Cara Mengekspor Struktur Folder ke Excel di PC Windows atau Mac

Terkadang, Anda mungkin perlu berbagi struktur direktori tertentu dengan orang lain. Tidak perlu secara manual menulis ulang nama dan hierarki setiap folder dan file. Sebagai gantinya, Anda dapat dengan cepat mengekspornya ke format pilihan dan mengimpornya ke Excel. Kemudian, program akan secara otomatis mengatur data ke dalam baris dan kolom yang rapi.

Panduan ini menjelaskan cara mengekspor seluruh struktur folder ke file Excel. Selain itu, ini menjawab pertanyaan paling umum terkait dengan ekspor file Excel.

Cara Mengekspor Struktur Folder ke Excel di Windows

Untuk mengekspor struktur folder ke Excel dalam format “.doc”, Anda harus terlebih dahulu membuat file “output.doc” yang berisi file struktur folder. Ikuti petunjuk di bawah ini:
Buka File Explorer Anda dan temukan folder yang diperlukan. Klik pada bilah alamat File Explorer dan ketik “cmd” untuk membuka Command Prompt. Tekan tombol “Enter”. Ketik “tree /a /f > output.doc” ke jendela Command Prompt dan tekan tombol “Enter”. Tunggu hingga perintah selesai berjalan dan tutup jendela Command Prompt. Kembali ke File Explorer Anda dan buka folder yang ingin Anda ekspor. Anda akan melihat file teks bernama “output.doc,” yang berisi seluruh struktur folder.
Catatan: Anda dapat menyimpan file “output.doc” dalam format “.txt” jika diperlukan dan memberikannya nama yang berbeda.

Sekarang Anda memiliki folder striktur dalam format “.doc”, Anda dapat mengimpornya ke Excel:
Buka file Excel baru atau yang sudah ada dan navigasikan ke tab “Data”. Klik “Dari Teks.” Pilih file “.doc” Anda dari jendela File Explorer, kemudian klik “Impor.” Di jendela Wisaya Impor Teks, pilih opsi “Dibatasi” pada langkah dialog pertama dan klik “Selanjutnya.” Pilih ct pembatas yang diperlukan pada langkah dialog kedua dan klik “Berikutnya.” Dalam hal format “.doc”, pembatasnya adalah tab. Tentukan format data yang diinginkan pada langkah dialog ketiga, lalu klik “Selesai.” Pilih “Lembar Kerja yang Ada” dan masukkan “=$A$1” ke dalam bidang di bawahnya untuk memastikan data dimulai di sel Baris1, Kolom A. Atau, pilih sel yang berbeda.Klik “Ok” untuk menyelesaikan ekspor data.
Cara Mengekspor Struktur Folder ke Excel di Windows sebagai File “.CSV”

Jika Anda perlu menyimpan struktur folder dalam format “.csv” daripada “ .doc,” Anda dapat melakukannya menggunakan Windows PowerShell:
Gunakan pintasan keyboard “Windows + X” untuk membuka menu akses cepat. Pilih “Windows PowerShell” dari menu. Tempelkan perintah berikut ke jendela PowerShell dan tekan “Enter ” key: “Get-ChildItem -Recurse ‘d:demo’ | Select-Object FullName, nama | Ekspor-Csv -path d:list.csv -noTypeInfo”. Ganti “d:demo” dengan nama folder Anda.Tunggu PowerShell untuk menghasilkan file format “.csv” yang berisi struktur folder.
Setelah Anda memiliki file, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengimpornya ke Excel:
Luncurkan Excel dan buka spreadsheet baru atau yang sudah ada. Arahkan ke tab “Data”. Klik “Dari Teks.” Pilih file “.csv” yang berisi struktur folder Anda dan klik “Impor.” Pada langkah pertama jendela Wisaya Impor Teks, pilih Opsi “Dibatasi” dan klik “Selanjutnya.” Pilih pembatas di langkah kedua dan klik “Selanjutnya.” Dalam hal format file “.csv”, ini adalah koma. Pilih format data yang diinginkan pada langkah ketiga dan klik “Selesai.” Klik “Lembar Kerja yang Ada” dan pilih sel spreadsheet untuk meletakkan data Anda. Klik pada “Ok” untuk menyelesaikan ekspor.
Cara Mengekspor Struktur Folder ke Excel Secara Langsung

Jika Anda memiliki versi Excel 2016 atau yang lebih baru, Anda mungkin tidak perlu mengekspor struktur folder ke file terpisah sebelum mengimpornya ke Excel. Sebagai gantinya, coba metode ekspor langsung yang ditunjukkan di bawah ini:
Luncurkan Excel dan buka spreadsheet baru atau yang sudah ada. Arahkan ke tab “Data” di bagian atas jendela. Klik “Dapatkan Data” untuk membuka menu tarik-turun. Pilih “Dari File ,” lalu “Dari Folder.” Jelajahi File Explorer untuk folder yang diperlukan. Ketika Anda menemukannya, pilih dan klik “Ok.”
Catatan: terkadang, Anda mungkin tidak dapat mengklik “Ok” saat memilih folder induk. Dalam hal ini, pilih subfolder dan klik nama alamat di bagian bawah jendela. Kemudian, hapus nama subfolder di akhir baris, hanya menyisakan nama folder induk, dan klik “Ok.”

Itu saja – semua konten folder akan diatur dalam kolom dan baris secara otomatis. Anda juga dapat mengekspor hanya subfolder tertentu ke Excel menggunakan metode ini alih-alih seluruh struktur folder.

Cara Mengekspor Struktur Folder ke Excel di Mac

Pengguna Mac dapat mengekspor struktur folder ke Excel semudah pengguna Windows. Namun, instruksinya sedikit berbeda:
Buka folder yang diperlukan dan gunakan “Command + A,” lalu pintasan keyboard “Command + C”. Luncurkan aplikasi TextEdit di Mac Anda dan klik “Edit.” Pilih “Tempel dan Cocokkan Gaya ” dari menu tarik-turun. Klik “File,” lalu “Save,” dan simpan file dalam format “.txt” di lokasi pilihan Anda.
Setelah Anda memiliki file yang berisi struktur folder, lakukan hal berikut untuk mengimpornya Excel:
Buka spreadsheet Excel. Klik “Data” di bagian atas, lalu klik “Dari Teks.” Pilih file “.txt” yang diperlukan dan klik “Impor.” Pada langkah pertama jendela Wisaya Impor Teks, pilih ” Dibatasi” dan klik “Berikutnya.” Pilih “Tab” sebagai pembatas, lalu klik “Berikutnya.” Pilih “Lembar Kerja yang Ada” dan pilih sel spreadsheet untuk meletakkan data Anda. Misalnya, jika Anda memilih “=$A$1”, data Anda akan diatur mulai dari Baris 1, Kolom A sel.Klik “Ok” untuk menyelesaikan ekspor data.
FAQ

Baca bagian ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang mengekspor struktur folder to Excel.
Apa yang dimaksud dengan pembatas, dan mengapa saya memerlukannya?

Saat mengekspor struktur folder ke Excel, Anda harus memilih pembatas yang tepat di jendela Panduan Impor Teks. Pembatas mengacu pada karakter yang memisahkan string data, menunjukkan program di mana satu item data berakhir, dan yang berikutnya dimulai. Dengan kata lain, program menafsirkannya sebagai akhir bidang daripada bagian dari teks. Misalnya, jika pembatasnya adalah “/,” program yang membaca “john/doe” akan menafsirkannya sebagai “john doe.” Pembatas diperlukan untuk mengekspor format file yang berbeda ke Excel dan program lain dengan format yang benar.
Apa perbedaan antara format file “.doc” dan “.csv”?

Anda dapat mengekspor struktur folder ke Excel dalam format yang berbeda dan mungkin bertanya-tanya yang mana satu lebih baik. Keduanya adalah format teks yang menyimpan jeda baris, karakteristik tab, karakter, dan elemen pemformatan lain dari lembar yang diekspor. Perbedaannya terletak pada delimiter – format “.doc” dan “.txt” adalah tab-delimited, sedangkan “.csv” adalah comma-delimited.

Misalnya, teks “john doe” dalam format “.doc” akan muncul sebagai “john doe,” sedangkan dalam format “.csv” sebagai “john,doe.” Ada tab atau koma di antara setiap bidang. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat mengekspor data dalam format apa pun karena Excel mendukung keduanya. Tetapi jika data tidak diekspor dengan benar di salah satunya, Anda dapat mencoba yang lain untuk memperbaiki masalah.
Dapatkah saya mengekspor hanya struktur folder tanpa file ke format “.doc”?

Ketika Anda mengekspor struktur folder ke Format “.doc” atau “.txt” menggunakan perintah “tree /a /f > output.doc” melalui Command Prompt, Anda akan mendapatkan file yang berisi seluruh isi folder, termasuk file. Jika Anda tidak perlu mengekspor file tetapi hanya folder, gunakan perintah “tree /a > output.doc” sebagai gantinya.

Quick dan Simple

Semoga panduan kami membantu Anda mempercepat proses kerja dan membagikan data yang diperlukan. Excel benar-benar dapat melakukan keajaiban jika Anda tahu cara menggunakannya secara efisien.

Format file apa yang Anda pilih untuk diekspor ke Excel dan mengapa? Bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.