kenyamanan yang sama dengan program yang Anda unduh (seperti ADB), Anda perlu menambahkan foldernya ke PATH sistem Windows. Dengan begitu, ketika Anda perlu menjalankan adb, Anda cukup menjalankan:

adb

Tidak perlu mengetik tambahan.

Cara Menambahkan Folder ke PATH Anda

Langkah-langkah ini pada dasarnya sama di Windows 10 dan Windows 11. Hanya ada beberapa perbedaan kecil pada pengguna interface.

Mulailah dengan menekan tombol Windows untuk membuka Start Menu, lalu cari “pengaturan sistem lanjutan”. Sebagai alternatif, Anda dapat menelusuri Panel Kontrol ke Sistem dan Keamanan > Sistem dan klik hyperlink “Pengaturan sistem lanjutan” di panel sebelah kiri.

Setelah jendela System Properties terbuka, klik tombol “Variabel Lingkungan”.

Di “Sistem Variables”, carilah variabel bernama Path. Pilih itu dan klik tombol “Edit”.

Anda dapat mengubah PATH hanya untuk pengguna saat ini dengan mengubah variabel PATH di bawah “Variabel Pengguna”. Namun, hal ini tidak akan memengaruhi pengguna lain. Dalam banyak kasus, lebih baik dan lebih nyaman untuk menambahkan sesuatu ke PATH sistem, sehingga dapat diakses secara universal di PC Anda.

Proses ini lebih mudah dan tidak membingungkan di Windows 10 dan Windows 11 dibandingkan di versi Windows sebelumnya. Setelah Anda mengklik tombol edit, kotak dialog baru akan muncul dengan setiap lokasi di PATH pada baris terpisah. Ini merupakan peningkatan dramatis dibandingkan versi Windows sebelumnya dalam menangani lokasi PATH dan mempermudah penambahan lokasi baru.

Pertama, klik tombol ‘baru’, yang akan menambahkan baris di akhir daftar. Tambahkan lokasi Anda—”C:AndroidSDK” dalam contoh kami—dan tekan Enter. Klik tombol “OK” dan Anda selesai.

Versi Windows yang lebih lama mengharuskan setiap baris diakhiri dengan titik koma, tetapi Windows 10 dan 11 tidak melakukannya jika Anda menggunakan antarmuka pengguna seperti kami di sini. Jika Anda menggunakan antarmuka baris perintah untuk mengedit PATH, Anda masih akan menemukannya di sana.

Android Debugging Bridge kini dapat diakses dari Command Prompt, PowerShell, atau Terminal Windows mana pun, tanpa perlu menentukan direktorinya.

Anda bisa tambahkan lokasi sebanyak yang Anda suka ke PATH. Namun, konvensi dan praktik terbaik mengharuskan Anda mencoba menghindari mengacaukan PATH Anda dengan executable.