Cara Menggunakan Blok Kode di WordPress

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

WordPress adalah Sistem Manajemen Konten tangguh yang menggerakkan lebih dari separuh situs web di internet. CRM bawaan memudahkan seseorang untuk membuat situs web meskipun Anda belum pernah menulis program komputer sebelumnya. Meskipun sangat mudah untuk menampilkan blok teks normal di situs web WordPress, hal yang sama tidak berlaku untuk kode komputer. Sepotong kode harus ditampilkan secara memadai agar pemirsa dapat menganalisis dan memahaminya. Dan di situlah blok kode WordPress berperan. 

Jika Anda ingin tahu cara menggunakan blok kode di WordPress, Anda datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui keseluruhan proses sehingga Anda dapat mulai berbagi potongan kode dengan pembaca Anda. Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara Menggunakan Blok Kode di WordPress

Menampilkan program komputer sebagai teks halaman web biasa bisa menjadi bencana. Banyak pengguna akan merasa sulit untuk memvisualisasikan dan memahami. Untungnya, banyak editor WordPress memiliki fitur blok kode yang memungkinkan Anda menampilkan program komputer dalam format kode.

Untungnya, menggunakan blok kode untuk menampilkan kode komputer relatif mudah. Untuk memulai, Anda harus beralih ke editor WordPress asli karena beberapa plugin teks mungkin tidak memiliki fitur tersebut. Setelah Anda melakukannya, ikuti langkah-langkah ini untuk menambahkan blok kode pada halaman situs web:
Buka halaman web yang ingin Anda tambahkan blok kode dengan mengklik tombol “Baru”. Ketik “/ kode” dan tekan “Enter. Ketik atau rekatkan kode yang ingin Anda tampilkan dan tekan tombol “Enter”. Anda selanjutnya dapat menggunakan bilah alat blok kode untuk menyesuaikan tampilan kode yang baru saja Anda tulis. Misalnya, Anda dapat menggunakan tombol “B” untuk membuat garis tebal atau tombol “i” untuk mencetak miring. Setelah Anda selesai membuat halaman web, klik tombol “Pratinjau” untuk melihat tampilan blok kode pada versi langsung. Jika puas dengan hasil akhir, tekan tombol “Perbarui” agar orang lain dapat melihat blok kode juga.
Cara Mengubah Tipografi Blok Kode Anda

Tipografi berbicara banyak dan dapat membuat atau menghancurkan estetika tidak hanya blok kode Anda tetapi juga seluruh halaman web. Untuk mengubah tipografi blok kode Anda, ikuti langkah-langkah berikut:
Sorot blok kode yang tipografinya ingin Anda ubah. Klik ikon “Pengaturan” di pojok kanan atas layar. Di bawah bagian “Tipografi”, tentukan tipografi pilihan Anda .Klik tombol “Perbarui” untuk menyimpan perubahan.
Anda dapat menyesuaikan lebih lanjut estetika blok dengan mengubah warna, latar belakang, spasi huruf, spasi baris.

Misalnya, jika Anda memiliki situs web bertema gelap, Anda mungkin juga ingin blok kode Anda memiliki latar belakang yang berbeda.

Cara Menghapus Blok Kode di WordPress

Blok kode tidak permanen dan sama seperti elemen lain dari halaman web WordPress, Anda dapat menghapusnya. Berikut cara prosesnya:
Buka halaman web atau pos yang memiliki blok kode yang ingin Anda hapus.Klik blok kode yang ingin Anda hapus untuk menyorotnya.Pada widget yang muncul tepat di bagian atas kode blokir, klik pada tiga titik. Dari opsi, pilih “Hapus Kode.”
Tindakan di atas harus menghapus seluruh blok kode dari halaman web. Alternatifnya, Anda cukup memilih blok dan menekan tombol “Hapus”. Anda juga dapat menekan tombol “Ctrl” + “Shift” + “Z” secara bersamaan dan hasilnya akan sama. Anda mungkin juga menemukan cara yang lebih baik untuk mengeksekusi ide melalui kode. WordPress memungkinkan Anda untuk mengedit blok kode yang sudah ada dengan mengikuti petunjuk di bawah ini:
Buka halaman yang memiliki blok kode yang ingin Anda edit.Klik “Edit.”Klik blok kode untuk mengaktifkan pengeditan kode.Setelah Anda selesai membuat perubahan, klik tombol “Perbarui”.
Cara Menambahkan Blok Kode ke Situs WordPress Anda Menggunakan Plugin

Jika Anda sering menambahkan potongan kode ke situs web Anda, mungkin lebih baik mendapatkan plugin yang lebih kuat untuk membantu Anda. Salah satu blok kode populer yang kuat dan luar biasa adalah plugin SyntaxHighlighter Evolved .

Plugin ini memiliki keunggulan dibandingkan Editor WordPress asli karena:
Ini menyoroti jumlah baris dalam cuplikan kodeMendukung beberapa bahasa pemrogramanIni memungkinkan pemirsa Anda untuk menyalin dan menempelkan code
yang ditampilkanBerikut cara menggunakan plugin untuk mengelola cuplikan kode di situs web Anda dengan lebih baik:
Instal dan aktifkan plugin SyntaxHighlighter Evolved .Buka halaman atau posting jika Anda ingin menambahkan blok kode.Aktifkan pengeditan dan klik tombol plus.Cari “SyntaxHighLighter Evolved” dan buka hasil pertama yang muncul.Tempel atau tulis kode di blok kode yang tersedia.Klik ikon setelan di pojok kanan atas layar dan arahkan ke tab “Blokir”.Tentukan bagaimana Anda ingin penomoran muncul dan baris kode mana yang ingin disorot.Anda juga dapat aktifkan “Buat URL dapat diklik” jika Anda ingin membuat kode Anda dapat diklik.
Untuk mengubah warna dan skema pemformatan blok kode Anda, ikuti langkah-langkah ini:
Buka “Pengaturan” dan navigasi t o bagian “Penyorot Sintaks”.Ubah tema blok Anda.Tekan “Simpan” “Pratinjau” untuk melihat bagaimana perubahan akan terlihat dalam mode langsung.
FAQ tambahan
Bagaimana Anda membuat blok kode menjadi tautan yang dapat diklik?

Untuk membuat blok kode tautan menggunakan editor WordPress, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih baris kode yang ingin Anda jadikan link.

2. Dari widget pop-up, pilih ikon tautan. Alternatifnya, Anda dapat menekan tombol “Ctrl” + “K” pada keyboard Anda.

3. Masukkan URL yang Anda inginkan untuk ditautkan dengan kode dan tekan tombol “Enter”. Bisakah saya menyorot kode menggunakan editor blok kode yang disediakan oleh editor WordPress?

Tidak, blok kode yang disediakan oleh editor WordPress asli tidak mengizinkan pengguna untuk salin dan tempel kode. Untuk melakukannya, Anda memerlukan bantuan plugin pengeditan blok kode tingkat lanjut seperti plugin “SyntaxHighligher Evolved”. Apakah Elementor memiliki fitur blok kode? Sayangnya, jika Anda menggunakan plugin untuk membuat situs web, Anda tidak akan menemukan blok yang memungkinkan Anda memformat program komputer di situs web Anda. Oleh karena itu, Anda harus beralih ke editor WordPress konvensional untuk menyelesaikan tugas. Blok kode akan memberi pembaca Anda waktu yang mudah dan secara keseluruhan meningkatkan pengalaman pengguna situs web Anda. Dan seperti yang Anda lihat, memasukkan blok kode adalah proses yang relatif mudah, terutama dengan editor bawaan WordPress.

Sudahkah Anda mencoba menggunakan blok kode yang disediakan WordPress? Bagaimana dengan plugin SyntaxHighlighter Evolved? Silakan berbagi dengan kami pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.