Cara Mengetik Lebih Sedikit dan Bekerja Lebih Cepat di Terminal Linux

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Menggunakan Linux berarti—cepat atau lambat—menggunakan baris perintah. Tetapi mengetik perintah di jendela terminal bisa lambat dan berulang. Kiat keyboard ini akan meningkatkan pengalaman jendela terminal Anda.

The Command Line

Linux adalah sistem operasi baris perintah. Anda dapat memilih untuk meletakkan lingkungan desktop di atasnya, seperti lingkungan desktop GNOME atau KDE, tetapi tetap saja, di bawahnya, ada antarmuka teks yang tidak benar-benar berubah sejak hari-hari implementasi Unix pertama di tahun 1970-an.

In jendela terminal, Linux menggunakan shell seperti Bash untuk membaca perintah Anda dan untuk menjalankannya sendiri atau meneruskannya ke perintah atau aplikasi yang sesuai.

Shell baru memiliki telah dirilis, cangkang lama telah pensiun, dan beberapa cangkang lama telah diperbarui. Terlepas dari itu, apa yang tidak berubah adalah kebutuhan pengguna untuk mengetik perintah. Pengguna harus mengetikkan instruksi mereka ke dalam baris perintah, seperti yang mereka lakukan setengah abad yang lalu.

Perintah harus dieja dengan benar dan, karena peka huruf besar/kecil, huruf besar/kecil setiap huruf juga harus benar. Perintah juga berisi segala macam simbol dan, jika melibatkan jalur sistem file, mereka bisa sangat panjang. Dan semakin panjang perintah dan semakin banyak simbol yang tidak biasa di dalamnya, semakin besar risiko kesalahan.

Mempelajari berbagai perintah Linux dan memanfaatkan kekuatan baris perintah cukup sulit tanpa berurusan dengan kesalahan ketik dan kesalahan keyboard lainnya.

Petunjuk, kiat, dan teknik yang akan kami tunjukkan kepada Anda akan membuat penggunaan baris perintah menjadi upaya yang lebih cepat dan lebih produktif.

Tab

Jika Anda memberikan cukup huruf agar shell cocok dengan perintah, nama file , atau nama direktori, menekan tombol “Tab” akan memasukkan perintah, nama file, atau nama direktori yang cocok pada baris perintah untuk Anda.

Di direktori home kami di komputer uji kami, kami mengetik:

cd Doc

Lalu kami menekan tombol “Tab”.

“Dokumen” lainnya telah ditambahkan untuk kami. Anda dapat terus melakukan ini untuk menyempurnakan keseluruhan path.

cd Documents/pro

Kami tahu kami memiliki direktori bernama “projects” di direktori “Documents” kami, jadi mengetik “pro” dan menekan “Tab” menyelesaikannya untuk kami juga.

If Anda tidak dapat mengingat dengan apa nama direktori berikutnya dimulai, tekan “Tab” dua kali dan shell akan menampilkan daftar direktori yang memungkinkan. Kemudian mengisi baris perintah dengan perintah sebanyak yang Anda masukkan dan menunggu lebih banyak input.

Ketik beberapa huruf dari direktori yang Anda inginkan—cukup untuk membedakannya dari entri lain—dan tekan “Tab” untuk memiliki shell tambahkan ke baris perintah Anda.

Jika Anda tidak mengetik cukup karakter untuk mengidentifikasi direktori yang Anda inginkan secara unik, Anda akan melihat daftar direktori yang cocok dengan apa yang Anda ketik sejauh ini.

cd Documents/projects/tent-

Menggunakan “Tab” untuk menghasilkan jalur direktori adalah cara mudah untuk mendapatkan peningkatan produktivitas. Penyelesaian tab juga cerdas, berperilaku berbeda untuk perintah yang berbeda. Jika Anda menggunakan ls alih-alih cd, ia tahu bahwa itu harus menyertakan file serta direktori.

ls Documents/projects/

Menekan “Tab” dua kali menyertakan file dalam kemungkinan kecocokan.

Anda juga dapat menggunakan “Tab” dengan nama perintah. Katakanlah Anda ingin menggunakan perintah systemctl untuk mengaktifkan daemon. Ketik “sudo sys” dan tekan “Tab” dua kali.

sudo sys

Anda akan melihat semua perintah yang dimulai dengan “sys.”

Tambahkan “temc” ke perintah Anda dan tekan “Tab” sekali lagi untuk menyelesaikan “systemctl.” Sekarang ketik “en” dan tekan “Tab.”

sudo systemctl en

Sisa kata “aktifkan” ditambahkan ke baris perintah Anda.

Cara terbaik untuk menghindari kesalahan pengetikan adalah dengan tidak mengetik. Gunakan “Tab” dan biarkan shell melakukannya untuk Anda.

Mengedit Pintasan Keyboard

Sebanyak penyelesaian tab membantu, Anda masih harus berpindah melalui perintah yang Anda ketik dan membuat perubahan.

Ada banyak pintasan penekanan tombol yang akan mempercepat gerakan Anda dan mengedit pada baris perintah. Dapatkan ini terkunci ke dalam memori otot Anda dan Anda tidak akan pernah menahan tombol panah lagi, menunggu kursor untuk melacak bolak-balik.

Ctrl+A: Pindah ke awal baris. Sama seperti Home.Ctrl+E: Pindah ke akhir baris. Sama seperti End.Alt+F: Maju melalui baris satu kata pada satu waktu. Sama seperti Ctrl+Panah Kanan.Alt+B: Bergerak mundur melalui garis satu kata pada satu waktu. Sama seperti Ctrl+Panah Kiri.Ctrl+F: Maju melalui garis satu huruf pada satu waktu. Sama seperti Panah Kanan.Ctrl+B: Bergerak mundur melalui garis satu huruf pada satu waktu. Sama seperti Panah Kiri.

Pintasan ini menghapus teks.

Ctrl+U: Hapus dari posisi kursor ke awal baris.Ctrl+K: Hapus dari posisi kursor ke akhir baris.Ctrl+W: Hapus kata ke kiri. Sama seperti Alt+Backspace.Alt+D: Menghapus kata di sebelah kanan.Ctrl+/: Undo. Ya, baris perintah memiliki opsi undo.

“Ctrl+U, Ctrl+K” cepat akan menghapus seluruh baris.

History Commands

Mengapa repot-repot mengetik ulang sesuatu yang telah Anda ketikkan sekali? Bash menyimpan perintah sebelumnya dalam riwayat perintah, dan memungkinkan Anda memutar ulang perintah apa pun.

TERKAIT:Cara Menggunakan Perintah riwayat di Linux

Dari baris perintah, Anda dapat menggunakan tombol Panah Atas dan Panah Bawah untuk menelusuri daftar perintah. Menekan Enter akan menjalankan perintah yang ditampilkan. Anda dapat menggunakan perintah histori untuk melihat seluruh daftar perintah.

history

Perintah diberi nomor.

Untuk memutar ulang salah satu perintah, gunakan tanda seru “!” segera diikuti dengan nomor perintah yang ingin Anda gunakan kembali. Jangan beri spasi setelah tanda seru.

!1102

Alih-alih nomor perintah, Anda dapat menggunakan awal perintah itu sendiri. Misalnya, jika Anda menggunakan !gedit, shell akan mengeksekusi perintah terakhir yang Anda gunakan yang dimulai dengan “gedit.”

!gedit

Agar aman, Anda mungkin ingin menggunakan pengubah :p (print). Ini mencetak perintah tetapi tidak menjalankannya. Sekali lagi, jangan sertakan spasi dalam perintah.

!gedit:p

Jika perintah yang ditemukan adalah yang ingin Anda jalankan, Anda dapat menjalankannya dengan menekan tombol Panah Atas untuk mengembalikannya ke baris perintah, lalu tekan Enter . Tentu saja, Anda dapat menekan tombol Panah Atas dan kemudian mengedit perintah sebelum menekan Enter jika perlu dimodifikasi.

Dua tanda seru “!!” mewakili perintah terakhir. Jika Anda lupa menggunakan sudo dengan perintah, ketik saja “sudo !!” untuk menjalankan kembali perintah terakhir dengan sudo.

sudo !!

Informasi menarik lainnya adalah Anda dapat menggunakan Alt+. (titik) untuk melampirkan kata terakhir dari perintah sebelumnya ke baris perintah Anda.

Pencarian Riwayat Interaktif

Tekan Ctrl+R untuk memulai pencarian. Kemudian ketik beberapa huruf dari perintah yang Anda cari dan tekan Ctrl+R.

sudo apt

Jika ada kecocokan yang ditampilkan tetapi bukan perintah yang Anda inginkan, tekan Ctrl+R lagi untuk melompat ke kecocokan berikutnya. Terus tekan Ctrl+R sampai Anda melihat perintah yang Anda inginkan.

Menekan Enter akan menjalankan perintah, menekan Home, End, Right Arrow, atau Left Arrow akan memungkinkan Anda mengedit perintah sebelum Anda menjalankannya.

Ctrl+G akan keluar dari pencarian tanpa melakukan apa saja.

Pintasan Berguna Lainnya

Pintasan ini juga harus dimiliki.

cd: Membawa Anda ke direktori home. Sama seperti cd ~ command.cd –: Melompat bolak-balik antara dua direktori terbaru Anda.Ctrl+l”: Menghapus jendela terminal. Sama seperti perintah clear, tetapi tidak menyumbat riwayat Anda. Ctrl+d: Menutup jendela terminal. Sama seperti perintah keluar, tetapi tidak menyumbat riwayat Anda.Super Key+Arrow Keys: Snaps dan mengubah ukuran jendela terminal Anda ke kiri dan kanan layar Anda, ke ukuran penuh, dan kembali ke ukuran biasa.Cara Mempelajari Ini Keystrokes

Buatlah daftar pendek dari perintah-perintah yang terdengar paling berguna, dan tuliskan pada secarik kertas. Tetap dekat, lihat, dan gunakan penekanan tombol tersebut.

Setelah Anda menyelesaikannya, mulai daftar pendek baru.

Itulah berita seputar Cara Mengetik Lebih Sedikit dan Bekerja Lebih Cepat di Terminal Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.