Cara Mengetik Em Dash di Windows atau Mac

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda ingin mengetik tanda hubung panjang—disebut tanda hubung em—di PC Windows atau Mac, Anda perlu melakukan beberapa langkah tambahan karena tidak ada di keyboard Anda. Berikut cara mendapatkan em dash.

Apa Itu Em Dash?

An em dash (—) adalah jenis khusus dari dash yang lebih panjang dari tanda hubung (-) dan en dash (–) yang sering digunakan untuk menggantikan koma, titik dua, atau kurung berdasarkan konteks. Mereka menambahkan gaya percakapan yang khas untuk menulis—seperti ini—sambil mempertahankan alur kalimat.

Em dash mendapatkan namanya dari lebar “em, ” yang sama dengan ukuran titik saat ini. Istilah yang agak misterius ini berasal dari pencetakan fisik, dan di ranah itu, “em” pada dasarnya adalah ketinggian maksimum yang dapat diambil oleh setiap huruf dalam font pada ukuran saat ini.

Cara Mengetik Em Dash di Windows

Tekan Windows+Periode, klik tombol tombol simbol, dan pilih tanda hubung em.

Pada Windows 10 dan 11, ada beberapa cara berbeda untuk mengetik tanda hubung em. Berikut adalah dua yang paling mudah:

  • Alt+0151: Menggunakan keyboard dengan keypad numerik, pastikan Num Lock aktif. Kemudian tahan tombol Alt dan ketik angka 0151 dengan cepat pada keypad numerik. Saat Anda melepaskan tombol Alt, tanda hubung em akan muncul. Untuk mengetik tanda hubung, gunakan Alt+0150 sebagai gantinya.
  • Gunakan Menu Emoji: Pertama, buka menu emoji dengan menekan Windows+Periode (“.”) pada keyboard Anda. Ketika muncul, klik tombol simbol, yang terlihat seperti omega kapital pada Windows 10 dan empat karakter kecil berlekuk-lekuk pada Windows 11. Pada menu simbol, gulir ke bawah dan pilih tanda hubung em dari daftar dengan kursor mouse Anda. Tanda hubung em akan muncul di aplikasi Anda.

Cara Mengetik Em Dash di Macs

Mengetik tanda hubung em di Mac itu mudah. Saat mengetik di aplikasi yang menerima input teks, tekan Shift+Option+Minus (“-“) di keyboard Anda. Tanda hubung em akan langsung muncul. Anda juga dapat menekan Option+Minus untuk tanda hubung, yang kami sebutkan di atas. Ini setengah lebar tanda hubung em dan lebih panjang dari tanda hubung. Tentu saja, untuk tanda hubung atau tanda hubung biasa, cukup tekan tombol minus.

Selamat mengetik!

Itulah berita seputar Cara Mengetik Em Dash di Windows atau Mac, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.