Cara Menggabungkan Tab di Google Sheets

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsDevice Missing?
Spreadsheets dapat berisi banyak informasi berharga seperti catatan penjualan, data akuntansi, informasi kontak, dan banyak lagi. Namun data tersebut seringkali tersebar di beberapa tab sheet.

Sayangnya, terkadang melewati beberapa tab sheet menjadi kontraproduktif dan dapat membuat Anda lupa memperbarui informasi. Penggabungan tab memungkinkan Anda menarik data tertentu dari berbagai sheet dan menambahkannya ke tab utama untuk analisis, perbandingan, dan pembaruan yang lebih mudah. ​​

Ini adalah fungsi yang dilakukan Google Spreadsheet dengan baik, dengan beberapa bantuan.

Menggabungkan Tab di Google Sheets di PC

Google Spreadsheet mungkin tidak secanggih Excel, tetapi perlahan-lahan mencapainya, yang mengesankan untuk layanan berbasis cloud. Jika Anda ingin menggabungkan tab, Anda memiliki dua cara.

Pertama, Anda dapat menyalin-tempel seluruh lembar menjadi satu menggunakan parameter penempelan khusus untuk memasukkan data tepat di tempat yang Anda butuhkan.

Kedua, Anda dapat menggunakan add-on khusus untuk merampingkan proses dan menghilangkan kesalahan manusia. Anda dapat menggunakan dua add-on untuk tugas dasar dan lebih kompleks saat menggunakan PC, Mac, atau Chromebook.

Gunakan Add-On Gabung Lembar

Pertama, Anda ingin menginstal add-on Gabung Lembar dan mengaktifkannya di Google Sheets.
Buka Workspace Google Marketplace.Temukan add-on Merge Sheets.Klik tombol “Instal”.Ikuti petunjuk tambahan di layar jika diminta.
Dengan add-on yang diinstal, Anda dapat menggunakannya di Google Sheets untuk menggabungkan tab sheet menjadi satu. Mulai dengan membuka spreadsheet, lalu ikuti langkah-langkah ini:
Klik tombol “Extensions” pada toolbar. Sorot opsi “Merge Sheets” dan klik tombol “Start”. Pilih lembar utama jika tidak secara otomatis menyorot tabel Anda saat ini .Buat pilihan rentang khusus jika perlu dan klik “Selanjutnya.”Pilih spreadsheet pencarian dari Google Drive untuk menarik data ke tabel utama.Tambahkan file ke add-on dan sheet baru dari spreadsheet pencarian.Ketikkan tabel yang diinginkan rentang pilihan dan klik “Berikutnya”. Konfigurasikan pengaturan kolom yang cocok dan klik “Berikutnya”. Pilih kolom apa yang akan ditambahkan atau diperbarui dalam lembar utama Anda dan klik “Berikutnya”. Buat beberapa penyesuaian pemformatan akhir sebelum Anda mengklik “Selesai”.
Add-on Merge Sheets hanya memungkinkan Anda untuk menggabungkan dua sheet menjadi satu. Add-on lain dapat menyederhanakan proses jika Anda ingin menggabungkan beberapa sheet.

Gunakan Add-On Combine Sheets

Add-on Combine Sheets adalah alat yang lebih kompleks dengan fungsionalitas tambahan untuk tugas lanjutan. Keuntungan utamanya adalah kemampuannya untuk menggabungkan beberapa sheet secara bersamaan, bukan dua sekaligus.
Buka Workspace Google Marketplace.Temukan add-on Combine Sheets.Klik tombol “Instal”.Ikuti petunjuk yang tersisa di layar.
Sekarang Anda dapat menggunakan Combine Sheets di Google Sheets. Berikut cara melakukannya.
Buka dokumen spreadsheet di Google Sheets.Klik tombol “Ekstensi”.Pilih Gabungkan Lembar dari daftar.Tekan “Mulai”.Pilih lembar utama.Klik tombol “Tambahkan file” untuk menambahkan spreadsheet baru ke add-on.Pilih sheet yang ingin Anda gabungkan di tabel akhir dan klik “Berikutnya”.Pilih cara menyalin informasi.Beri tahu add-on tempat meletakkan hasil di antara sheet baru, spreadsheet, atau lokasi kustom dan klik “Gabungkan.”
Karena prosesnya sedikit lebih rumit dibandingkan dengan Menggabungkan Lembar, Anda harus mengaktifkan beberapa fungsi di Google Lembar untuk menampilkan tabel akhir dengan data gabungan.

Untungnya, setelah menggabungkan lembaran, Anda akan mendapatkan dua tab lembar baru. Yang pertama berisi instruksi tentang cara mengimplementasikan fungsi kustom, dan yang kedua berisi data yang dikompilasi. Ikuti petunjuk khusus dan muat ulang spreadsheet jika hasilnya terlalu lama ditampilkan.

Gabungkan Tab di Google Spreadsheet di iPad

Jika Anda menggunakan Google Spreadsheet di iPad, layanan berbasis cloud lebih terbatas daripada versi browsernya. Anda tidak dapat mengandalkan add-on untuk menggabungkan beberapa sheet menjadi satu untuk mendapatkan gambaran keseluruhan yang lebih baik dari beberapa poin data.

Namun, Anda selalu dapat menggunakan pendekatan manual.
Buka spreadsheet di Google Sheets.Ketuk tab sheet dengan informasi Anda ingin menggabungkan ke lembar utama Anda. Seret jari Anda melintasi sel yang ingin Anda salin. Tekan pilihan dan ketuk “Salin”. Kembali ke lembar utama Anda. Ketuk lokasi tempat Anda ingin menempelkan pilihan. Ketuk “Tempel” untuk menyisipkan salinan pilihan Anda yang tidak dimodifikasi. Metode ini mungkin memerlukan banyak waktu saat menangani tabel yang panjang. Namun, fitur “Tempel Spesial” memiliki beberapa fasilitas yang membuat prosesnya tidak terlalu menegangkan.

Menggabungkan Tab di Google Spreadsheet di iPhone

iPonsel tidak memiliki add-on keren yang akan membantu Anda membuka lebih banyak fungsi di Google Spreadsheet. Meskipun demikian, menggabungkan tab masih dimungkinkan selama Anda menyalin sel secara manual dari satu sheet ke sheet lain.

Berikut cara melakukannya.
Buka spreadsheet di Google Sheets dari Google Drive Anda.Buka tab sheet dengan informasi yang ingin Anda salin ke yang lain.Pilih sel yang ingin Anda salin dengan menggeser jari Anda di layar.Tekan dan tahan pada pilihan dan ketuk “Salin”.Kembali ke lembar utama Anda.Ketuk tempat di tabel tempat Anda ingin menyisipkan pilihan. Ketuk “Tempel” untuk menyisipkan pilihan yang tidak dimodifikasi.
Gabungkan Tab di Google Sheets pada perangkat Android

Android, baik smartphone atau tablet memiliki fungsi seluler terbatas yang sama di Google Sheets. Memang, cukup meninjau dokumen, mengedit data, mengubah formula, dll.

Tapi prosesnya tidak bisa otomatis jika Anda ingin menggabungkan sheet atau menggabungkan tab. Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan pendekatan manual dan menyalin sel yang Anda inginkan ke dalam sheet utama.

Untungnya, ini adalah proses yang mudah.
Buka spreadsheet di Google Sheets.Buka sheet dengan data yang ingin Anda salin.Pilih baris dan kolom yang Anda ingin menyalin dengan menggeser jari Anda di layar.Tekan dan tahan layar dengan lembut untuk membuka menu salin.Ketuk “Salin”.Kembali ke lembar utama Anda.Temukan lokasi untuk pemilihan sel Anda.Tekan dan tahan untuk buka menu tempel. Ketuk opsi “Tempel” untuk menambahkan salinan sel yang tidak dimodifikasi. Ketuk “Tempel khusus” untuk menyetel parameter tertentu berdasarkan apa yang ingin Anda capai. membuka lebih banyak fitur untuk pengguna seluler, karena ruang layar yang terbatas dan antarmuka minimalis yang digunakan untuk perangkat seluler. Namun dengan beberapa menit akses ke PC, Mac, atau Chromebook, Anda dapat mengakses versi berbasis web Google Spreadsheet dan memodifikasi spreadsheet Anda secara profesional.

Penggabungan tab biasanya dilakukan dengan menyalin-tempel di versi web dan seluler Google Spreadsheet. Namun, pengguna browser dapat menggunakan add-on khusus yang membuat pekerjaan mereka jauh lebih mudah dan lebih cepat. Nbsp
Beri tahu kami seberapa akurat pengalaman penggabungan tab Anda menggunakan metode ini di bagian komentar di bawah. Jika Anda memiliki pemikiran berbeda untuk membuat penggabungan lebih mudah dan lebih akurat, jangan ragu untuk membagikannya.