Cara Menggabungkan Kontak Duplikat di Android

Aplikasi “Kontak” mungkin adalah salah satu aplikasi yang paling diabaikan di ponsel Android Anda. Aplikasi email, SMS, dan telepon menggunakan kontak Anda, jadi penting untuk membersihkannya secara rutin. Kami akan menunjukkan cara menggabungkan duplikat.

Apa yang dimaksud dengan “kontak duplikat?” Anda dapat dengan mudah berakhir dengan dua contoh orang yang sama, satu dengan nomor telepon dan satu lagi dengan alamat email. Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu menemukan duplikat ini sendiri.

Merge Kontak Duplikat dengan Google Kontak

Google menawarkan aplikasi “Kontak” sendiri yang bernama sederhana untuk semua perangkat Android. Jika belum ada di Anda, Anda dapat mengunduhnya dari Play Store.

Pertama, buka aplikasi dan pastikan Anda menggunakan akun Google yang benar—jika Anda memiliki banyak akun—dengan mengetuk ikon profil di bilah pencarian. Anda dapat beralih di sini jika perlu.

Sekarang Anda dapat beralih ke tab “Perbaiki & Kelola” di bagian bawah layar.

Pilih alat “Gabungkan & Perbaiki”.

Iklan

Google akan menemukan kontak yang dianggap dapat digabungkan. Ketuk “Gabungkan Duplikat” untuk meninjau saran.

Lihat saran dan ketuk “Gabungkan” atau “Singkirkan” salah satunya. Jika semuanya terlihat bagus, Anda dapat menggabungkan semuanya dalam satu gerakan dengan tombol “Gabungkan Semua”.

Anda sudah siap! Kontak sekarang akan muncul sebagai satu, tanpa duplikat lagi.

Merge Kontak Duplikat dengan Kontak Samsung

Aplikasi “Kontak” default pada perangkat Samsung Galaxy memiliki alat untuk menggabungkan kontak duplikat. Mari kita buka aplikasi untuk memulai.

Ketuk menu hamburger (tiga garis horizontal) di sisi kiri layar dan pilih “Kelola Kontak.”

Pilih “Gabungkan Kontak.”

Advertisement

Ada tiga bagian di layar ini. Kontak duplikat diatur berdasarkan bagian mana yang diduplikasi: “Nomor”, “Email”, atau “Nama”. Pilih salah satu kontak yang ingin Anda gabungkan atau ketuk “Pilih Semua.”

Ketuk “Gabungkan” di bagian bawah layar.

Itu saja! Kontak sekarang akan muncul sebagai satu. Sangat mudah bagi kontak untuk lepas kendali. Untungnya, baik Google dan Samsung menawarkan metode mudah untuk membantu Anda mengatur segala sesuatunya.

TERKAIT:Cara Tweak dan Mengatur Ulang Pengaturan Cepat Android Dropdown

Itulah berita seputar Cara Menggabungkan Kontak Duplikat di Android, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.