Cara Menggunakan Animasi Jalur Gerak di Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint menawarkan banyak jenis animasi. Anda dapat menambahkan efek ke teks, gambar, dan bentuk. Tetapi jika Anda ingin membuatnya sendiri, Anda dapat memilih animasi jalur gerakan untuk memindahkan objek Anda ke mana pun Anda suka.

Dengan animasi jalur gerakan di PowerPoint, Anda dapat membuat objek Anda zigzag, loop, spiral, atau swoosh. Setelah Anda memilih jalur gerakan yang ingin Anda gunakan, Anda dapat menyesuaikan titik untuk membuat jalur tepat yang Anda inginkan untuk diambil objek Anda.

Tambahkan Animasi Jalur Gerakan

Buka presentasi PowerPoint Anda dan pilih slide tempat Anda ingin membuat animasi. Masukkan objek yang ingin Anda animasikan atau pilih jika Anda telah menambahkannya ke slide.

TERKAIT:Cara Menyembunyikan Objek Sebelum Animasi di PowerPoint

Buka tab Animations dan klik panah di bagian bawah kotak pilihan Animation. Ini akan membuka koleksi lengkap.

Gulir ke bawah dan Anda akan melihat beberapa opsi di bagian Jalur Gerak. Jika Anda ingin menggunakan salah satunya, cukup pilih untuk menerapkannya ke objek Anda. Perhatikan bahwa Anda dapat memilih Jalur Kustom yang memungkinkan Anda menggambar jalur sendiri.

Advertisement

Untuk opsi tambahan, klik “Jalur Gerakan Lainnya” di bagian bawah jendela.

Dalam kotak Ubah Jalur Gerakan, Anda akan melihat Dasar, Garis dan Kurva, dan Jalur khusus. Untuk melihat pratinjau sebelum Anda menerapkannya, centang kotak untuk Efek Pratinjau di bagian bawah. Kemudian, pilih satu untuk melihatnya beraksi.

Ketika Anda menemukan jalur yang ingin Anda gunakan, pilih dan klik “OK.”

Jika Anda ingin menggabungkan jalur gerakan sehingga objek Anda berakhir di tempat tertentu, lihat cara kami- to.

TERKAIT:Cara Menggabungkan Jalur Gerakan di Microsoft PowerPoint

Menyesuaikan Jalur Gerakan

Setelah menerapkan jalur gerakan, Anda mungkin memiliki opsi untuk mengubah arah. Pilih objek animasi dan buka tab Animations. Klik panah drop-down Opsi Efek untuk melihat pilihan Anda. Perhatikan bahwa tidak semua jalur menawarkan efek tambahan, tetapi sebagian besar memungkinkan Anda membalikkan arah jalur.

Seiring dengan mengubah arah jalur gerakan, Anda dapat mengedit titik. Klik panah drop-down Opsi Efek dan pilih “Edit Poin.”

Advertisement

Anda kemudian akan melihat jalur gerakan dengan titik sebagai kotak. Pilih dan seret sebuah titik untuk memindahkannya.

Anda juga dapat mengklik kanan sebuah titik untuk opsi seperti menjadikannya titik yang halus, lurus, atau sudut. Selain itu, Anda dapat menambahkan lebih banyak poin atau menghapus satu poin.

Jika Anda ingin mengubah tindakan awal atau durasi, atau menambahkan penundaan, pilih animasi dan gunakan alat pada tab Animasi.

Ingat, Anda dapat melihat pratinjau animasi saat mengedit untuk itu menggunakan tombol Pratinjau di sisi kiri pita pada tab Animasi. Ini membantu untuk melihat apakah Anda memerlukan lebih banyak penyesuaian atau ingin menyusun ulang animasi.

Animations dapat mempercantik tampilan slide Anda. Jadi, jika animasi jalur gerak adalah yang Anda butuhkan, Anda memiliki banyak pilihan di PowerPoint.

TERKAIT:8 Tips Membuat Presentasi PowerPoint Terbaik

Itulah berita seputar Cara Menggunakan Animasi Jalur Gerak di Microsoft PowerPoint, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.