Cara Mengetahui Apakah Komputer Anda Menggunakan Hard Drive Biasa atau SSD

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda mungkin ingin mengetahui jenis disk drive yang dimiliki komputer Anda. Informasi ini tidak tersedia hanya dengan melihatnya atau mengetahui merek atau modelnya. Kedua jenis drive melakukan fungsi yang sama, tetapi di situlah kesamaannya berakhir.

Jika Anda baru saja membeli komputer tetapi tidak yakin yang mana yang dimilikinya, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan membahas perbedaan antara hard drive biasa dan SSD dan cara mengetahui mana yang ada di komputer Anda.

Perbedaan Antara HDD dan SSD

Perbedaan terbesar antara hard disk drive (HDD) dan solid-state drive (SSD ) adalah bagaimana data disimpan dan diakses. Hard disk drive melakukan ini dengan disk yang berputar dan kepala baca/tulis yang dapat dipindahkan. Solid-state drive melakukan tugas yang sama tetapi melakukannya dengan chip memori.

HDD lebih lambat daripada SSD. Karena bagiannya yang bergerak, ia cenderung gagal lebih dari rekan-rekannya. Ini juga membuat mereka lebih rapuh. Namun, HDD jauh lebih murah daripada SSD dan lebih baik untuk video, foto, dan dokumen.

Sebaliknya, SSD lebih tahan lama dan jauh lebih baik untuk laptop karena tahan guncangan. Ini jauh lebih cepat daripada HDD dan lebih cocok untuk menyimpan sistem operasi dan aplikasi game. Selain itu, SSD secara signifikan lebih kecil dari HDD.

Dapatkah Komputer Memiliki HDD dan SSD?

Beberapa komputer dan laptop di pasaran dilengkapi dengan HDD dan SSD, meskipun lebih umum untuk meningkatkan dan menambahkan yang tidak Anda miliki. Memiliki hard disk drive dan solid-state drive memungkinkan pengguna mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia.

Ada banyak keuntungan memiliki komputer dual-drive. Komputer Anda akan berjalan jauh lebih efisien. Misalnya, Anda dapat menyimpan sistem operasi di SSD, mengurangi waktu yang diperlukan komputer atau laptop untuk boot. Pada saat yang sama, menyimpan file video, foto, dan dokumen pada hard disk Anda masuk akal karena ini lebih cocok di sini.

Cara Mengetahui apakah Komputer Windows Anda Memiliki HDD atau SSD

Penting untuk mengetahui jenis drive komputer Anda. Untungnya, ada beberapa cara untuk memeriksa informasi ini. Lihatlah metode yang berbeda di bawah ini untuk memeriksa jenis drive Anda.

Menggunakan Defrag
Ketik “defrag” di kotak pencarian Windows dan tekan “Enter.” Buka “Defragment & Optimalkan Drive.” Jendela baru akan terbuka dengan daftar drive yang terpasang di komputer Anda. Lihat kolom “Jenis media”. Ini akan mencantumkan jenis drive.
Menggunakan PowerShell
Ketik “PowerShell” di bilah pencarian Windows.Buka “Windows PowerShell” di sisi kiri jendela sembulan.Aplikasi Windows PowerShell akan terbuka. Di dalam jendela baru, ketik “Get-PhysicalDisk | Format-Table -AutoSize”. Aplikasi ini akan menghasilkan daftar drive di komputer Anda. Kolom “Jenis media” akan menunjukkan apakah Anda memiliki HDD atau SSD.
Cara Mengetahui apakah Komputer Mac Anda Memiliki Hard Drive Biasa atau SSD

Memeriksa jenis drive yang dimiliki Mac jauh lebih mudah daripada melakukannya di PC Windows. Hanya perlu beberapa klik mouse untuk mendapatkan jawaban Anda. Untuk memeriksa, ikuti langkah-langkah berikut:
Klik “Logo Apple” di sudut kiri atas. Pilih “Tentang Mac Ini.” Jendela baru akan terbuka. Ketuk tab “Penyimpanan” di bagian atas jendela. Anda akan melihat gambar disk drive di sisi kiri. Ditulis di bawah adalah jenis drive yang Anda miliki. Jika tertulis “Flash Storage”, artinya ia memiliki SSD.
Cepat Cari Tahu apakah Komputer Anda Adalah HDD atau SSD

Mengetahui jenis drive penyimpanan yang dimiliki komputer Anda adalah sesuatu yang harus diketahui oleh setiap pemilik. Anda dapat melihat yang mana yang Anda miliki dengan mengklik ikon Apple di Mac Anda atau melihat informasi drive Anda di PC Windows. Kedua jenis drive melakukan hal yang sama tetapi melakukan tugas secara berbeda. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa komputer Anda memiliki keduanya!

Tahukah Anda jenis drive apa yang dimiliki komputer Anda? Apakah Anda mengetahuinya dengan menggunakan metode yang dijelaskan dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.