Cara Menggunakan AirPods Pro Dengan Perangkat Android

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Sejak Apple memproduksi AirPods Pro, banyak orang percaya bud Bluetooth nirkabel ini tidak berfungsi dengan perangkat Android. Namun, ini jauh dari benar. Pengguna Android dapat menggunakan AirPods Pro dan meningkatkan pengalaman mendengarkan mereka.

Jika Anda tertarik mempelajari cara menggunakan AirPods Pro dengan perangkat Android, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan membahas cara memasangkan AirPods Pro dengan perangkat Android dan menunjukkan cara mengontrolnya.

Menggunakan AirPods Pro Dengan Perangkat Android

Jika Anda memiliki perangkat Android, Anda akan senang mengetahui bahwa Anda dapat menghubungkan dan menggunakan AirPods Pro dengannya.

Cara Memasangkan AirPods Pro Dengan Perangkat Android

Sebelum menggunakan AirPods Pro untuk mendengarkan musik, podcast, acara TV, film, dan konten lainnya, Anda harus memasangkannya terlebih dahulu. Karena perangkat Android bukan bagian dari ekosistem Apple, Anda tidak dapat memasangkan AirPods Pro hanya dengan satu ketukan. Untungnya, memasangkan kuncup Anda tidaklah rumit.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:
Ambil perangkat Android Anda dan buka Pengaturan. Buka “Koneksi” dan ketuk “Bluetooth”. Catatan: Pengaturan ini dapat bervariasi tergantung pada perangkat Android Anda. Anda mungkin melihat “Bluetooth” segera setelah Anda membuka pengaturan, atau Anda mungkin harus menekan “Jaringan” atau “Nirkabel & Jaringan” terlebih dahulu dan kemudian menemukan “Bluetooth”. Nyalakan Bluetooth Anda dan pastikan perangkat Anda dapat ditemukan. Raih kasing pengisi daya AirPods Pro Anda dan buka. Tekan dan tahan tombol di bagian belakang dan tunggu hingga indikator mulai berkedip putih, artinya kuncup siap dipasangkan. AirPods Pro sekarang akan muncul di bawah “Perangkat yang tersedia” di perangkat Android Anda. Ketuk nama mereka dan konfirmasikan prosesnya dengan memilih “Pasangkan” di kotak dialog. Anda juga akan diminta untuk mengonfirmasi apakah Anda mengizinkan AirPods Pro untuk mengakses kontak dan riwayat panggilan Anda. Perlu diingat bahwa Anda hanya perlu menyelesaikan langkah-langkah ini satu kali. Setelah AirPods Pro dipasangkan dengan perangkat Android Anda, mereka akan terhubung secara otomatis segera setelah Anda mengeluarkannya dari wadah pengisi daya.

Cara Mengontrol AirPods Pro Dengan Perangkat Android

Berikut cara menggunakan AirPods Pro dan perangkat Android Anda untuk mengontrol dan tingkatkan pengalaman mendengarkan Anda.

Kontrol Pemutaran Musik

Jika Anda ingin mengontrol pemutaran musik, gunakan sensor gaya. Sensor ini terletak di batang setiap kuncup dan bereaksi dengan gerakan yang berbeda. Tekan sensor sekali untuk beralih ke menjeda atau memutar lagu, podcast, dll. Jika Anda menekan sensor dua kali, Anda akan beralih ke lagu berikutnya, dan jika Anda menekannya tiga kali, Anda akan kembali ke lagu sebelumnya .

Perlu diingat bahwa Anda dapat menggunakan sensor gaya di salah satu dari kedua bud untuk mengontrol pemutaran musik. Selain itu, tidak ada cara untuk menyesuaikan pengaturan ini.

Beralih Antara Pembatalan Kebisingan Aktif (ANC) dan Mode Transparansi

AirPods Pro memungkinkan Anda memilih di antara dua mode: Pembatalan Kebisingan Aktif (ANC) dan Transparansi. Mode ANC memblokir suara dari luar, sedangkan mode Transparansi memungkinkan suara dari luar masuk, memungkinkan Anda mendengar apa yang terjadi di sekitar Anda.

Anda dapat dengan mudah beralih di antara dua mode ini berkat sensor gaya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan dan menahan salah satu sensor gaya, dan Anda akan mendengar suara saat peralihan terjadi. Pengguna

Kontrol Volume

iOS dapat mengontrol level volume AirPods Pro mereka dengan memanggil Siri (asisten virtual Apple). Karena perangkat Android tidak memiliki Siri, tidak mungkin menyesuaikan level volume menggunakan earbud. Tentu saja, Anda selalu dapat mengontrolnya dengan tombol volume di perangkat Android Anda.

Memeriksa Level Baterai

Saat Anda menggunakan AirPods Pro dengan perangkat iOS seperti iPhone atau iPad, Anda dapat melihat level baterai melalui widget baterai. Selain itu, Anda juga dapat bertanya kepada Siri tentang level baterai setiap kuncup. Sayangnya, saat Anda memasangkan AirPods Pro dengan perangkat Android, Anda tidak dapat melihat berapa banyak baterai yang tersisa.

Jika Anda ingin memeriksa level baterai, Anda perlu menginstal aplikasi pihak ketiga seperti CAPod. Aplikasi ini memungkinkan Anda melihat level baterai, mendapatkan informasi mengenai koneksi, mikrofon, kasing, dll. Banyak pengguna Android menemukan bahwa AirPods Pro mereka tidak terhubung secara otomatis ke perangkat mereka. Akibatnya, mereka perlu melakukan ini secara manual setiap kali mereka ingin menggunakan kuncup. Aplikasi ini juga dapat membantu.

Fitur Apa yang Anda Kehilangan Saat Menggunakan AirPods Pro Dengan Perangkat Android?

Seperti yang disebutkan, AirPods Pro dirancang oleh Apple dan ditujukan untuk produk Apple. Meskipun Anda dapat memasangkannya dengan perangkat Android, Anda harus menyadari bahwa Anda tidak akan dapat menggunakan beberapa fitur yang tersedia untuk pengguna Apple. Inilah yang akan Anda lewatkan saat memasangkan AirPods pro dengan perangkat Android.

Deteksi Telinga Otomatis

AirPods Pro memiliki fitur deteksi telinga otomatis, yang mengenali saat Anda meletakkan kuncup di telinga. Berkat fitur ini, AirPods Pro akan menjeda dan melanjutkan pemutaran saat Anda melepas salah satu bud dari telinga dan menghentikan pemutaran jika Anda melepas keduanya.

Jika opsi ini diaktifkan dan Anda tidak memakai AirPods Pro, suara akan diputar secara otomatis di speaker Anda. Saat opsi dinonaktifkan, suara akan selalu diputar melalui kuncup, bahkan saat Anda tidak memakainya.

Opsi ini hanya tersedia di perangkat Apple. Saat Anda memasangkan AirPods Pro dengan perangkat Android, Anda tidak akan dapat menggunakan deteksi telinga otomatis. Namun, ini tidak harus menjadi kelemahan. Banyak orang setuju fitur ini hanya mengganggu pengalaman mendengarkan mereka karena fitur ini menjeda pemutaran setiap kali mereka ingin menyesuaikan bud.

Audio Spasial

Fitur lain yang tidak tersedia saat Anda memasangkan AirPods Pro dengan perangkat Android adalah audio spasial. Opsi ini memungkinkan bud untuk melacak gerakan kepala Anda dan menyesuaikan pemutaran audio sehingga Anda dapat menikmati pengalaman 360 derajat seperti bioskop. Misalnya, Anda sedang menonton film di iPhone atau iPad, dan seseorang berjalan di sisi kiri layar. Jika audio spasial diaktifkan, Anda dapat menoleh ke kiri, dan langkah kaki akan berbunyi seolah-olah berada di depan Anda.

Fitur ini dapat meningkatkan pengalaman Anda, tetapi jelas tidak penting.

Pengoptimalan Kontrol Pro AirPods

Jika Anda memasangkan AirPods Pro dengan perangkat Apple, Anda dapat membuka Pengaturan dan mengubah kontrol default sesuai preferensi Anda. Misalnya, Anda dapat memilih apa yang dimaksud dengan menyentuh dan menahan sensor gaya, apa yang bud lakukan saat Anda menekan sensor sekali, dua kali, dll.Mengubah kontrol ini tidak dapat dilakukan saat Anda menggunakan AirPods Pro dengan perangkat Android.

Temukan My

Sejak AirPods Pro nirkabel, mereka cukup mudah hilang. Seperti perangkat Apple lainnya, kuncup ini terhubung ke jaringan Find My perusahaan, memungkinkan pengguna melacak lokasi mereka. Pengguna Apple bahkan dapat mengaktifkan notifikasi yang muncul saat bud terlalu jauh dari ponsel mereka.

Sayangnya, opsi berharga ini tidak tersedia untuk pengguna Android.

Berapa Lama Baterai Bertahan di AirPods Pro?

Jawabannya bergantung pada model AirPods Pro yang mana Anda punya.

Menurut pabrikan, AirPods Pro generasi pertama dapat memberi Anda waktu mendengarkan hingga 4,5 jam dengan sekali pengisian daya jika Anda mengaktifkan Peredam Kebisingan Aktif atau Transparansi. Jika Anda menonaktifkan mode ini, Anda bisa mendapatkan waktu mendengarkan hingga lima jam. Untuk waktu bicara, Anda akan memiliki waktu sekitar 3,5 jam dengan sekali pengisian daya.

Saat mengisi ulang bud dalam wadah pengisi daya nirkabel, Anda akan mendapatkan waktu dengar sekitar 24 jam dan waktu bicara sekitar 18 jam.

Jika Anda memiliki generasi kedua AirPods Pro, Anda akan menikmati peningkatan masa pakai baterai. Kuncup ini menawarkan waktu mendengarkan hingga enam jam dengan sekali pengisian daya saat Pembatalan Kebisingan Aktif atau Transparansi diaktifkan.

Anda selalu dapat mengisi ulang AirPods Pro Anda dalam wadah pengisi daya nirkabelnya, dan ini akan memberi Anda waktu mendengarkan hingga 30 jam dan lebih 24 jam waktu bicara.

Mengisi daya AirPods Pro selama lima menit memberi Anda satu jam waktu bicara atau mendengarkan, terlepas dari generasi mana yang Anda miliki.

FAQs
Bisakah Anda menggunakan Asisten Google dengan AirPods Pro di perangkat Android?

Saat tersambung ke perangkat Apple, AirPods Pro dapat digunakan untuk memicu Siri. Namun Siri tidak tersedia di perangkat Android, sehingga banyak orang bertanya-tanya apakah Asisten Google dapat digunakan dengan AirPods Pro.

Karena tidak ada aplikasi pendamping resmi untuk menggunakan AirPods Pro di perangkat Android, Anda mungkin mengira AirPods Pro tidak mengizinkan akses ke Asisten Google. Namun, ada solusi yang dapat memicu Google Assistant atau asisten suara lainnya: aplikasi pihak ketiga bernama Assistant Trigger. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari Play Store. Setelah Anda mengaturnya, Anda dapat mengaktifkan asisten suara dengan menekan buds.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memeriksa level baterai.
Apakah semua AirPods Pro dilengkapi dengan wadah pengisi daya nirkabel?

Ya. Karena tidak ada cara lain untuk mengisi daya, Anda tidak dapat membeli AirPods Pro tanpa wadah pengisi daya nirkabel. Apakah AirPods Pro tahan air?

AirPods Pro tahan air dan keringat, tetapi tidak tahan air. Artinya, Anda boleh berolahraga atau memakainya saat hujan, tetapi Anda tidak boleh membilasnya di bawah wastafel atau memaparkannya ke banyak air.

Anda Pasti Menikmati Suaranya

Hanya karena Apple memproduksi AirPods Pro bukan berarti Anda tidak dapat menggunakannya dengan perangkat Android Anda. AirPods Pro menawarkan kualitas suara yang luar biasa dan banyak fitur nyaman yang menjadikannya salah satu tunas nirkabel terbaik di pasar. Meskipun benar Anda tidak akan dapat menikmati semua fitur yang ditawarkan kuncup ini, Anda masih dapat memiliki pengalaman mendengarkan yang luar biasa. Apakah Anda pernah menggunakan AirPods sebelumnya? Apakah Anda menyukai kualitas suara yang mereka berikan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.