Cara Menggabungkan, Membentuk Kembali, dan Mengubah Ukuran Array di Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Bekerja dengan array, atau rentang sel yang berdekatan, di Microsoft Excel terkadang bisa menjadi tantangan. Jika Anda ingin menggabungkan, membentuk ulang, atau mengubah ukuran array, Anda dapat memilih dari kumpulan fungsi yang dapat mencakup banyak situasi.

Catatan: 11 fungsi ini baru di Excel mulai Agustus 2022. Mereka diluncurkan ke Excel pengguna dari waktu ke waktu dimulai dengan Office Insiders.

Combine Arrays

Menggabungkan data dalam spreadsheet bisa jadi sulit. Dengan fungsi VSTACK dan HSTACK, Anda dapat menumpuk array secara vertikal dan horizontal.

Sintaks untuk setiap fungsi sama dengan VSTACK(array1, array2,…) dan HSTACK(array1, array2 ,…) dengan hanya satu larik yang diperlukan dan lainnya opsional.

Untuk menggabungkan larik dalam sel B2 hingga F3 dan H2 hingga L3 secara vertikal, gunakan rumus ini untuk fungsi VSTACK:

=VSTACK(B2:F3,H2:L3)

To gabungkan array yang sama secara horizontal sebagai gantinya, gunakan rumus ini untuk fungsi HSTACK:

=HSTACK(B2:F3,H2:L3)

Reshape Arrays

Jika tidak menggabungkan array yang ingin Anda lakukan tetapi membentuknya kembali, ada empat fungsi yang dapat Anda gunakan .

Mengonversi Array menjadi Baris atau Kolom

Pertama, fungsi TOROW dan TOCOL memungkinkan Anda membentuk array sebagai baris atau kolom. Sintaks untuk masing-masing adalah TOROW(array, abaikan, by_column) dan TOCOL(array, abaikan, by_column).

Ignore: Untuk mengabaikan tipe data tertentu, masukkan 1 untuk blank, 2 untuk error, atau 3 untuk blank dan error. Standarnya adalah 0 untuk mengabaikan tidak ada nilai.By_column: Gunakan argumen ini untuk memindai larik menurut kolom menggunakan TRUE. Jika tidak ada argumen yang disertakan, FALSE adalah default, yang memindai array demi baris. Ini menentukan bagaimana nilai diurutkan.

Untuk mengonversi larik B2 hingga F3 menjadi baris, gunakan rumus ini dengan fungsi TOROW:

=TOROW(B2:F3)

Untuk mengonversi larik yang sama menjadi kolom, gunakan fungsi TOCOL dengan rumus ini:

=TOCOL(B2:F3)

Konversi Baris atau Kolom ke Array

Untuk melakukan kebalikan dari di atas dan mengonversi baris atau kolom ke array, Anda dapat menggunakan WRAPROWS dan WRAPCOLS. Sintaks untuk masing-masing adalah WRAPROWS(reference, wrap_count, pad) dan WRAPCOLS(reference, wrap_count, pad) dengan referensi berupa grup sel.

Wrap_count: Jumlah nilai untuk setiap baris atau kolom.Pad: Nilai yang akan ditampilkan untuk pad (sel kosong).

Untuk mengonversi sel B2 hingga K2 menjadi larik dua dimensi dengan membungkus baris, gunakan fungsi WRAPROWS. Dengan rumus ini, sel dibungkus menggunakan tiga nilai per baris dengan “kosong” sebagai pad.

=WRAPROWS(B2:K2,3,”kosong”)

Untuk mengubah sel yang sama menjadi larik dua dimensi dengan membungkus kolom, menggunakan fungsi WRAPCOLS. Dengan rumus ini, sel dibungkus menggunakan tiga nilai per kolom dengan “kosong” sebagai pad.

=WRAPCOLS(B2:K2,3,”kosong”)

Resize Arrays

Mungkin Anda ingin menyesuaikan ukuran array dengan menambahkan beberapa data atau menjatuhkan sel yang tidak perlu. Ada lima fungsi untuk membantu Anda melakukan ini tergantung pada hasil yang Anda inginkan.

Dengan fungsi TAKE, Anda menyimpan jumlah baris atau kolom yang Anda tentukan. Dengan fungsi DROP, Anda melakukan kebalikannya dan menghapus jumlah baris atau kolom yang Anda tentukan. Anda akan menggunakan angka positif untuk mengambil atau menjatuhkan dari awal array dan angka negatif untuk mengambil atau menjatuhkan dari akhir.

Sintaks untuk masing-masing adalah TAKE(array, rows, column) dan DROP(array, rows, kolom) di mana Anda membutuhkan setidaknya satu dari dua argumen kedua; baris atau kolom.

Untuk menyimpan dua baris pertama dalam larik B2 hingga F5, gunakan TAKE dengan argumen baris. Berikut rumusnya:

=TAKE(B2:F5,2)

Untuk mempertahankan dua kolom pertama dalam larik yang sama, gunakan argumen kolom sebagai gantinya:

=TAKE(B2:F5,2)

Untuk menghapus dua baris pertama dalam array B2 hingga F5, gunakan DROP dengan argumen baris dan rumus ini:

=DROP(B2:F5,2)

Untuk menghapus dua kolom pertama dalam array yang sama, gunakan argumen kolom sebagai gantinya dan rumus ini:

=DROP(B2 :F5,2)

Pertahankan Jumlah Baris atau Kolom Tertentu

Untuk memilih nomor baris dan kolom yang tepat yang ingin Anda simpan dari sebuah array, Anda akan menggunakan fungsi CHOOSEROWS dan CHOOSECOLS.

Sintaks untuk masing-masing adalah CHOOSEROWS(array, row_num1, row_num2,…) dan CHOOSECOLS(array, column_num1, column_num2,…) di mana dua argumen pertama diperlukan. Anda dapat menambahkan lebih banyak nomor baris dan kolom jika Anda mau.

Untuk mengembalikan baris 2 dan 4 dari larik B2 hingga F5, Anda akan menggunakan fungsi CHOOSEROWS dan rumus ini:

=CHOOSEROWS(B2:F5,2,4)

To return kolom 3 dan 5 dari larik yang sama, Anda akan menggunakan fungsi CHOOSECOLS dengan rumus ini:

=CHOOSECOLS(B2:F5,3,5)

Catatan: Ingatlah untuk menggunakan nomor baris atau kolom untuk larik, bukan untuk lembar .

Memperluas Array ke Dimensi Tertentu

Mungkin Anda berencana untuk menambahkan lebih banyak data ke array Anda, jadi Anda ingin membuatnya menjadi ukuran tertentu untuk menambahkan batas atau menggunakan pemformatan bersyarat. Dengan fungsi EXPAND, Anda memasukkan jumlah baris dan kolom yang harus dicakup oleh array Anda.

Sintaks untuk fungsi tersebut adalah EXPAND(array, rows, column, pad) di mana baris atau kolom hilang argumen berarti mereka tidak akan berkembang. Secara opsional, Anda dapat menyertakan nilai pad untuk sel kosong.

Untuk memperluas array B2 hingga F5 untuk mencakup 10 baris dan 10 kolom, Anda akan menggunakan rumus ini:

=EXPAND(B2:F5,10,10)

Untuk memperluasnya array yang sama ke dimensi yang sama dan sertakan pad “kosong”, gunakan rumus ini:

=EXPAND(B2:F5,10,10,”kosong”)

Tip: Meskipun argumen pad opsional, Anda mungkin lebih memilihnya daripada melihat kesalahan seperti yang ditunjukkan di atas.

11 fungsi ini memberi Anda kontrol lebih dari sebelumnya atas array Anda di Microsoft Excel. Cobalah dan lihat apakah mereka memenuhi apa yang Anda butuhkan.

Itulah berita seputar Cara Menggabungkan, Membentuk Kembali, dan Mengubah Ukuran Array di Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.