Cara Mengekspor Rentang Sel atau Buku Kerja Excel sebagai PDF

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Untuk mengekspor rentang sel sebagai PDF, pertama-tama pilih rentang dengan kursor Anda atau menggunakan pintasan keyboard. Pilih File > Ekspor > Buat Dokumen PDF/XPS. Di Windows, klik tombol “Opsi” dan pilih “Pilihan” atau “Seluruh Buku Kerja” di bawah “Terbitkan Apa.” Di Mac, opsi ini ditampilkan di bagian bawah dialog simpan.

Jika Anda ingin berbagi data dari Excel tanpa berbagi file Excel, Anda bisa mengekspor pilihan sel atau seluruh buku kerja sebagai PDF. Hasilnya adalah dokumen yang sangat berguna yang dapat Anda bagikan dengan cara apa pun yang Anda inginkan.

Mengekspor Rentang Sel Excel sebagai PDF di Windows

Jika Anda memiliki rentang sel tertentu yang ingin Anda ekspor ke PDF, Anda dapat melakukannya hanya dalam beberapa langkah.

Pilih sel yang ingin Anda ekspor. Anda dapat melakukan ini dengan menyeret kursor melalui sel yang berdekatan atau menahan Ctrl saat Anda memilih sel yang tidak berdekatan.

Perlu diingat bahwa jika Anda memilih sel yang tidak berdekatan, sel tersebut mungkin ditampilkan pada halaman terpisah dalam dokumen PDF.

Buka tab File dan pilih “Ekspor” di sisi kiri. Di sebelah kanan, pilih “Buat Dokumen PDF/XPS” dan klik tombol Buat PDF/XPS.

Ketika jendela Publikasikan sebagai PDF atau XPS terbuka, pilih lokasi untuk menyimpan file. Secara opsional, sesuaikan nama file dan konfirmasikan bahwa PDF dipilih di kotak drop-down Save as Type. Kemudian, pilih “Opsi.”

Di jendela Opsi, pilih “Pilihan” di bagian Terbitkan Apa. Klik “OK” di jendela Opsi dan kemudian “Terbitkan” di jendela Terbitkan sebagai PDF atau XPS.

Navigasi ke lokasi tempat Anda menyimpan PDF untuk mengakses file.

Mengekspor Buku Kerja Excel sebagai PDF di Windows

Mungkin Anda ingin mengekspor seluruh buku kerja sebagai file PDF. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah dasar yang sama seperti di atas untuk mengekspor rentang sel.

Sebelum memulai, ingatlah bahwa Anda tidak akan memiliki opsi untuk memilih jeda halaman sebelumnya. Secara default, lembar dengan banyak data dibawa ke halaman lain. Jika Anda ingin satu lembar per halaman, lihat cara kami untuk menyisipkan jeda halaman di Excel terlebih dahulu.

Saat Anda siap mengekspor buku kerja Excel, buka ke tab File dan pilih “Ekspor” di sebelah kiri. Di sebelah kanan, pilih “Buat Dokumen PDF/XPS” dan klik tombol Buat PDF/XPS.

Pilih lokasi file, sesuaikan nama file secara opsional, dan konfirmasikan bahwa PDF dipilih di kotak tarik-turun Simpan sebagai Jenis. Kemudian, pilih “Opsi.”

Di bawah Terbitkan Apa, pilih “Seluruh Buku Kerja.” Untuk mengabaikan area cetak apa pun yang telah Anda siapkan di buku kerja, pastikan untuk mencentang kotak itu di bagian yang sama. Anda kemudian dapat menggunakan Rentang Halaman dan area serta opsi lainnya sesuai kebutuhan.

Klik “OK” di jendela Opsi dan “Terbitkan” di jendela Terbitkan sebagai PDF atau XPS. Kemudian, kunjungi lokasi tempat Anda menyimpan file PDF untuk membukanya.

Menyimpan Excel ke PDF di Mac

Seperti di Windows, Anda dapat mengubah pilihan sel atau buku kerja menjadi PDF di Mac. Langkah-langkahnya sedikit berbeda dari yang di atas.

Saat Anda membuka buku kerja, pilih lembar dan pilih sel jika Anda ingin mengekspor rentang sel. Untuk menyimpan seluruh buku kerja sebagai PDF, cukup buka saja.

Pilih File > Save As di bilah menu. Saat jendela muncul, pilih lokasi dan sesuaikan nama file secara opsional. Kemudian, pilih “PDF” di kotak drop-down Format File.

Untuk mengekspor rentang sel, pilih “Seleksi” yang menampilkan sel yang dipilih untuk Anda konfirmasi. Untuk mengekspor seluruh buku kerja, pilih “Buku kerja.”

Pilih “Simpan” setelah Anda selesai, lalu menuju ke lokasi yang Anda pilih untuk mengakses PDF.

Apakah Anda ingin membagikan bagian dari lembar Excel Anda atau mencadangkan versi tertentu dari buku kerja , mengekspornya ke file PDF adalah opsi yang solid.

Untuk selengkapnya, lihat cara menyisipkan PDF ke Excel atau cara mengimpor data dari PDF ke buku kerja Anda.

Disadur dari HowToGeek.com.