Cara Menggabungkan Screenshot menjadi Satu PDF

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Ada lebih dari beberapa cara untuk menggabungkan tangkapan layar menjadi satu PDF. Metodenya mungkin berbeda jika Anda menggunakan Mac atau PC, tetapi hasil akhirnya sama. Anda mendapatkan satu file PDF yang dapat dengan mudah dikirim melalui email, dibagikan melalui aplikasi perpesanan, atau diunggah ke cloud. Selain itu, Anda dapat mencetak dokumen jika memerlukan salinan fisik.

Untungnya, membuat satu PDF dari tangkapan layar bukanlah ilmu roket. Aplikasi macOS asli, situs web pihak ketiga tertentu, dan layanan cloud memungkinkan Anda mendapatkan file PDF dengan cepat. Bagian berikut akan memberi Anda panduan mendetail tentang cara melakukannya, jadi mari selami langsung.

Windows

Karena tidak ada alat asli untuk membuat PDF dari tangkapan layar di PC, pengguna Windows perlu beralih ke aplikasi pihak ketiga atau online services.

Alat TinyWow

Alat TinyWow adalah alat PDF online gratis (di antara alat lainnya) yang telah dikembangkan oleh tim internal kami. Cukup unggah file pdf Anda ke pdf buatan kami dari gambar, dan klik tombol Buat PDF untuk mulai memproses. File Anda akan siap untuk diekspor dalam beberapa detik dan kemudian Anda dapat dengan mudah mengunduh file pdf gabungan yang baru.

Berikut panduan singkatnya.
Kunjungi TinyWow.com menggunakan browser favorit Anda. Temukan “Konversi JPG ke PDF” dari daftar. Klik “Unggah dari PC atau Seluler” atau seret gambar yang ingin Anda konversi. Konversi hanya membutuhkan waktu beberapa detik. Klik tombol “Unduh” untuk menyimpan file Anda.
Google Docs

Metode ini menghasilkan hasil yang agak berbeda dari sebelumnya, tetapi Anda tetap dapat menggabungkan tangkapan layar menjadi satu PDF. Buka dokumen Google baru dan seret dan lepas tangkapan layar Anda ke halaman. Di sini Anda dapat mengubah ukuran gambar dan mendapatkan dua atau lebih agar muat di satu halaman.

Jika Anda memerlukan PDF untuk presentasi atau rapat bisnis, metode Google Docs sangat bagus karena Anda juga dapat menambahkan anotasi ke tangkapan layar Anda. Saat Anda selesai mengunggah dan mengedit tangkapan layar, klik File di bilah menu, pilih “Unduh Sebagai”, dan klik “Dokumen PDF (.pdf)”. atau grafit dengan sebagian besar metode lainnya. Namun, ini hanya masalah estetika dan tidak ada bedanya dengan format file sebenarnya atau kualitasnya.

MacOS
hh
Tindakan Cepat

Tindakan Cepat diperkenalkan dengan macOS 10.14 (Mojave) dan dirancang untuk membantu Anda membuat perubahan cepat pada file. Tidak perlu mengakses aplikasi untuk mengubah file dan fitur ini berfungsi dengan dokumen, gambar, dan sebagian besar jenis file lainnya di Mac Anda.

Untuk menggabungkan tangkapan layar menjadi satu PDF, temukan file gambar yang ingin Anda tambahkan dan pilih mereka semua. Anda dapat memilih secara massal dengan mouse/trackpad atau mengeklik tangkapan layar sambil menahan tombol Cmd.

Klik kanan salah satu tangkapan layar yang dipilih (ketuk dua jari pada trackpad) dan arahkan ke Tindakan Cepat. Pilih “Buat PDF” dan voila, Anda mendapatkan satu file PDF dari tangkapan layar.

Catatan: Metode ini mempertahankan resolusi asli gambar/tangkapan layar Anda. Berdasarkan ukuran dan resolusi, setiap gambar berada di halaman terpisah dalam dokumen PDF.

Pratinjau

Ada juga opsi untuk membuat PDF dari aplikasi Pratinjau asli. Metode ini berfungsi pada Mojave dan versi macOS lainnya, jadi Anda dapat menggunakannya jika Anda belum memperbarui Mac Anda.

Pilih tangkapan layar Anda, klik kanan salah satunya, buka “Buka Dengan,” dan pilih Pratinjau (itu pilihan pertama di atas submenu). Tangkapan layar akan muncul di Pratinjau dan Anda dapat menyeretnya ke atas atau ke bawah untuk mengubah posisinya. Setelah Anda puas dengan pengaturannya, klik Mengajukan dan pilih “Ekspor sebagai PDF.”
Tip Ahli
Jika Anda perlu menyertakan tangkapan layar dalam jumlah besar, sebaiknya letakkan dalam satu folder. Misalnya, beri judul gambar tangkapan layar1, tangkapan layar2, tangkapan layar3, dan seterusnya, mengikuti urutan yang ingin Anda gunakan dalam PDF.

Pilih semua file, klik kanan, dan pilih “Folder Baru dengan Pilihan”, lalu buka folder tersebut di Pratinjau. Dengan cara ini tangkapan layar secara otomatis muncul dalam urutan yang Anda inginkan.
Rotasi
Saat Anda mengambil tangkapan layar di ponsel, tangkapan layar mungkin muncul miring atau terbalik di Pratinjau. Untuk memperbaikinya, pilih tangkapan layar dan klik tombol Putar di bilah alat Pratinjau (tepat di atas gambar).