Cara Mengembalikan File yang Dihapus Dari Recycle Bin di Windows

Membersihkan sampah bisa menjadi katarsis, tetapi terkadang, kita bisa sedikit menghapus dan secara tidak sengaja menghapus sesuatu yang tidak kita inginkan. Tidak perlu khawatir — itu terjadi pada semua orang. Dalam kebanyakan kasus, memulihkan file itu mudah. Berikut cara melakukannya.

Menghapus file yang sangat besar mungkin akan memunculkan pesan peringatan “File ini terlalu besar untuk didaur ulang, apakah Anda ingin menghapusnya secara permanen?” Jika itu masalahnya, Anda harus menggunakan metode yang lebih canggih untuk memulihkannya. Jika mau, Anda dapat mengubah ukuran Recycle Bin di Windows sehingga Anda tidak sering menemukan pesan itu.

Untungnya, sebagian besar file dan folder yang Anda “hapus” untuk sementara dipindahkan ke Recycle Bin sebelum dihapus secara permanen. File dapat dipulihkan hanya dalam beberapa klik.

Memulihkan File dari Recycle Bin

Ada ikon Recycle Bin di desktop Anda secara default — jika Anda belum memindahkannya, ikon tersebut akan berada di pojok kiri atas desktop Anda.

Jika tidak ada, periksa desktop Anda yang lain. Jika benar-benar hilang, gulir ke bawah di artikel. Kami memiliki beberapa petunjuk yang akan membantu Anda mendapatkannya kembali.

Klik dua kali ikon “Tempat Sampah” untuk melihat file yang baru saja Anda hapus.

Jika Anda telah menghapus banyak hal, memilahnya mungkin akan sulit. Klik kanan, buka “Urutkan Berdasarkan,” dan klik “Tanggal Dihapus.” File yang paling baru dihapus akan dipindahkan ke bagian atas daftar.

Gulir dan temukan file atau folder yang ingin Anda pulihkan (atau gunakan bilah pencarian di kanan atas), klik kanan, lalu klik “Pulihkan.”

Jika Anda tidak sengaja menghapus lebih dari satu file atau folder, ada beberapa cara untuk memilih beberapa item dengan cepat di Windows.

Anda dapat menahan Ctrl dan klik kiri untuk memilih beberapa item satu per satu. Katakanlah Anda menghapus lima item: a, b, c, d, dan e, dan Anda hanya ingin memulihkan a, c, dan d. Tahan Ctrl, klik kiri a, c, dan d, lalu klik kanan salah satu file yang dipilih, dan tekan “Pulihkan.”

Cara kedua memungkinkan Anda memilih daftar file. Katakanlah Anda menghapus 10 item, bernama a hingga j, dan Anda ingin memulihkan c hingga j. Tahan Shift, klik kiri c, lalu klik kiri j.

Semua item antara c dan j akan dipilih. Kemudian, Anda dapat mengklik kanan salah satu dari mereka, dan tekan “Pulihkan.”

Apa yang Harus Dilakukan Jika Recycle Bin Tidak Ada

Jika Recycle Bin hilang dari desktop Anda, mungkin hanya tersembunyi. Ada dua cara sederhana yang bisa terjadi.

Yang pertama adalah bahwa semua ikon desktop Anda telah disembunyikan — dalam hal ini, cukup klik kanan ruang kosong di desktop Anda, buka “Lihat”, dan pastikan ada tanda centang berikutnya ke “Show Desktop Icons.”

Catatan: Menu klik kanan mendapat pengerjaan ulang yang signifikan antara Windows 10 dan Windows 11. Dalam hal ini, opsi yang kami gunakan ada di tempat yang sama, jadi jangan khawatir mereka terlihat berbeda .

Opsi kedua adalah Anda telah menghapus ikon dari desktop seluruhnya. Untungnya, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik tombol Mulai, ketik “Tema dan pengaturan terkait,” tekan Enter, lalu klik “Pengaturan Ikon Desktop.” Pastikan Recycle Bin diaktifkan di sini.

Jika kebetulan itu tidak berhasil, Anda selalu dapat mengetik “Recycle Bin” di bilah alamat File Explorer.

Ketika Anda menghapus file secara tidak sengaja, Anda harus selalu bertindak secepat mungkin. File di Recycle Bin mungkin secara otomatis dihapus oleh Windows, dan semua file yang dihapus pada akhirnya akan ditimpa. Jadi, tidak masalah jika Anda hanya mengambil sesuatu dari Recycle Bin atau menggunakan alat pemulihan pihak ketiga — semakin cepat Anda menyerang, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan hasil yang baik.

Itulah berita seputar Cara Mengembalikan File yang Dihapus Dari Recycle Bin di Windows, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.